Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Gigi Hilang Dan Gigi Tiruan

Gigi Hilang Dan Gigi Tiruan

Ratings: (0)|Views: 94 |Likes:
Published by muthae

More info:

Published by: muthae on Oct 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2014

pdf

text

original

 
1
BAB 1PENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Kehilangan atau tidak adanya gigi baik sebagian atau seluruhnyaakanmenimbulkan berbagai gangguan pada seseorang.Banyak akibat-akibat negatif yang akantimbul karena hilangnya gigi dalam jangka waktu yang lama jika tidak segeradibuatkan gigi tiruan pengganti.Oleh sebab itu sebaiknyasegera dibuatkan gigitiruan pengganti.Kebutuhan untuk mengganti gigi yang hilang akan menjadi sangat pentingbagipenderita dengan kehilangan gigi di bagian anterior, namun tidak kalahpentingnyauntuk kasus kehilangan gigi di bagian posterior. Penderita seringkalitidak menghiraukan untuk mengganti gigi posterior yang hilang tersebut. Ketikasebuah gigihilang maka integritas struktural dari lengkung gigi akan terganggu.Oleh karena gigisebelah menyebelah dari kehilangan gigi tersebut akan condongke bagian tempathilangnya gigi atau
tipping
dan gigi antagonis akan mengalamiekstrusi. Hal tersebutakan meyebabkan fungsi kunyah terganggu dan padakeadaan lebih lanjut akanmenyebabkan gigi migrasi.Untuk menciptakan fungsi rongga mulut yang optimal, maka gigi yang hilangtersebut harus diganti dengan gigi tiruan. Gigi tiruan ada 2 macam, yaitu gigi tiruancekat dan gigi tiruan lepasan. Gigi tiruan cekat lebih dikenal dengan sebutan gigi tiruan jembatan atau
bridge
yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan gigitiruan lepasan. Pada penderita dengan kehilangan gigi banyak dan sisa gigi masihmemadai maka memungkinkan untuk dibuatkan gigi tiruan lepasan.Banyak macam perawatan yang dapat dipilih oleh penderita dengankasuskehilangan gigi. Setiap jenis perawatan harus disesuaikan dengan indikasi, factorsosial ekonomi, dan manfaat untuk jangka panjang.
 
2
B.
 
TujuanTujuan Instruksional Umum
Setelah pembelajaran modul ini selesai, mahasiswa dapat menjelaskan akibatkehilangan gigi, menegakkan diagnosis berdasarkan anamnesis, pemeriksaan klinik, rofoto, dan pemeriksaan model diagnostic berkaitan rencana perawatan gigitiruanlepasan.
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah pembelajaran dengan modul ini, mahasiswa mampu:1.
 
Menjelaskan diagnosis kehilangan gigi berdasarkan klasifikasi KennedyApplegate, pemeriksaan klinis, ro foto, dan pemeriksaan pada model diagnosisberkaitan rencana perawatan GTL.2.
 
Menjelaskan akibat hilangnya gigi asli tanpa penggantian dengan gigitiruan3.
 
Menjelaskan perbedaan gigi asli dengan gigitiruan4.
 
Menjelaskan indikasi dan kontra indikasi perawatan gigitiruan5.
 
Menjelaskan persiapan sebelum pembuatan gigitiruan6.
 
Menjelaskan berbagai jenis gigitiruan sesuai dengan bahan, cara pembuatan sertawaktu pemasangan7.
 
Menjelaskan pemilihan beberapa jenis alternative perawatan yang dapat dilakukansesuai usia, kesehatan, pekerjaan, keadaan khusus, status ekonomi, dan socialpasien8.
 
Menjelaskan persamaan dan perbedaan antara gigitiruan lepasan dan gigitiruancekat9.
 
Menjelaskan berbagai klasifikasi berdasarkan hilangnya gigi dan dukungan padagigitiruan10.
 
Menjelaskan cara membuat informed consent dan surat rujukan.
 
3
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Skenario
Seorang guru pria agak kurus dan berusia 40 tahun datang ke klinik FKG-Unhasdengan keluhan gangguan pengunyahan dan sering mengalami sakit pada lambung.Berdasarkan tanya jawab ternyata pasien merasa kurang percaya diri karena sudahbeberapa tahun kehilangan giginya. Dari hasil pemeriksaan klinis dalam mulut terlihatkeadaan sebagi berikut : 12, 11, 21 derajat goyang dua, gigi 34,35,36 sudah dicabut,gigi 45 lubang hingga pulpa. Gigi 46 sisa akar.
B.
 
Kata / Kalimat Kunci
 
Pria agak kurus berusia 40 tahun
 
Keluhan gangguan pengunyahan
 
Sering mengalami sakit pada lambung
 
Pasien merasa kurang percaya diri
 
Sudah beberapa tahun hilang giginya
 
Gigi 12, 11,21 derajat goyang dua
 
Gigi 34, 35, 36 sudah dicabut
 
Gigi 45 lubang hingga pulpa.
 
Gigi 46 sisa akar.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->