Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
General Strategies

General Strategies

Ratings: (0)|Views: 16 |Likes:
Published by SMBEC
All of TOEFL members should read it !
All of TOEFL members should read it !

More info:

Published by: SMBEC on Oct 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2014

pdf

text

original

 
General StrategiesStrategi umum dalam menghadapi tes TOEFLSection I (Listening Comprehension)
1.
Pahami terlebih dahulu cara mengerjakan Section I.
Petunjuk mengerjakan bagian ini akantetap sama
.
2.
Dengarkan
dengan seksama
karena rekaman hanya akan diputar 
SEKALI
saja.
3.
Tingkat
kesulitan pertanyaan TOEFL cenderung meningkat
dari nomor yang lebih kecilke nomor yang lebih besar.
4.
Jawablah semua pertanyaan karena
tidak ada pengurangan nilai
untuk jawaban yang salah.
5.
Gunakanlah waktu yang tersisa di antara pertanyaan untuk 
melihat opsi jawaban ataspertanyaan berikutnya
. Hal ini akan membatu kita memprediksi topik pembicaraan untuk  pertanyaan berikutnya. Namun, berhentilah membaca opsi jawaban ketika soal sedangdibacakan.
Section II (Structure and Written Expression)
1.
Sebelum tes, lakukanlah beberapa persiapan dengan baik, misalnya dengan
memahamimasing-masing instruksi dengan baik 
. Sehinga pada saat tes kita tidak perlu lagi membacainstruksi.
2.
Untuk 
Part A
(No. 1 s.d. 15),
tentukanlah komponen kalimat yang dihilangkan
.Kemudian
eliminasilah pilihan-pilihan yang tidak mungkin dipilih (salah secaragramatikal)
, lalu pilihlah jawaban yang benar-benar mengisi komponen yang diperlukan.
3.
Untuk 
Part B
(No. 16 s.d. 40) l
ihatlah konteks kalimat secara keseluruhan, jangan hanyaterpaku pada bagian atau kata/kelompok kata yang digarisbawahi saja
. Bacalah kalimatdengan cepat. Pada umumnya kata yang digarisbawahi itu SALAH dikarenakan oleh bagian- bagian yang tidak digarisbawahi.
4.
Jika kita menemukan kalimat yang sangat sulit,
segera tinggalkan dan cari soal yang lainyang dapat dijawab dengan mudah
. Menghabiskan waktu terlalu lama pada satu soalsangat tidak disarankan karena kita akan kehilangan waktu. 5) Berhati-hatilah dengan waktu!!Pastikan kita duduk di tempat test dengan jarak pandang yang jelas dengan jam. Jika tidak, bawalah jam tangan sendiri, jangan menggunakan telepon genggam karena selama tes berlangsung seluruh peserta tes dilarang mengaktifkan HP. Periksalah waktu secara berkala,untuk mengecek berapa lama lagi waktu yang kita miliki.
Section III (Reading Comprehension)
1.
Selalu
pahami instruksi dengan baik 
, sehingga pada saat tes petunjuk pengisian dan contohsoal TIDAK PERLU dibaca lagi untuk menghemat waktu.2.Pada bagian ini, ada lima buah bacaan tanpa judul dengan pertanyaan-pertanyaan di bawahnya.
3.
Jawablah pertanyaan
HANYA berdasarkan apa yang ada di dalam bacaan
. Jawaban atas pertanyaan PASTI ditemukan di dalam bacaan, baik tersurat.
4.
Letak jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di dalam Section Reading pada umumnya
tersusun secara urut dari atas ke bawah
. Misalnya, jawaban atas pertanyaan No. 1 terletak  pada baris pertama dan ke-2, maka jawaban atas pertanyaan No. 2 ada pada baris di bawahnya, atau mulai pada baris ke-2 atau ke-3. Begitulah seterusnya. Oleh karena itu,
melewati pertanyaan sangat tidak disarankan
.
 
Section I
Listening Comprehension
Banyak calon peserta tes yang beranggapan bahwa Section Listening Comprehensionmerupakan bagian yang paling sulit di dalam satu tes TOEFL. Padahal tidak demikian.Section yang paling sulit, jika memang ada, adalah Section Structure and WrittenExpression karena section kedua ini berhubungan dengan tata bahasa (
grammar 
) BahasaInggris yang memang rumit. Namun jika kita mengenal trik dan strategi Section I, bagian inibisa menjadi lebih mudah.Pada Bagian ini, kita harus mengetahui maksud percakapan atau suatu ujaran, baik pendekmaupun panjang. Untuk bisa mengerjakan bagian ini tidak ada cara lain kecualimemperbanyak latihan mendengarkan secara berulang-ulang dengan memperhatikan tipsdan strategi yang diberikan.Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengerjakan Section I:
Part A: terdiri dari 30 percakapan singkat
Part B: terdiri dari 2 percakapan panjang
Part C: terdiri dari 3
talks
(pidato, kuliah, ceramah)Strategi untuk Mengerjakan Part A
1.Ketika mendengarkan percakapan, fokuskan pada ujaran orang terakhir (kedua).Jawaban atas pertanyaan Part A ditemukan pada kalimat yang diucapkan oleh orangterakhir (kedua).
2.
Jawaban pada bagian ini merupakan parafrase (pernyataan kembali dengan kata-kata yang berbeda namun memiliki makna yang sama) dari kalimat yang diucapkanorang terakhir. Pikirkanlah ungkapan kalimat yang merupakan
restatement 
darikalimatterakhir.
3.
 Ada beberapa keteraturan yang ditanyakan, yakni:
 passive, negative, wishes,condition ("if" sentences); agreement, uncertainty, suggestion, surprise
; ekspresiidiomatik.4.Tingkat kesulitan soal cederung meningkat dari nomor soal lebih kecil ke yang lebihbesar.5.Jika kita tidak memahami percakapan dengan lengkap, kita masih bisa menemukan jawaban dengan benar dengan cara:
Jika kita hanya mengerti beberapa kata atau bagian kalimat pada kalimat terakhir (orang kedua), pilihlah jawaban yang merupakan
restatement 
(pernyataan kembali)dari kata yang kita dengar tersebut.
Jika Jika kita sama sekali tidak mengerti kalimat terakhir (orang kedua), pilihlah jawaban dengan kata-kata yang paling berbeda dengan apa yang kita dengar.
Jangan pernah memilih jawaban yang kedengarannya sama dengan apa yang kitadengar di kaset.Jika kita termasuk orang yang mampu membaca sambil mendengarkan, makamendengarkan soal Listening sambil membaca pilihan-pilihan jawaban mungkin tidak adamasalah. Namun pada umumnya non-penutur asli sangat jarang mampu memahami bacaansambil mendengarkan. Jika kita termasuk kategori ini, maka yang bisa kita lakukan adalah:dengarkan saja soalnya, jangan sambil membaca opsi jawaban. Kemudian setelah selesaisoalnya dibacakan, jawablah dengan strategi yang sudah disebutkan di atas. Jeda waktuantara satu pertanyaan dengan pertanyaan lain bisa kita pergunakan untuk membacasekilas opsi jawaban pertanyaan selanjutnya sebelum soalnya dibacakan. Hal ini bergunaagar kita bersiap-siap tentang topik percakapan soal selanjutnya. Jika soalnya mulaidibacakan, berhentilah membaca opsi jawaban, dan konsentrasilah mendengarkanpercakapan.
Strategi untuk Mengerjakan Part B
 
1.
Jika kita memiliki waktu,
bacalah sekilas opsi-opsi jawaban pada Part B
ini. Ketika Anda membaca sekilas opsi-opsi ini, yang bisa Anda lakukan adalah:
a)
mengantisipasi topik percakapan yang akan Anda dengar; dan
b)
menebakpertanyaan yang akan ditanyakan berkaitan dengan topik percakapan tersebut.
2.
Dengarkan baik-baik 1 - 2
kalimat pertama percakapan
. Kalimat pertama ini seringkali mengandung topik, gagasan pokok, atau ide pokok percakapan danpertanyaannya akan berkaitan dengan topik tersebut.
3.
Ketika Anda mendengarkan,
bayangkanlah situasi percakapannya
: siapa yangberbicara, di mana dan kapan percakapan itu berlangsung. Akan ada pertanyaanmengenai informasi ini.
4.
Ketika Anda mendengarkan, bacalah opsi-opsi jawaban di dalam buku tes dancobalah menentukan jawaban yang benar.
Jawaban atas pertanyaan-pertanyaandi bagian ini ditemukan secara berurut di dalam percakapan
, dan di bagian inisering kali mirip dengan apa yang kita dengar (bandingkan dengan Part A!).
Section II
Structure & Written Expression
Bagian ke-2 ini merupakan bagian yang paling sulit dari keseluruhan tes TOEFL, meskipun jumlah soal yang diujikan relatif sedikit.Pertama-tama kita harus mengetahui tentang bagaimana cara mengerjakan masing-masingbagian itu. Section II ini terdiri dari 2 bagian, yakni Part A yang disebut Sentence Completion(melengkapi kalimat), dan Part B yang lazim disebut Error Identification (mengidentifikasikesalahan gramatikal).
Part A: Sentence Completion
Pada bagian ini terdapat 15 pertanyaan, masing-masing terdiri dari 1 buah kalimat dengankata dan/atau frasa yang dihilangkan. Kita diminta untuk memilih salah satu pilihan (a), (b),(c), atau (d) yang jika dimasukkan kalimat di atasnya menjadi benar secara gramatikal. Jadidengan kata lain kita harus memilih MANA YANG BENAR.
Part B: Error Identification
Pada bagian ini, terdapat 25 pertanyaan. Di masing-masing kalimat terdapat kata ataukelompok kata yang digarisbawahi ditandai dengan (a), (b), (c), dan (d). Kita diminta untukmengidentifikasi bagian yang ditandai tersebut mana yang
TIDAK
tepat secara gramatikal.Dengan kata lain kita diminta untuk memilih MANA YANG SALAH.Hati-hati!!! Jangan keliru mengerjakan dua bagian ini. Pahami instruksinya, sehingga ketikates yang sesungguhnya, Anda TIDAK PERLU lagi membaca instruksi. Langsung sajakerjakan nomor 1!
Apa itu "Stucture"? (Ind. 'struktur')
 Apa pun bidang ilmu yang Anda geluti, Anda pasti mengenal konsep tentang "stuktur". Didalam disiplin ilmu teknik, sosiologi, antropologi, seni, matematika, ekonomi, geografi, dansemua cabang ilmu pasti dikenal konsep dan istilah 'struktur' dengan definisi yang berbeda-beda. Namun jika kita perhatikan dengan seksama, ada satu benang merah dari semuadefinisi konsep yang berbeda-beda tersebut.Sebuah 'struktur' pasti mengandaikan adanya 3 hal utama, yakni:1) bagian/unsur/elemen pembentuk struktur 2) keterkaitan/hubungan antarelemen/unsur/bagian tersebut3) hukum/keteraturan/pola tertentu yang mengikat seluruh elemen/unsur/bagianOleh karena 'struktur' mengimplikasikan ketiga hal tersebut di atas, maka dengan cara yangsama pertanyaan-pertanyaan pada bagian Structure & Written Expression ini jugamengandaikan ketiga hal tersebut. Oleh karena yang menjadi satuan terkecil yang diujikanadalah kalimat (bukan paragraf seperti pada bagian ke-3), maka kita harus mampumengenali:
1) elemen-elemen pembentuk kalimat2) hubungan antarelemen kalimat

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->