Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH PAJAK

MAKALAH PAJAK

Ratings: (0)|Views: 1,118|Likes:
Published by slampack

More info:

Published by: slampack on Oct 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang sehingga dapat dipaksakan dengan tiada mendapat balas jasa secaralangsung. Pajak dipungut penguasa berdasarkan norma-norma hukum untuk menutup biaya produksi barang-barang dan jasa kolektif untuk mencapaikesejahteraan umum.Lembaga Pemerintah yang mengelola perpajakan negara di Indonesiaadalah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang merupakan salah satu direktorat jenderal yang ada di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.Menurut Prof. Dr. P. J. A. Adriani, pajak adalah iuran masyarakatkepada negara (yang dapat dipaksakan) yang terutang oleh yang wajibmembayarnya menurut peraturan-peraturan umum (undang-undang) dengantidak mendapat prestasi kembali yang langsung dapat ditunjuk dan yanggunanya adalah untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran umum berhubungtugas negara untuk menyelenggarakan pemerintahan.Menurut Prof. Dr. H. Rochmat Soemitro SH, pajak adalah iuran rakyatkepada Kas Negara berdasarkan undang-undang (yang dapat dipaksakan)dengan tiada mendapat jasa timbal (kontra prestasi) yang langsung dapatditunjukkan dan yang digunakan untuk membayar pengeluaran umum.
 
2Definisi tersebut kemudian dikoreksinya yang berbunyi sebagai berikut: Pajak adalah peralihan kekayaan dari pihak rakyat kepada Kas Negara untuk membiayai pengeluaran rutin dan surplusnya digunakan untuk public savingyang merupakan sumber utama untuk membiayai public investment.Sedangkan menurut Sommerfeld Ray M., Anderson Herschel M., &Brock Horace R, pajak adalah suatu pengalihan sumber dari sektor swasta kesektor pemerintah, bukan akibat pelanggaran hukum, namun wajibdilaksanakan, berdasarkan ketentuan yang ditetapkan lebih dahulu, tanpamendapat imbalan yang langsung dan proporsional, agar pemerintah dapatmelaksanakan tugas-tugasnya untuk menjalankan pemerintahan.
B.
 
Tujuan
1.
 
Untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang perpajakan2.
 
Mengetahui perpajakan yang berlaku di Indonesia dan Mancanegara
 
3
BAB IIPEMBAHASAN
 
A.
 
Definisi
Terdapat bermacam-macam batasan atau definisi tentang "pajak" yangdikemukakan oleh para ahli diantaranya adalah :1.
 
Menurut Prof. Dr. P. J. A. Adriani, pajak adalah iuran masyarakat kepadanegara (yang dapat dipaksakan) yang terutang oleh yang wajibmembayarnya menurut peraturan-peraturan umum (undang-undang)dengan tidak mendapat prestasi kembali yang langsung dapat ditunjuk danyang gunanya adalah untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran umumberhubung tugas negara untuk menyelenggarakan pemerintahan.2.
 
Menurut Prof. Dr. H. Rochmat Soemitro SH, pajak adalah iuran rakyatkepada Kas Negara berdasarkan undang-undang (yang dapat dipaksakan)dengan tiada mendapat jasa timbal (kontra prestasi) yang langsung dapatditunjukkan dan yang digunakan untuk membayar pengeluaran umum.Definisi tersebut kemudian dikoreksinya yang berbunyi sebagai berikut:Pajak adalah peralihan kekayaan dari pihak rakyat kepada Kas Negarauntuk membiayai pengeluaran rutin dan surplusnya digunakan untuk public saving yang merupakan sumber utama untuk membiayai publicinvestment.3.
 
Sedangkan menurut Sommerfeld Ray M., Anderson Herschel M., & Brock Horace R, pajak adalah suatu pengalihan sumber dari sektor swasta ke

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->