Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
EKOSISTIM

EKOSISTIM

Ratings: (0)|Views: 162 |Likes:
Published by geosciencechemistry
About Ecosystem
About Ecosystem

More info:

Published by: geosciencechemistry on Oct 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/04/2012

pdf

text

original

 
EKOSISTEM
7.1 Kompetensi Dasar
 Menentukan komponen penyusun ekositim dan saling hubungan antar komponen
Indikator:
-Mengidentifikasi satuan-satuan dalam ekosistimdanmenyatakan bahwa matahari merupakan sumber energiutama pada sistim biologi.- Menggambar dalam bentuk diagram rantai makanan dan jarring-jaring kehidupan dan menjelakan peran masing-masing tingkat tropic.
Lingkungan tempat tinggal makhluk hidup perlu kita lestarikan dan tetapseimbang.Di dalam lingkungan itu terdapat ekosistim,yaitu hubungan timbalbalik makhluk hidup dengan lingkungannya.Di dalam ekosistim itu terdapatabiotik dan biotik.A.Satuan-satuan makhluk hidup dalam ekosistem1.Pada ekosistim terdapat beberapa istilah :a. Individu adalah makhluk hidup tunggal atau sendiri,contohnya: sebatangpohon pisang,seekor kucing,seorang manusia dsb.b. Populasi adalah sejumlah individu sejenis yang menetap pada suatu tem-pat tertentu,contohnya: tanaman padi di sawah, tiga ekor ayam, sekelom-pok manusia dsb.c. Komunitas adalah kumpulan seluruh populasi yang berbeda-beda hidupbersama di suatu tempat/daerah tertentu.d. Habitat adalah tempat makhluk hidup melakukan kehidupannya,contoh:habitat ikan di air,habitat paus di laut,habitat padi di sawah dsb.2. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang ekosistim.3. Macam-macam ekosistima. Ekosistim air,terdiri dari :1) Sungai,makhluk hidupnya al: ikan,buaya,plankton,kangkung dsb.2) Kolam,makhluk hidupnya berupa ikan,katak,ganggang dsb.3) Laut, didalamnya terdapat ikan,udang,kepiting,ganggang,plankton dsb4) Pasang surut,terdapat pohon bakau nipah ,api-api dsbb. Ekosistim darat,terdiri dari :1) Hutan, seperti hutan cemara,hutan basah dan hutan subtropika2) Padang rumput3) Kebunc. Ekosistim di bumiSusunan ekosistim mulai dari ekuator(khatulistiwa) sampai ke kutub,Atau dari pantai(dataran rendah) sampai pegunungan(dataran tinggi) ya-Itu: Hutan tropis-subtropis-cemara-semak-lumut-es(kutub).
 
B. Komponen-komponen ekosistimPada suatu ekosistim terdapat 2 komponen yaitu :1.
 
Komponen biotik(hidup),terdiri dari manusia,hewan dan tumbuhanKomponen biotik dibedakan menjadi 3 golongan yaitu :a. Produsen,yaitu makhluk hidup yang dapat membuat zat makanansendiri(autotrof),contohnya : tumbuhan hijaub. Konsumen,yaitu makhluk hidup yang tidak dapat membuat makan-. an sendiri dan makanannya dari produsen(heterotrof),contohnya:hewan dan manusia.Berdasarkan jenis makanannya konsumen dike-lompokkan sbb:1)
 
Herbivora(konsumen primer/konsumen I) adalah hewan pema-kan tumbuhan,misalnya kambing,sapi ,kelinci dsb2)
 
Karnivora(konsumen sekunder/konsumen II) adalah hewan pe-makan daging/pemangsa,misalnya harimau ,burungelang,srigala dsb.3)
 
Omnivora adalah hewan pemakan tumbuhan dan daging,missal-nya ayam,itik,kera,orang utan dsb.4)
 
Pengurai(decomposer) adalah jasad renik yang dapat mengurai-Kan sisa makhluk hidup,misalnya bakteri dan jamur saprofit2.
 
Komponen abiotik (tak hidup) yang menyusun ekosistim terdiri dari :a.
 
Cahaya,memberikan energi bagi semua kehidupan di antaranyamelalui fotosintesisb.
 
Suhu,makhluk hidup dapat hidup pada suhu tertentuc.
 
Air,sebagai factor yang sangat menunjang bagi kehidupand.
 
Udara,merupakan gas yang penting untuk kehidupan,misalnya:O
2
,CO
2
,N
2
.e.
 
Tanah,mengandung unsur hara yang digunakan oleh tumbuhanC. Saling ketergantungan antarkomponen ekosistemPada ekosistem terdapat saling ketergantungan antara komponen yang sa-tu dengan yang lainnya,karena saling membutuhkan,dan tidak ada makhluk hidup yang tidak membutuhkan makhluk lainnya.Saling ketergantungan antara biotik dan abiotik dapat berupa:1.
 
Biotik dipngaruhi abiotik atau abiotik dapat mempengaruhi biotik,contoh:a. Pengaruh air terhadap kehidupan tanaman,hewan,dan manusia.-Tanaman yang sering disiram akan tumbuh dengan baik,sebaliknya bi-la tidak akan layu dan mati- Pada musim kemarau air sulit diperoleh,maka akan banyak tanamanyang keringb. Pengaruh cahaya matahari terhadap tumbuhan- Tunas tumbuhan akan mmbengkok /tumbuh kea rah matahari- Cahaya matahari membantu proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.Sehingga ketergantungan biotik terhadap abiotik dapat disimpulkan sbb:
 
1) Tumbuhan membutuhkan CO
2
,H
2
O dan sinar matahari untuk fotosin-tesis2) Tumbuhan menghasilkan zat makanan dan O
2
yang dibuuhkan hewandan manusia untuk bernafas dan memperoleh energi3) Manusia dan hewan bernafas mengeluarkan CO
2
yang dibutuhkan tum-buhan2.
 
Abiotik dipengaruhi biotic atau biotic dapat mempengaruhi abiotik,contoha. Kehidupan cacing mempengaruhi tanah- Cacing dapat menyuburkan tanah dengan membuat rongga udara se-hingga tanah menjadi gembur- Dengan kotoran cacing tanah akan mendapat unsure hara/humus se-hingga tanah suburb. Pengaruh tumbuhan terhadapo keadaan tanah- Tumbuhan yang ada dipermukaan tnah akan mencegh erosiD.Saling ketergantungan antara produsen,konsumen dan penguraiKetergantungan antara komponen-komponen ekosistem tidak hanya terja-diantara komponen biotik dan abiotik. Akan tetapi antarkomponen biotik ju-ga saling berinteraksi atau terjadi hubungan saling ketergantungan.Saling ketergantungan biotic dengan biotic dapat terjadi pada:a. rantai makanan c. piramida makanan e. daur zatb. jaring-jaring makanan d. arus energi1. Rantai MakananRantai makanan adalah peristiwa makan dimakan pada satu urutana. rumput sebagai produsenb. ulat sebagai konsumen: herbivora dan konsumen Ic. katak sebagai konsumen: karnivora dan konsumen IId. ular sebagai konsumen: karnivora dan konsumen IIIe. elang sebagai konsumen: karnivora dan konsumen IVf. pengurai sebagai yang menguraikan zat sisa/makhluk mati untuk dibutuhkan oleh tumbuhang. bila katak diburu sampai punah/habis maka ulat akan bertambahbanyak sedangkan ular akan berkurang/ punah karena tidak adanyamakananh. contoh pengurai: bakteri dan jamur saprofit.Gambar rantai makanan:rumput ulat katak ular elangpengurai

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->