Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Pengembangan Kurikulum

Makalah Pengembangan Kurikulum

Ratings: (0)|Views: 228 |Likes:
Published by Rubiyanto
Makalah Pengembangan Kurikulum
Makalah Pengembangan Kurikulum

More info:

Published by: Rubiyanto on Oct 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/10/2013

pdf

text

original

 
1
 
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang Masalah
Inovasi dalam dunia pendidikan tidak akan pernah berhenti, akanselalu ada pengembangan menuju ke arah yang lebih baik. Dengan adanyapengembangan kurikulum, maka akan diperoleh kurikulum yang bisadisesuaikan dengan lokasi atau instansi di mana kurikulum itu digunakanuntuk mengatur proses pembelajaran yang dijalankan.Pengembangan kurikulum harus selalu dilakukan, hal ini mengingatpembelajaran yang ada di sekolah-sekolah tidak begitu saja terus menerus,tetapi akan selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Pengembangankurikulum menjadi usaha yang harus dikerahkan dengan baik, agar nantinyakurikulum pendidikan yang ada di negara ini semakin baik.
 
2
 
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Pengertian Kurikulum
Kurikulum merupakan salah satu kompenen yang sangat menentukandalam suatu system pendidikan, karena itu kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan dan sekaligus sebagai pedoman dalampelaksanaan pengajaran pada semua jenis dan tingkat pendidikan.1.
 
Secara EtimologiSecara etimologi,kurikulum berasal dari bahasa Yunani, yaitu
curir 
yangartinya pelari dan
curare
yang berarti tempat berpacu. Jadi istilahkurikulum berasal dari dunia olahraga pada zaman Romawi Kuno diYunani, yang mengandung pengertian suatu jarak yang harus ditempuholeh pelari dari garis start sampai garis finish.Dalam bahasa arab, kata kurikulum biasa diungkapkan dengan manhajyang berarti jalan yang terang yang dilalaui oleh manusia pada berbagaibidang kehidupan . sedangkan kurikulum pendidikan ( manhaj al-dirasah)dalam kamus Tarbiyah adalah seperangkat perencanaan dan media yangdijadikan acuan oleh lembaga pendidikan dalam mewujudkan tujuan-tujuan pendidikan .2.
 
Secara TerminologiPara ahli telah banyak mendefinisikan kurikulum diantaranya:a.
 
Crow and crow mendefinisikan bahwa kurikulum adalah rancanganpengajaran atau sejumlah mata pelajaran yang disusun secarasistematis untuk menyelesaikan suatu program untuk memperolehijazah.
 
3
 
b.
 
M. Arifin memandang kurikulum sebagai seluruh bahan pelajaranyang harus disajikan dalam proses kependidikan dalam suatu systeminstitusional pendidikan.c.
 
Zakiyah Darajat memandang kurikulum sebagai suatu program yangdirencanakan dalam bidang pendididkan dan dilaksanakan untuk mencapai sejumlah tujuan-tujuan pendidikan tertentud.
 
Dr. Addamardansyi Sarhan dan Dr Munir Kamil yang disitir oleh Al-Syaibani , bahwa kurikulum adalah sejumlah pengalaman pendidikan,kebudayaan , sosial, olahraga, dan kesenian, yang disediakan olehsekolah dengan maksud menolong untuk berkembang menyeluruhdalam segala segi dan merubah tingkah laku mereka sesuai dengantujuan-tujuan pendidikan.Dalam perkembangannya selanjutnya pengertian kurikulum tidak hanya terbatas pada program pendididkan namun juga dapat diartikanmenurut fungsinya:1.
 
Kurikulum sebagai program studi2.
 
Kurikulum sebagai konten3.
 
Kurikulum sebagai kegiatan berencana4.
 
Kurikulum sebagai hasil belajar5.
 
Kurikulum sebagai reproduksi kultural6.
 
Kurikulum sebagai pengalaman belajar7.
 
Kurikulum sebagai produksi
B.
 
Komponen Kurikulum
Mengingat bahwa fungsi kurikulum dalam proses pendidikan adalahsebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan, maka hal ini berarti bahwasebagai alat pendididkan, kurikulum memiliki bagian-bagian penting danpenunjang yang dapat mendukung operasinya dengan baik bagian-bagian inidisebut komponen yang saling berkaitan, berinteraksi daalm upaya mencapaitujuan.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Dede Juanda liked this
Fanni Fitriani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->