Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
bab-2_-proses-pembentukan-logam-smt1

bab-2_-proses-pembentukan-logam-smt1

Ratings: (0)|Views: 239|Likes:
Published by Jevi Septiawan

More info:

Published by: Jevi Septiawan on Oct 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/05/2012

pdf

text

original

 
Teknik Ototronik 
BAB 2PROSES-PROSES DASARPEMBENTUKAN LOGAM
Benda benda dari logam yangsering kita lihat tidaklah ditemukandalam bentuknya seperti itu, akantetapi sudah mengalami prosespembentukan. Pada mulanya logamlogam tersebut ditemukan di alamdalam bentuk biji-biji logam yangditambang, selanjutnya di olah dandipisahkan dari kandungan lain untukdidapatkan logam yang diinginkan,kemudian diproduksi dalam bentukbenda setengah jadi maupun benda jadi. Pada kebanyakan benda-benda jadi yang kita lihat sudah melaluibeberapa tahapan pekerjaanpembentukan logam.
Gambar 2.1 Cotoh berbagai benda kerja
2.1 Proses Pengecoran
Didalam teknik pembentukanlogam untuk mendapatkan bendakerja yang diinginkan dengan carapengecoran dilakukan denganmengikuti proses-proses secaraumum yang akan dijelaskan padauraian dibawah ini. Akan tetapikebanyakan benda kerja hasilpengecoran masih membutuhkanpekerjaan pekerjaan lanjutan.
Gambar 2.2 Contoh benda kerja
2.1.1 Proses Peleburan
Proses peleburan adalah prosespencairan logam baik dari biji-bijilogam maupun benda logamsetengah jadi, dari bentuk padatmenjadi bentuk cair agar mudahuntuk dituang kedalam cetakan.Proses ini dilakukan denganmemanaskan logam tersebut dengantemperatur sesuai temperatur cair dari masing-masing logam yang akandicor atau dituang kedalam cetakan,hal ini dapat dilakukan denganmenggunakan dapur tinggi atautungku-tungku pengecoran.
Gambar 2.3 Contoh tungku peleburan
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (2008)19
 
Teknik Ototronik 
2.1.2 Pembuatan Cetakan
Untuk membentuk logam sesuaidengan bentuk yang diinginkandengan cara dicor atau dituangdiperlukan cetakan. Dalampembuatan cetakan diperlukanbeberapa langkah pekerjaan sebagaiberikutnya:
2.1.2.1 Pembuatan Model
Model adalah benda tiruan yangdibuat menyerupai benda aslinya,sebagai tiruan yang dibuat daribahan-bahan yang mudah dibentukdan tidak mudah berubah bentuk,sesuai dengan ukuran yang ada padagambar kerja. Biasanya dibuat daribahan kayu atau bahan-bahan lain.Fungsi dari model ini digunakan padasaat membuat cetakan dari pasicetak.
Gambar 2.4 Penuangan dalam cetakan
2.1.2.2 Pembuatan Inti
Inti dibuat manakala benda jadiyang diinginkan mempunyai rongga didalamnya. Inti biasanya dibuat daribahan yang mudah dihancurkan,sehingga mudah dalam prosesmengeluarkan pada saat selesaiproses pengecoran. Inti ini sifatnyahanya sekali pakai, sehingga akanselalu dibuat inti baru manakala akandilakukan pengecoran benda kerjayang berongga.
Gambar 2.5 Pembuatan inti
2.1.2.3 Pembuatan Cetakan
Berdasarkan dari model dan intiyang ada dibuatlah cetakan. Cetakansekali pakai biasanya dibuat daripasir cetak, sedangkan cetakan yangdipakai berulang-ulang biasanyaterbuat dari logam yang mempunyaititik lebur lebih tinggi daripada logam-logam yang akan dicor atau di tuang,sehingga cetakan tidak ikut lebur dantidak cepat rusak.
Gambar 2.6 Pemasangan cetakan
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (2008)
20
 
Teknik Ototronik 
2.1.3 Proses pengecoran
Setelah logam sudah cair dancetakan sudah disiapkan, makaproses selanjutnya adalahpengecoran, yaitu penuangan bahanlogam cair ke dalam cetakan. Logamdalam bentuk cair dituangkankedalam cetakan melalui lubangpengisian, selanjutnya didinginkan.Setelah dingin cetakan dibuka ataudihancurkan maka benda kerja sudah jadi siap untuk dikerjakan lebih lanjutyang merupakan pekerjaan lanjutan.
Gambar 2.7 Proses pengecoran
2.2 Proses Pembentukan
Untuk mendapatkan benda kerjayang diinginkan tidak cukup hanyadengan proses pengecoran, akantetapi diperlukan beberapa pekerjaantambahan, sehingga benda kerjadapat betul-betul sesuai dengan yangdiinginkan baik dari sisi bentukmaupun ketepatan ukuran sesuaidengan perencanaan dalam gambar kerja. Adapun teknik-teknikpembentukan logam dapatdilaksanakan sebagai berikut:
Gambar 2.8 Benda kerja yang sudah difinishing
2.2.1 Teknik Tempa dan Press
Teknik pembentukan dengansistim tempa adalah teknikpembentukan yang mengandalkanpukulan. Benda kerja yang biasanyamerupakan benda setengah jadi dankebanyakan dari jenis logam lunak,dipukul atau ditempa denganmenggunakan palu tempa untukmembuat bentuk benda kerja sesuaidengan yang diinginkan. Teknik inidapat dilakuakan denganmenggunakan sistim panas yaitubenda kerja dipanaskan dulu tetapitidak sampai pada titik cair ataudengan sisitim dingin yang berartibanda kerja tidak perlu dipanaskan,biasanya untuk logam-logam yanglunak.
Gambar 2.9 Contoh mesin press
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (2008)21

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->