Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
28Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SKRIPSI STRES BAB III

SKRIPSI STRES BAB III

Ratings: (0)|Views: 1,698 |Likes:

More info:

Published by: Ari sandi (jime owam) on Oct 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/12/2013

pdf

text

original

 
BAB IIIMETODE PENELITIAN
A.
Desain Penelitian
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Peneliti menggunakandesain penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan
cross sectional 
 
 study
untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dan mekanisme koping yang digunakan olehmahasiswa angkatan pertama (A 2008) Program Studi Ilmu Keperawatan yangmenjalani kurikulum berbasis kompetensi.
B.
Lokasi dan Waktu Penelitian
1.Lokasi penelitianPenelitian ini dilakukkan di kampus Program Studi Ilmu KeperawatanUniversitas Riau. Alasan peneliti memilih tempat ini sebagai lokasi penelitiandikarenakan Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau merupakan institusiyang memiliki mahasiswa yang sedang menjalankan kurikulum berbasis kompetensi pada saat ini.2.Waktu penelitianKegiatan penelitian dimulai dari persiapan sampai seminar hasil riset yaitudari bulan September 2011 sampai bulan April 2012. Untuk lebih jelasnya jadwal penelitian secara lengkap dapat dilihat pada tabel 1.
26
 
27
Tabel 1
 Jadwal kegiatan penelitian
KegiatanWaktu PelaksanaanSepOktNovDesJanFebMarAprMei412341234123412341234123412341234PerumusanMasalahPenyusunanProposalSeminar ProposalPelaksanaanPenelitianPengolahanData HasilPenelitianSeminar HasilPenelitian
C.Populasi dan Sampel
1.Populasi penelitianPopulasi adalah keseluruhan objek penelitian atau objek yang diteliti(Notodmodjo, 2005). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa IlmuKeperawatan Universitas Riau yang sedang menjalankan kurikulum berbasiskompetensi tahun angkatan 2008 yang berjumlah 50 orang.2.Sampel PenelitianSampel merupakan bagian dari populasi yang akan diteliti atau sebagian jumlah dari karakteristik yang dimiliki populasi (hidayat, 2007). Teknik samplingyang digunakan adalah total sampling, yaitu penganbilan sampel dengan caramenjadikan seluruh anggota populasi menjadi sampel (Yani, 2009). Sampel dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa A 2008 yang berjumlah 50 orang.
 
28
D.Etika Penelitian
Etika penelitian keperawatan merupakan masalah yang sangat penting dalam penelitian karena penelitian keperawatan berhubungan langsung dengan manusia, makaetika harus diperhatikan (Hidayat, 2007). Dalam melakukkan penelitian ini, penelitimengajukkan permohonan izin kepada ketua Program Studi Ilmu KeperawatanUniversitas Riau. Setelah mendapat izin penelitian, peneliti melakukkan penelitiandengan menekankan masalah etika yang meliputi:
1.
Lembaran persetujuan menjadi responden
(Infomend Consent)
Lembar persetujuan ini diberikan kepada responden yang akan diteliti.Peneliti juga menjelaskan maksud, tujuan, dan manfaat penelitian kepada respondenyang akan diteliti. Jika bersedia untuk diteliti, maka mereka harus menandatangani persetujuan tersebut dan jika tidak bersedia menjadi responden, maka peneliti tidak akan memaksa dan tetap menghormati hak-hak responden.
2.
Tanpa Nama
(Anonimity)
Untuk menjaga kerahasiaan identitas responden, peneliti tidak akanmencantumkan identitas responden pada lembaran pengumpulan data yang akan diisioleh responden. Lembaran tersebut hanya diberi kode tertentu atau cukup denganmemberikan inisial nama.
3.
Kerahasiaan
(Confidentiality)
Kerahasiaan informasi dari responden dijamin oleh peneliti. Pada penelitianini dijelaskan data dan identitas responden yang diperoleh hanya digunakan untuk kepentingan pengolahan data dan kemudian akan dimusnakan setelah selesai diolah.
E.Alat Pengumpulan Data

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->