Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Lampiran III Permendagri 55 2012_bendahara Pengeluaran Skpd2

Lampiran III Permendagri 55 2012_bendahara Pengeluaran Skpd2

Ratings: (0)|Views: 1,013 |Likes:
Published by Ikhsan Firdaus

More info:

Published by: Ikhsan Firdaus on Oct 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/14/2013

pdf

text

original

 
RI 55/2008 PENATAUAHAAN LAPORAN BENDAHARAhttp://aksarafirdaus.blogspot.com
LAMPIRAN III: PERATURAN MENTERI DALAM NEGERINOMOR : 55 TAHUN 2008TANGGAL : 1 DESEMBER 2008
TATA CARAPENATAUSAHAAN DAN PENYUSUNAN LAPORANPERTANGGUNGJAWABAN BENDAHARA PENGELUARAN SKPD DANBENDAHARA PENGELUARAN PEMBANTU SKPD SERTAPENYAMPAIANNYA1.A. BENDAHARA PENGELUARAN SKPD1.PENGAJUAN SURAT PERMINTAAN PEMBAYARAN (SPP).
Bendahara pengeluaran mengajukan Surat Permintaan Pembayaran(SPP) dalam rangka melaksanakan belanja. Dalam hal ini bendaharapengeluaran menyusun dokumen SPP yang dapat berupa:a)Uang Persediaan (UP)b)Ganti Uanag (GU)c)Tambah Uang (TU)d)Langsung (LS)
LS untuk pembayaran Gaji & Tunjangan
LS untuk pengadaan Barang dan JasaDisamping membuat SPP Bendahara Pengeluaran juga membuatregister untuk SPP yang diajukan, SPM dan SP2D yang sudah diterimaoleh bendahara.
a.SPP Uang Persediaan (UP)
Bendahara pengeluaran mengajukan SPP Uang Persediaan (UP)setiap awal tahun anggaran setelah dikeluarkannya SK KepalaDaerah tentang besaran UP. SPP-UP dipergunakan untuk mengisiuang persediaan tiap-tiap SKPD. Pengajuan UP hanya dilakukansekali dalam setahun tanpa pembebanan pada kode rekeningtertentu.Bendahara mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukansebagai lampiran dalam pengajuan SPP UP, selain dari dokumenSPP UP itu sendiri. Lampiran tersebut antara lain:
 
b)Salinan SPDc)Draft Surat Pernyataan Pengguna Anggarand)Lampiran lain yang diperlukanBendahara Pengeluaran SKPD dapat melimpahkan sebagian uangpersediaan yang dikelolanya kepada bendahara pengeluaranpembantu SKPD untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan.Pelimpahan tersebut dilakukan berdasarkan persetujuan penggunaanggaran.
b.SPP Ganti Uang Persediaan (GU)
Pada saat uang persediaan telah terpakai bendahara pengeluarandapat mengajukan SPP Ganti Uang Persediaan (GU) dengan besaransejumlah SPJ penggunaan uang persediaan yang telah disahkanpada periode waktu tertentu. SPP-GU tersebut dapat disampaikanuntuk satu kegiatan tertentu atau beberapa kegiatan sesuai dengankebutuhan yang ada. Misal, suatu SKPD mendapatkan alokasi UangPersediaan pada tanggal 4 Januari sebesar Rp100.000.000. Padatanggal 20 Januari telah terlaksana 2 (dua) kegiatan yangmenghabiskan uang UP sebesar Rp.80.000.000, maka SPP-GU yangdiajukan adalah sebesar Rp.80.000.000 dengan pembebanan padakode rekening belanja terkait kegiatan tersebut.Bendahara mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukansebagai lampiran dalam pengajuan SPP GU, selain dari dokumenSPP GU itu sendiri. Lampiran tersebut antara lain:a)Salinan SPDb)Draft Surat Pernyataan Pengguna Anggaranc)Laporan Pertanggungjawaban Uang Persediaand)Bukti-bukti belanja yang lengkap dan sahe)Lampiran lain yang diperlukan
c.SPP Tambahan Uang (TU)
 Apabila terdapat kebutuhan belanja yang sifatnya mendesak, yangharus dikelola oleh bendahara pengeluaran, dan uang persediaantidak mencukupi karena sudah direncanakan untuk kegiatan yanglain, maka bendahara pengeluaran dapat mengajukan SPP-TU. Batas jumlah pengajuan SPP-TU harus mendapat persetujuan dari PPKDdengan memperhatikan rincian kebutuhan dan waktu penggunaan.
 
PERMENDAGRI 55/2008 PENATAUAHAAN LAPORAN BENDAHARAhttp://aksarafirdaus.blogs

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Agus Suharyono liked this
Amir Mahmud Aja liked this
Risman Ramli liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->