Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Prematur

Makalah Prematur

Ratings: (0)|Views: 748 |Likes:
Published by Ryan Kurniawan
Makalah tentang kelahiran bayi prematur
Makalah tentang kelahiran bayi prematur

More info:

Published by: Ryan Kurniawan on Oct 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/27/2013

pdf

text

original

 
Makalah Prematur1
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar Belakang
Periode segera setelah lahir merupakan awal dari kehidupan yang tidak menyenangkanbagi bayi. Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan antara lingkungan kehidupan sebelumnya dansekarang.Bagi bayi prematur atau bayi yang lahir disertai penyulit atau komplikasi, tentunya prosesadaptasi ini akan menjadi lebih sulit untuk dilaluinya. Bahkan, seringkali menjadi pemicutimbulnya komplikasi lain yang menyebabkan bayi tersebut tidak mampu melanjutkan kehidupanke fase lanjut (meninggal).Bayi berat badan lahir rendah atau prematur mempunyai kemungkinan lebih besar untuk menderita sakit atau kematian daripada bayi lain. Oleh karenanya, diperlukan pengawasan ekstrayang dilakukan beberapa jam sampai beberapa hari setelah bayi itu dilahirkan.Penilaian dan tindakan pada bayi berat badan lahir rendah sangatlah penting karena dapatmencegah terjadinya gangguan kesehatan pada bayi yang dapat menimbulkan cacat ataukematian.
B.
 
Pengertian Prematur
Prematur dalam bahasa Indonesia di artikan sebagai sesuatu yang belum waktunya masak (matang). Dalam ilmu kedokteran modern, kata premature sering di gunakan untuk penyebutanbayi yang lahir tidak dalam keadaan semurna. Bayi ini lahir dengan usia kehamilan kurang dari37 minggu dan dengan berat lahir kurang dari 2500 gram. Sebagian besar organ tubuhnya jugabelum berfungsi dengan baik, karena kelahirannya yang masih dini. Maka dari itu, perludiberikan perawatan khusus untuknya.
BAB IIISI
A.
 
Penyebab Prematur
Penyebab persalinan prematur tidak diketahui, namun faktor-faktor berikut dapatmeningkatkan risikonya:
 
Anda atau saudara Anda lahir prematur
. Studi di Universitas Aberdeen menemukanbahwa seorang ibu yang lahir prematur atau memiliki saudara yang lahir prematurberisiko 60 persen melahirkan bayi prematur pada kehamilan pertama. Pada kehamilanberikutnya, potensi kelahiran prematur menurun jadi 50 persen.
 
Makalah Prematur2
 
Anda pernah mengalami persalinan prematur.
Jika Anda pernah melahirkanprematur, Anda memiliki risiko 30 persen akan mengulanginya. Jika Anda pernah duakali melahirkan prematur, kemungkinannya adalah 70 persen Anda akan kembalimelahirkan prematur.
 
Anda memiliki bayi kembar.
Bayi kembar memiliki sekitar 50 persen kemungkinandilahirkan prematur. Untuk kembar tiga, peluangnya adalah 83 persen untuk dilahirkanprematur.
 
Anda memiliki kelainan rahim atau serviks tertentu
, termasuk leher rahim yangpendek.
 
Anda memiliki masalah kesehatan
. Hipertensi dan diabetes adalah kondisi yang palingumum yang berhubungan dengan persalinan prematur. Kondisi lain seperti gangguanautoimun dan infeksi juga meningkatkan risiko persalinan prematur. Riset menunjukkan
 
bahwa respon kekebalan tubuh terhadap infeksi bakteri tertentu, sepertibakterialvaginosisdan trikomoniasis, dapat memicu persalinan prematur.
 
Anda mengalami perdarahan vagina setelah 20 minggu kehamilan
. Perdarahan padarahim memicu pelepasan protein tertentu (trombin) yang dapat merusak membranketuban, yang dapat mengakibatkan ketuban pecah dini. Trombin juga merangsangkontraksi rahim, yang dapat merangsang persalinan prematur.
 
Anda memiliki beberapa faktor risiko lain
yang berhubungan dengan kelahiranprematur tetapi tidak selalu menyebabkan kelahiran prematur, seperti merokok,mengalami kenaikan/penurunan berat badan ekstrem selama kehamilan, menggunakanobat-obatan terlarang, memiliki stres tinggi, dll.Persalinan prematur berdasarkan pengolangan faktor penyebabPengolongan Kriteria KeteranganGolongan 1 Dapat terjadi prematur teratur tidak 
menimbulkan proses “rekuren”
 solusio plasentaPlasenta previaidramnion /oligohidromnionehamilan gandakejadian persalinan prematursangat jarang berulang dengansebab yang sama
 
Makalah Prematur3
Golongan 2 Resiko kejadian persalinan prematurtidak dapat dikontrol oleh penderitasendiriHamil usia muda ,tua (umur kurang 18tahun atau diatas 40tahun )Terdapat anomali alat reproduksisebagian masih dapat diupayakanuntuk dikendalikananomali alat reproduksi sebagiansulit dikendalikan sekalipundengan tindakan operasiGolongan 3 Faktor yang menimbulkan pesalinanprematur dapat dikendalikan sehingakejadian prematur dapat diturunkan.Permasalahan yang dihadapigolongan 111,sebagian besarberaspek sosial sehingah perannya sebagai faktor pemicupersalinan prematur dapatdikendalikan.
B.
 
GEJALA
Gambaran fisik bayi prematur:
 
Ukuran kecil
 
Berat badan lahir rendah (kurang dari 2,5 kg)
 
Kulitnya tipis, terang dan berwarna pink (tembus cahaya)
 
Vena di bawah kulit terlihat (kulitnya transparan)
 
Lemak bawah kulitnya sedikit sehingga kulitnya tampak keriput
 
Rambut yang jarang
 
Telinga tipis dan lembek 
 
Tangisannya lemah
 
Kepala relatif besar
 
Jaringan payudara belum berkembang
 
Otot lemah dan aktivitas fisiknya sedikit (seorang bayi prematur cenderung belummemiliki garis tangan atau kaki seperti pada bayi cukup bulan)
 
Refleks menghisap dan refleks menelan yang buruk 
 
Pernafasan yang tidak teratur
 
Kantung zakar kecil dan lipatannya sedikit ( anak laki
 – 
laki )
 
Labia mayora belum menutupi labia minora ( pada anak perempuan).

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
innomad liked this
Nay Ehm liked this
amaliakha liked this
Ricky Redox liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->