Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Makalah Subnetting (Putri Harfindrani) 095623247

Tugas Makalah Subnetting (Putri Harfindrani) 095623247

Ratings: (0)|Views: 582|Likes:
Published by Putra Irsyad

More info:

Categories:Types, Reviews, Book
Published by: Putra Irsyad on Oct 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/21/2013

pdf

text

original

 
TUGASMAKALAH SUBNETTING
Disusun Oleh :PUTRI HARFINDRANI095623247
FAKULTAS TEKNIKJURUSAN TEKNIK ELEKTRODIII MANAJEMEN INFORMATIKA
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2012
 
A.
 
Pengertian Subnetting
Subnetting adalah proses untuk memecahkan atau membagi sebuat network menjadi beberapa network yang lebih kecil, atau Subnetting merupakan sebuahteknik yang mengizinkan para administrator jaringan untuk memanfaatkan 32bit IP address yang tersedia dengan lebih efisien.Teknik subnetting membuat skala jaringan lebih luas dan tidak dibatas olehkelas-kelas IP (IP Classes) A, B dan C yang sudah di atur. Dengan subnetting,maka kita bisa membuat network dengan batasan host yang lebih realistiskebutuhan Subnetting menyediakan cara yang lebih fleksibel untuk menentukanbagian mana dari sebuah 32 bit IP address yang mewakili network ID danbagian mana yang mewakili host ID. Dengan kelas-kelas IP addressstandart, hanya 3 kemungkinan network ID yang tersedia : 8 bit untuk kelas A, 16 bit untuk kelas B dan 24 bit untuk kelas C.
B.
 
Fungsi Subnetting
1.
 
Penghematan Alamat IPMengalokasikan IP address yang terbatas agar lebihefisien. Jika internet terbatasoleh alamat-alamat di kelas A, B, dan C, tiap network akanmemliki 254, 65.000,atau 16 juta IP address untuk host devicenya. Walaupun terdapatbanyak network dengan jumlah host lebih dari 254, namun hanya sedikit network (kalautidak mau dibilang ada) yang memiliki host sebanyak 65.000 atau 16 juta. Dan network yang memiliki lebih dari 254 device akan membutuhkan alokasi kelas B dan mungkin akanmenghamburkan percuma sekitar 10 ribuan IP address.2.
 
Mengoptimalisasi Unjuk Kerja Jaringan walaupun sebuah organisasi memilikiribuan host device, mengoperasikan semuadevice tersebut di dalam network ID yang sama akanmemperlambat network. Cara TCP/IP bekerja mengatur agar semua komputer dengannetwork ID yang sama harus berada physical network yang sama juga.Physical network memiliki domain broadcast yang sama, yang berarti sebuahmedium network harus membawa semua traffic untuk network. Karena alasankinerja, network biasanya disegmentasikan ke dalam domain broadcast yanglebih kecil bahkan lebih kecil dari Class C address.
 
 
C.
 
Konsep Subnetting
Subnetting adalah termasuk materi yang banyak keluar di ujianCCNA dengan berbagai variasi soal. Juga menjadi momok bagistudent atau instruktur yang sedang menyelesaikan kurikulumCCNA 1 program CNAP (Cisco Networking AcademyProgram). Untuk menjelaskan tentang subnetting, saya biasanyamenggunakan beberapa ilustrasi dan analogi yang sudah kitakenal di sekitar kita. Artikel ini sengaja saya tulis untuk rekan-rekan yang sedang belajar jaringan, yang mempersiapkan dirimengikuti ujian CCNA, dan yang sedang mengikuti pelatihanCCNA 1.Sebenarnya subnetting itu apa dan kenapa harus dilakukan? Pertanyaan ini bisa dijawab dengananalogi sebuah jalan. Jalan bernama Gatot Subroto terdiri dari beberapa rumah bernomor 01-08,dengan rumah nomor 08 adalah rumah Ketua RT yang memiliki tugas mengumumkan informasiapapun kepada seluruh rumah di wilayah Jl. Gatot Subroto.Ketika rumah di wilayah itu makin banyak, tentu kemungkinan menimbulkan keruwetan dankemacetan. Karena itulah kemudian diadakan pengaturan lagi, dibuat gang-gang, rumah yangmasuk ke gang diberi nomor rumah baru, masing-masing gang ada Ketua RTnya sendiri-sendiri.Sehingga ini akan memecahkan kemacetan, efiesiensi dan optimalisasi transportasi, serta setiapgang memiliki previledge sendiri-sendiri dalam mengelola wilayahnya. Jadilah gambar wilayahbaru seperti di bawah:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->