Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pasar Persaingan Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna

Ratings: (0)|Views: 12 |Likes:
Published by Putu Agus Nadiarta

More info:

Published by: Putu Agus Nadiarta on Oct 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/29/2013

pdf

text

original

 
PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna (perfect competition)
1.
 
Terdiri dari banyak penjual dan pembeliSifat ini menyebabkan prilaku penjual atau pembeli tidak dapat mempengaruhikeadaan pasar. Karena ia merupakan bagian kecil dari keseluruhan yang ada dipasar. Seorang penjual atau pembeli dikatakan sebagai price taker sehinggaharga di pasar bersifat dantum, artinya berapapun jumlah barang yang dijual dipasar harganya tetap. Harga pasar ditentukan dari bekerjanya mekanisme pasar,yaitu oleh interaksi antara seluruh penjual dan pembeli yang ada di pasar.2.
 
Adanya kebabasan untuk membuka dan menutup perusahaan (free entry andfree exit)Tidak ada hambatan yang menghalangi suatu perusahaan untuk memulai usahabaru bila dianggap menguntungkan dan menutup usahanya bila dianggapmerugikan.3.
 
Barang yang dijual biasanya homogenBarang yang dihasilkan merupakan barang pengganti yang sempurna terhadapbarang yang dihasilkan oleh produsen lain dalam semua segi. Homogenitasbarang yang dihasilkan ini ditentukan oleh4.
 
Penjual dan pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna tentang keadaanpasar.Penjual dan pembeli mempunyai pengetahuan tentang tingkat harga danperubahan
 – 
perubahan harga.adanya informasi yang lengkap tentang pasarmengakibatkan
 
Tidak ada penjual yang menjual lebih rendah dari harga pasar
 
Tidak ada pembeli yang membeli dengan harga yang lebih tinggidari harga pasar
 
 
Tidak ada sumber daya yang digunakan untuk berproduksi yangkurang menguntungkan daripada yang lain5.
 
Mobilitas sumber ekonomi yang cukup sempurnaFactor produksi dapat dipindahkan satu persatu ke tempat lain tampa adanyahambatan aapapun6.
 
Terdapat banyak perusaahan di pasarSifat inilah membuat perusahaan tidak bisa atau tidak mempunyai kekuasaanmengubah harga.
Permintaan dan hasil jualan
Dua hal yang harus diperhatikan :
 
Biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan
 
Hasil penjualan dari barang yang dihasilkan perusahaan ituSifat biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan adalah bersamaan, walaudalam struktur pasar manapun ia digolongkan. Dengan kata lain,apakah perusahaanitu berada dalam pasar persaingan sempurna,atau oligopoly,atau persainganmonopolistic.
Fungsi permintaan perusahaan
Apabila total penerimaan/totsl revenue (TR) merupakan perkalian antaraharga (P) dengan kuantitas output (Q),sedangkan harga itu sendiri bersifat tetappada pasar persaingan sempurna, maka TR yang diperoleh akan berbentuk garislurus yang terus meningkat tanpa adanya posisi yang maksimum. KatakanlahTR = P . Q
 
Berdasarkan rumus diatas maka terdapat beberapa konsep penting yang dapat dibangun, yaitu:1.
 
Penerimaan rata-rata/average revenue (AR)Yaitu penerimaan produsen per unit output yang di jual, diperoleh dari totalrevenue di bagi outputAR = TR / Q = PDengan demikian fungsi permintaan sama dengan penerimaan rata-rata atauAR = P2.
 
Marginal revenue (MR)Yaitu kenaikan dari TR yang di sebabkan oleh tambahan penjualan 1 unitoutput. Diperoleh dari turunan pertama TR dibagi turunan pertama QMR = dTR / dQ = PBerdasarkan 2 konsep penting di atas diperoleh hubungan yang special dalam pasarpersaingan sempurna antara MR, AR, P dan fungsi permintaan sebagai berikut:MR = AR = D = P
Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna
Pasar persaingan sempurna dari kebanyakan analisisnya dianggap pasar yang ideal karenamemiliki banyak kebaikan bila dibandingkan pasar lainnya. Berikut ini akan diuraikankebaikan dan keburuka pasar persaingan sempurna:
Kebaikan pasar persaingan sempurna
:Kebaikan utama pasar persaingan sempurna adalah perlombaan menuju tingkatanefisiensi penggunaan factor produksi lebih baik. Selajutnya akan di uraikan sebagaiberikut:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->