Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Perkembangan Islam Pada Masa Modern

Makalah Perkembangan Islam Pada Masa Modern

Ratings: (0)|Views: 725 |Likes:
BACA YA..
BACA YA..

More info:

Published by: Muhammad Mubarak Chadyka Putra on Oct 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/28/2013

pdf

text

original

 
 
 
BAB I
 
PEMBUKAA. Latar Belakang
 Saat ini diperkirakan terdapat antara 1.250 juta hingga 1,4 miliar umatMuslimyang tersebar di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut sekitar 18% hidup di negara-negaraArab,20% diAfrika,20% diAsia Tenggara,30% diAsia Selatan yakniPakistan,IndiadanBangladesh.Populasi Muslim terbesar dalam satu negara dapat dijumpai diIndonesia.Populasi Muslim juga dapat ditemukan dalam jumlah yang signifikandiRepublik Rakyat Cina,Amerika Serikat,Eropa,Asia Tengah,danRusia.  Pertumbuhan Muslim sendiri diyakini mencapai 2,9% per tahun, sementarapertumbuhan penduduk dunia hanya mencapai 2,3%. Besaran ini menjadikan Islam sebagaiagama dengan pertumbuhan pemeluk yang tergolong cepat di dunia. Beberapa pendapatmenghubungkan pertumbuhan ini dengan tingginya angka kelahiran di banyak negara Islam(enam dari sepuluh negara di dunia dengan angka kelahiran tertinggi di dunia adalah negaradengan mayoritas Muslim) . Namun belum lama ini, sebuah studi demografi telahmenyatakan bahwa angka kelahiran negara Muslim menurun hingga ke tingkat negara Barat.Periode modern dimulai pada tahun 1800 M hingga sekarang. Periode ini adalahzaman pengupayaan kebangkitan umat Islam dari kemunduran berpikir, berbudaya dan nilai-nilai. Atas dikuasainya Mesir oleh Prancis membuat umat Islam sadar bahwa selama inimereka telah mengalami kelemahan dan kemunduran.Peradaban Islam yang maju hanya sebagai sejarah masa lalu. Umat Islam terkejutbahwa dunia Barat memiliki peradaban modern yang lebih canggih. Karena hal ini, makaumat Islam dalam kondisi terancam. Kesadaran ini pun memunculkan keprihatinan parapemuka dan penguasa Islam. Mereka memikirkan bagaimana meningkatkan mutu dankekuatan umat Islam kembali. Maka dari itu, timbullah ide-ide pembaruan dalam Islam. Padatahun 1901 Inggris datang dan bertempur deengan Prancis. Prancis mengalami kekalahan.Tentara mereka meninggalkan Mesir pada tanggal 31 Agustus 1801.Pembaruan dalam Islam yang timbul pada periode sejarah Islam mempunyai tujuan,yakni membawa umat Islam pada kemajuan, baik dalam ilmupengetahuan maupun kebudayaan. Perkembangan Islam dalamsejarahnya mengalami kemajuan dan juga kemunduran. Bab ini akanmenguraikan perkembangan Islam pada masa pembaruan. Pada masa itu, Islammampu menjadi pemimpin peradaban. Mungkinkah Islam mampu kembali menjadipemimpin peradaban? Dalam bahasa Indonesia, untuk merujuk suatukemajuan selalu dipakai kata modern, modernisasi, atau modernisme. Masyarakatbarat menggunakan istilah modernisme tersebut untuk sesuatu yang mengandung arti pikiran,aliran atau paradigm baru. Istilah ini disesuaikan untuk suasana baru yangditimbulkan oleh kemajuan, baik oleh ilmu pengetahuan maupun teknologi.
 
BAB II
 
PEMBAHASANA.Perkembangan Ajaran Islam, Ilmu Pengetahuan, dan kebudayaan
 
1. Pada bidang Akidah
 Salah satu pelopor pembaruan dalam dunia Islam Arab adalah suatu aliran yangbernama Wahabiyah yang sangat berpengaruh di abad ke-19. Pelopornya adalah MuhammadAbdul Wahab (1703-1787 M) yang berasal dari nejed, Saudi Arabia. Pemikiran yangdikemukakan oleh Muhammada Abdul Wahab adalah upaya memperbaiki kedudukan umatIslam dan merupakan reaksi terhadap paham tauhid yang terdapat di kalangan umat Islamsaat itu. Paham tauhid mereka telah bercampur aduk oleh ajaran-ajaran tarikat yang sejak abad ke-13 tersebar luas di dunia Islam.Disetiap negara Islam yang dikunjunginya, Muhammad Abdul Wahab melihatmakam-makam syekh tarikat yang bertebaran. Setiap kota bahkan desa-desa mempunyaimakam sekh atau walinya masing-masing. Ke makam-makam itulah uamt Islam pergi danmeminta pertolongan dari syekh atau wali yang dimakamkan disana untuk menyelesaikanmasalah kehidupan mereka sehari-hari. Ada yang meminta diberi anak, jodoh disembuhkandari penyakit, dan ada pula yang minta diberi kekayaan. Syekh atau wali yang telahmeninggal. Syekh atau wali yang telah meninggal dunia itu dipandang sebagai orang yangberkuasa untuk meyelesaikan segala macam persoalan yang dihadapi manusia di dunia ini.Perbuatan ini menurut pajam Wahabiah termasuk syirik karena permohonan dan doa tidak lagi dipanjatkan kepada Allah SWTMasalah tauhid memang merupakan ajaran yang paling dasar dalam Islam . olehkarena itu, tidak mengherankan apabila Muhammad Abdul Wahab memusatkan perhatiannyapada persoalan ini. Ia memiliki pokok-pokok pemikiran sebagai berikut.1.
 
Yang harus disembah hanyalah Allah SWT dan orang yang menyembah selaindari Nya telah dinyatakan sebagai musyrik 2.
 
Kebanyakan orang Islam bukan lagi penganut paham tauhid yang sebenarnyakarena mereka meminta pertolongan bukan kepada Allah, melainkan kepadasyekh, wali atau kekuatan gaib. Orang Islam yang berperilaku demikian jugadinyatakan sebagai musyrik 3.
 
Menyebut nama nabi, syekh atau malaikat sebagai pengantar dalam doa jugadikatakan sebagai syirik 4.
 
Meminta syafaat selain kepada Allah juga perbuatan syrik 5.
 
Bernazar kepada selain Allah juga merupakan sirik 6.
 
Memperoleh pengetahuan selain dari Al Qur’an, had
is, dan qiyas merupakankekufuran7.
 
Tidak percaya kepada Qada dan Qadar Allah merupakan kekufuran.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Saidul Ikhwan liked this
Win Narsih liked this
Putradi Triroe liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->