Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RKS 2012 (1)

RKS 2012 (1)

Ratings: (0)|Views: 259 |Likes:
Published by Elang Hitam
Rencana Kerja Sekolah, Rencana Kerja jangka pendek dan menengah
Rencana Kerja Sekolah, Rencana Kerja jangka pendek dan menengah

More info:

Published by: Elang Hitam on Oct 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/17/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
I.Latar Belakang
Dalam Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003, tentang SistemPendidikan Nasional Bab II Pasal 3 dijelaskan fungsi dan tujuan pendidikan nasional,yaitu : “ Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentukwatak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupanbangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusiayang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab”.Agar tujuan pendidikan di SMP Negeri 2 Doko dapat tercapai maka diperlukan suatuperencanaan yang mantap, hal ini dituangkan dalam bentuk Rencana Kegiatan danAnggaran Sekolah (RKAS) sehingga mencapai sasaran yang tepat, terarah sertapelaksanaannya terkoordinir.
II.Dasar Hukum
1.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional.2.Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.3.Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang standar Isi, No.23 Tahun 2006 tentangstandar Kompetensi Lulusan dan No.24 Tahun 2006 tentang pelaksanaanPermendiknas no 22 dan 23 tersebut.
4.
Permendiknas No. 41 tahun 2007 tentang standar proses.5.Permendiknas No. 19 tahun 2007 tentang standar pengelolaan oleh satuanpendidikan dasar dan menengah.6.Permendiknas No. 20 tahun 2007 tentang standar penilaian.7.Permendiknas No. 24 tahun 2007 tentang standar sarana prasarana.
8.
Permendiknas No. 69 tahun 2009 tentang standar pembiayaan.
III.
Tujuan Penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah
1.Mengetahui semua potensi sekolah yang ada agar dapat diolah dan dikembangkandengan tepat sasaran.
2.
Sebagai pedoman operasional dalam mengelola sekolah baik jangka pendek-menengah maupun jangka panjang.
 
RKS - RKAS SMP NEGERI 2 DOKO 2012/2013
- 1 -
 
3.Sebagai barometer keberhasilan atau ketidakberhasilan dalam mengelola sekolah.4.Mengetahui permasalahan yang timbul di sekolah yang menjadi hambatan,tantangan ancaman dan gangguan pengembangan sekolah serta alternatif-alternatif solusi masalah tersebut.
5.
Mengetahui sumber daya dan sumber dana serta sumber belajar yang dapatdimanfaatkan untuk mendukung kelancaran pengelolaan dan pengembangansekolah.6.Sebagai rambu-rambu dan kendali agar pengelola sekolah tidak menyimpang dariketentuan yang berlaku.7.Agar memiliki pedoman yang jelas, sehingga memudahkan pengelola sekolahuntuk melakukan aktivitasnya dan mengambil kebijakan yang diperlukan.
IV.Alur Penyusunan RKS
Alur yang dilakukan pada penyusunan RKS SMP Negeri 2 Doko adalah sebagaiberikut.Yang
BAB II
 
RKS - RKAS SMP NEGERI 2 DOKO 2012/2013
- 2 -
 
PERSIAPAN :
Pembentukan TimPengembangSekolah (TPS)Pembekalan/Orientasi TPS
PENYUSUNAN RKS :
Analisis LingkunganStrategis SekolahAnalisis KondisiPendidikan SekolahSaat iniAnalisis KondisiPendidikan Sekolahyang akan datangAnalisis KesenjanganMenyusun ProgramKegiatan.Menyusun RencanaAnggaran SekolahMenyusun RKT dan RKAS.
PENGESAHAN RKS :
Pengesahan oleh rapatdewan pendidikPengesahan oleh pihakberwenangSosialisasi kepadapemangkukepentingan
 
ANALISIS KONDISI SEKOLAH
A.ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS1. Analisis Kondisi Sosial Ekonomi
Setiap warga Negara Indonesia berhak mendapatkan pengajaran, hal ini sesuaidengan amanat UUD 1945 pasal 31. Secara hukum maka setiap warga NegaraIndonesia harus memperoleh pengajaran yang layak. Selain itu pada UU No. 20 tahun2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa tujuan pendidikannasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusiayang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis sertabertanggungjawab. Di dalam Bab IV UU No. 20 tahun 2003 secara tegas disebutkanbahwa tanggung jawab pendidikan terletak pada pemerintah, masyarakat dan orangtua.Untuk mewujudkan cita-cita dalam bidang pendidikan tersebut maka pemerintahmenetapkan PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.Kenyataan yang dapat kita lihat sekarang bahwa Indonesia memiliki letak geografisyang amat luas, yang terdiri dari lautan dan daratan dengan jumlah pulau kuranglebih 13 ribu. Hal itu masih ditambah dengan jumlah penduduk yang berjumlah 220juta lebih, yang juga penyebaran penduduknya tidak merata. Tentu hal ini akansangat mempengaruhi kondisi kemajuan pendidikan itu sendiri.Lingkungan strategis lain yang turut berpengaruh kepada pendidikan adalahkemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dunia global yang terus merasukimasyarakat Indonesia. Dengan menggunakan kemajuan dalam bidang IPTEK misalnyainternet kita dapat mengakses segala informasi dunia global tanpa batas, dengancepat dan tepat. Perkembangan informasi apa saja, dimana saja dan kapan sajadibelahan dunia ini dapat dengan cepat diikuti oleh masyarakat di belahan duniayang lain. Dengan kata lain dunia sekarang ini sudah seperti tanpa batas.Kondisi sosial dan ekonomi juga turut mempengaruhi perkembangan duniapendidikan. Kondisi sosial masyarakat yang aman, tenteram, dan kondusif sangatberpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan. Peningkatan bidang ekonomimasyarakat akan berpengaruh positif bagi kemajuan bidang pendidikan. Pertumbuhanekonomi masyarakat yang teratur akan mempercepat kemajuan dalam bidang
RKS - RKAS SMP NEGERI 2 DOKO 2012/2013
- 3 -

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
yusupd liked this
Wayan Sudiarta liked this
Furi Puspitasari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->