Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Contoh Surat Perjanjian Penerbitan

Contoh Surat Perjanjian Penerbitan

Ratings: (0)|Views: 53|Likes:
Published by Jonru Ginting Dua

More info:

Published by: Jonru Ginting Dua on Oct 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/23/2013

pdf

text

original

 
SURAT PERJANJIAN PENERBITAN
NOMOR: KDN - <NOMOR>
Yang bertanda tangan di bawah ini:I.
Nama : <NAMA>Alamat : <ALAMAT1><ALAMAT2><ALAMAT3>
<KOTA>
<KODEPOS>
dalam hal ini bertindak untuk diri sendiri dan selanjutnya disebut Pengarang.II.
ABC
, partikelir, bertempat di Jakarta, Jl. .... dalam hal ini bertindak dalam jabatannya selaku .... dari dan oleh karena itu untuk dan atas nama serta sahmewakili perseroan terbatas PT ...., berkedudukan di Jakarta, selanjutnya disebutPenerbit.Pengarang dan Penerbit dengan ini menerangkan membuat perjanjian penerbitan(untuk selanjutnya disebut perjanjian) dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
Pasal 1
1. Pengarang dalam kedudukannya selaku penulis karya yang berjudul:
<JUDUL1><JUDUL2><JUDUL3>
dengan ini menyerahkan kepada Penerbit naskah tersebut yang telah berupa file yangdiketik dengan format komputer dengan jelas serta ditandatangani oleh Pengarang,dengan catatan bahwa naskah yang telah diserahkan dan telah diterbitkan oleh penerbittidak dapat diambil kembali dan menjadi hak penerbit namun hak cipta tetap ada padaPengarang.
Paraf Pengarang:Paraf Penerbit:
 
2. Pengarang menyerahkan kepada Penerbit hak untuk menerbitkan naskah tersebut,hak untuk menerbitkan ke dalam bahasa lain dan untuk menerbitkan terjemahannaskah itu sendiri atau menyuruh pihak lain untuk melaksanakannya.
Pasal 2
1. Pengarang menjamin bahwa ia tidak menyerahkan naskah tersebut kepada pihak lain untuk diterbitkan atau diterjemahkan.2. Pengarang menjamin bahwa karyanya tersebut tidak mengandung sesuatu yangmelanggar hak cipta pihak lain.3. Pengarang menjamin bahwa naskah tersebut tidak mengandung sesuatu yangdapat dianggap sebagai penghinaan, pelecehan, fitnahan terhadap pihak lain ataumelanggar kesusilaan, kesopanan, dan ketertiban umum.4. Pengarang membebaskan Penerbit dari segala tuntutan pihak ketiga berdasarkanhal-hal yang dijaminnya dalam ketiga ayat tersebut di muka ini.5. a. Pengarang tidak diperkenankan membuat dan/atau menyuruh orang lainmembuat karangan lain yang judul dan/atau isinya dapat merugikanPenerbit dalam penjualan naskah tersebut.b. Pengarang tidak diperkenankan menerbitkan dan/atau menyuruh orang/pihak lain menerbitkan atau membantu usaha orang/pihak lain untuk menerbitkankarya yang judul dan/atau isinya sama atau hampir sama dengan naskah yangdimaksud dalam Pasal 1.
Pasal 3
Penerbit mengikat diri untuk atas biaya dan risikonya sendiri menerbitkan naskahtersebut selambat-lambatnya <BULAN> sejak penandatanganan surat perjanjian ini,kecuali terhalang oleh sebab/keadaan darurat yang tidak dapat dikuasainya (
 forcemajeur 
).
Pasal 4
 
1. Pengarang tidak diperkenankan melakukan perubahan-perubahan atas naskahnyayang sudah diset di percetakan sehingga mengakibatkan pihak percetakanmembebankan biaya tambahan.2. Dalam hal ketentuan Ayat 1 terjadi, biaya tambahan tersebut menjadi tanggunganPengarang.3. Bila diperlukan, Pengarang mengikat dirinya untuk atas permintaan Penerbitmemeriksa dan membetulkan cobaan-cetak naskahnya, selambat-lambatnya limabelas hari setelah menerimanya, dengan ketentuan, tata kerja dan waktu yangditetapkan Penerbit dan selanjutnya memberikan fiat untuk pencetakannya. ApabilaPenerbit belum menerima kembali naskah tersebut dalam jangka waktu lima belashari, Pengarang sepakat bahwa naskah tersebut akan dicetak dengan pembetulanoleh editor yang menanganinya tanpa gangguan dan/atau gugatan/tuntutan dariPengarang.
Paraf Pengarang:
 
Paraf Penerbit:
Pasal 5
1. Dalam menerbitkan naskah tersebut menjadi buku, Penerbit berhak menentukanbentuk buku, sampul buku, tata-letak, tipografi, desain cover, serta harga jualnya.2. Penerbit akan menerbitkan naskah tersebut minimal sebanyak: <OPLAG>(<BILANG>) eksemplar.3. Penerbit berhak mencetak eksemplar tambahan maksimal sebanyak 5% (limapersen) dari jumlah yang telah ditentukan pada Ayat 2 di atas untuk keperluanpromosi penjualan, seperti nomor bukti penerbitan, nomor contoh, hadiah untuk pengarang, pengiriman untuk resensi, penggantian buku yang rusak atau hilang.Atas cetakan tambahan ini Penerbit tidak memberikan royalti kepada Pengarang.
Pasal 6
1.Penerbit memberikan royalti kepada Pengarang sebanyak 
10%
(sepuluh persen)dari harga buku atas jumlah buku yang terjual. Harga yang dimaksud dalamperjanjian ini ialah harga sebelum ditambah pajak pertambahan nilai (PPN)sebesar 10% (sepuluh persen).2. Pada saat buku terbit, Penerbit membayarkan kepada Pengarang uang mukasebesar
25% (dua puluh lima persen)
dari seluruh royalti yang harusdibayarkan.3. Sebagai wajib pungut, Penerbit akan memungut Pajak Penghasilan atas royalti(PPh. Ps. 23) sebesar 15% (lima belas persen) dari royalti yang dibayarkankepada Pengarang. Untuk itu Pengarang memberi kuasa kepada Penerbit untuk memotong langsung pungutan tersebut dari penerimaan royalti, untuk selanjutnyamenyetorkannya ke Kas Negara.4. Penerbit berkewajiban menyerahkan bukti setor atas potongan PPH pasal 23kepada Pengarang.5. Selanjutnya pembayaran sisa royalti dilakukan menurut jumlah buku yangterjual, dengan memperhitungkan uang muka tersebut.6. Pembayaran sisa royalti ini akan dilakukan secara berkala, yaitu setiap bulanJanuari dan Juli, sesuai sisa buku yang terjual.
Pasal 7
1. Sebagai bukti penerbitan, Penerbit akan memberikan kepada Pengarang 6(enam) buku tersebut dari cetakan pertama dan 2 (dua) buku tersebut dari cetak ulang.2. Apabila Pengarang berminat membeli bukunya sendiri, Pengarang berhak mendapat rabat minimal sebesar 20% (dua puluh persen) dari harga buku setelahditambah PPN 10%.3. Peraturan rabat ini hanya berlaku untuk pembelian langsung lewat Penerbit.
Paraf Pengarang:Paraf Penerbit:

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->