Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan PKL Multimedia

Laporan PKL Multimedia

Ratings: (0)|Views: 5,991|Likes:
Published by fauziah_indra

More info:

Published by: fauziah_indra on Oct 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/04/2013

pdf

text

original

 
Page | 1
BAB IPENDAHULUAN
1.1
 
Latar Belakang
Dewasa ini peranan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) merupakan alternatif yangsangat dibutuhkan untuk mengatasi segala kemungkinan. Dengan perkembangan IlmuPengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang semakin pesat dan didukung olehmeningkatnya kebutuhan manusia akan informasi yang cepat, tepat dan akuratmengharuskan kita untuk membuka diri terhadap perubahan-perubahan yang ada.Sehingga apa yang telah menjadi program kerja dapat terselesaikan sesuai dengan targetyang direncanakan. Apabila dalam memasuki era globalisasi ini, setiap orang dituntutuntuk dapat profesional dalam bidangnya, jika tidak ingin kalah dalam persaingan.Teknologi yang sedang berkembang pada saat ini ialah Komputerisasi, yang mempunyaiperanan yang sangat besar bagi manusia di segala bidang dan pekerjaan yang memerlukanefektifitas dan kreatifitas. Perkembangan Teknologi dunia komputer dewasa ini telahberubah dari aspek kegiatan sederhana menjadi lebih modern, efektif dan cepat. Untuk itumahasiawa/i sebagai calon tenaga kerja dituntut untuk membekali diri denganketerampilan dan keahlian serta kebutuhan pasar.Dalam rangka menjawab tantangan perkembangan modern tersebut, Universitas SumateraUtara sebagai lembaga pendidikan memprioritaskan sistem pendidikannya kepadaprofesionalisme, berusaha untuk menjadi tenaga kerja yang memiliki keterampilan dankeahlian. Dengan kata lain Universitas Sumatera Utara (USU) memiliki peranan yangcukup penting untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.Untuk memenuhi tuntunan dunia pekerjaan tesebut, diwajibkan bagi mahasiswa/i untuk melaksanakan Kerja Praktek guna menambah ilmu pengetahuan yang dimiliki selama dibangku perkuliahan dan juga untuk dapat mengenal dunia kerja yang sesungguhnyadengan harapan meningkatkan keahlian kerja dimana orientasi praktek disesuaikandengan jurusan masing-masing.
 
Page | 2Praktek Kerja Lapangan (PKL) ialah suatu metode operasional diman perananmahasiswa/i dibina secara langsung agar dapat menyesuaikan diri dengan kondisipekerjaan disuatu perusaan sambil menerapkan ilmu pengetahuan yang telah diterimaselama mengikuti perkuliahan di kampus. Melalui Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini,dapat diketahiu apakah teori yang diterima selama perkuliahan sama dengan situasi kerjayang sesungguhya. Oleh sebab itu, Praktek Kerja Lapangan (PKL) bukanlah semata-matasebagai syarat dalam menyelesaikan studi, tetapi ha rus dimanfaatkan sebaik mungkin.Praktek Kerja Lapangan (PKL) juga merupakan penempatan mahsiswa/i pada lingkunganpekerjaan yang mengembangkan keterampilan, etika kerja, displin, dan tanggung jawabbekerja yang dapat diandalkan. Sehingga kerja sama dengan dunia kerja sangatdiharapkan demi kelancaran tersedianya tempay Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagimahasiswa/i.
1.2
 
Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Umumnya Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah sangat penting karenadalam kegiatan atau paannya mahasiswa/i dituntut untuk menerapkan dan mempraktekanilmu teori yang didapat di bangku perkuliahan .Adapun yang menjadi tujuan dari Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah sebagai berikut :1.
 
Menambah keterampilan dan pengetahuan2.
 
Menerapkan ilmu yang telah diterima selama perkuliahan.3.
 
Mempersiapakan diri apabila nanti setalah memasuki dunia kerja mahasiwa/i tidak merasa asing terhadap displin ilmu yang dipelajari.4.
 
Meningkatkan kedisplinan karena dengan Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswaharus mematuhi peraturan diperusahaan.5.
 
Mahasiswa/i mengetahiu situasi dan kondisi kerja yang sebenarnya diperusahaan.6.
 
Kemungkinan adanya kesempatan untuk dapat diterima diperusahaan ditempatPraktek Kerja Lapangan (PKL).7.
 
Meningkatkan hubungan kerja sama antara lembaga pendidikan dengan dunia usaha.8.
 
Menumbuhkan dan mengembangkan sikap yang profesional.
 
Page | 3
1.3
 
Metode Pengumpulan Data
Dalam menuliskan laporan ini, sangat diperlukan data atau keterangan yang menunjangkelengkapan isi dari laporan ini. Data-data diperoleh dengan cara :1.
 
Wawancara atau InterviewMelalui wawancara atau interview yaitu dengan mengadakan pengamatan dengancara tanya jawab langsung dengan staf-staf/pegawai dari Telkom Network RegionalFullfillment Centre (RFC) Divisi Infratel Sumbagut.2.
 
ObservasiMencari, mengkompulir, dan akurasi data manual log book dengan CSS sehinggasingkron dengan kondisi lapangan. Penulis peroleh dari Telkom Network RegionalFullfillment Centre (RFC) Divisi Infratel Sumbagut tempat melaksanakan kegiatanPraktek Kerja Lapangan (PKL) serta buku-buku panduan lainnya.
1.4
 
Metode Pelaksanaan Kerja Praktek
Dalam rangka melaksanakan Kerja Praktek, dilakukan kegiatan yang meliputi:1.
 
Tahap PersiapanYaitu mempersiapkan hal-hal yang perlu untuk kegiatan penelitian seperti pengenalanperusahaan, membuat permohonan Kerja Praktek, konsultasi pada jurusan, konsultasidengan koordinator Kerja Praktek dan membuat proposal.2.
 
Study LiteraturMempelajari buku-buku yang berhubungan dengan masalah yang dihadapidilapangan.3.
 
SurveyYaitu mengadakan peninjauan langsung ke lapangan yang berhubungan dengan tugas/ Kegiatan Praktek dan menyusunnya dalam bentuk laporan.4.
 
BIT ( Built In Training)Yaitu metode pelatihan dengan mendengarkan kuliah singkat yang dibimbing olehstaff/ teknisi dari perusahaan tentang jenis-jenis layanan Telkom Network RegionalFullfillment Centre (RFC) Divisi Infratel Sumbagut serta cara kerja perangkat jaringan.5.
 
Praktek Lapangan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->