Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Probabilitas Statistik

Probabilitas Statistik

Ratings: (0)|Views: 449 |Likes:
Published by Fajar Khair Tsabit

More info:

Published by: Fajar Khair Tsabit on Oct 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/17/2013

pdf

text

original

 
 
PROBABILITAS STATISTIK
 
Fajar Juniarto2009420010
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA
 
2011
 
 
PERTEMUAN 1
BERKENALAN DENGAN STATISTIK
Tujuan Belajar
Setelah mempelajari bab ini, Anda diharapkan mampu:- Menjelaskan arti dari data, statistic dan statistika,- Menjelaskan syarat-syarat data yang baik dan jenis-jenis data,- Menguraikan peranan statistic dalam kehidupan sehari-hari.
I.1. Arti dan Kegunaan Data
Menurut Webster’s New World Dictionary, data berarti sesuatu yang diketahuiatau dianggap. Dengan demikian data dapat memberikan gambaran tentang sesuatukeadaan atau persoalan. Data tentang sesuatu pada umumnya dikaitkan dengan tempatdan waktu. Misalnya, harga beras yang bermutu sedang di pasar Senen Jakarta, padatanggal 2 Januari 1999 adalah Rp. 450,- per-kg. Penyebutan tempat dan waktu inisangat penting, sebab selain data itu (harga beras per-kg) akan berubah-ubah dariwaktu ke waktu, data juga berbeda-beda menurut tempat.Sesuatu yang dianggap juga merupakan data walaupun data seperti itu belumtentu benar, sebab masih merupakan sesuatu yang perlu diuji terlebih dahulu. Didalampraktek banyak sekali anggapan atau asumsi yang dipergunakan sebagai dasarpembuatan keputusan. Misalnya, karena pemerintah menganggap persediaan berascukup (hasil produksi padi meningkat), maka diputuskan untuk tidak mengimpor beras.Oleh karena suatu anggapan (pendapat atau asumsi) belum tentu benar, maka apabiladipergunakan sebagai dasar pembuatan keputusan, dan keputusan tersebut bisa sajasalah. Oleh karena itu, anggapan yang masih merupakan hipotesis harus diuji terlebihdahulu.Kegunaan data pada dasarnya adalah untuk membuat keputusan oleh parapembuat keputusan. Data dapat berguna, bila dikaitkan dengan masalah manajemen,yaitu sebagai :a. Dasar suatu perencanaan agar perencanaan sesuai dengan kemampuan yang adasehingga dapat dicegah perencanaan yang ambisius dan susah dilaksanakan.Kemampuan yang dimaksud ialah kemampuan personil, kemampuan pembiayaan(keuangan), serta kemampuan material.
 
b. Alat pengendalian terhadap pelaksanaan atau implementasi perencanaan tersebut,agar bisa diketahui dengan segera kesalahan atau penyimpangan yang terjadi,sehingga dapat segera dilakukan perbaikan atau koreksi.
c.
Dasar evaluasi hasil kerja akhir. Apakah hasil kerja yang telah ditargetkan bisadicapai 100%, 90% atau kurang dari itu? Kalau target tidak tercapai, faktor-faktorapa yang menyebabkannya? Untuk ini semua diperlukan data.
 
Kebutuhan Terhadap Statistik
Bagaimanapun juga, merupakan suatu fakta bahwa anda membutuhkan statistikuntuk membantu anda dalam:
a. Menjabarkan dan memahami suatu hubungan antar variabel 
Jumlah data kuantitaif yang dikumpulkan, diolah, dan disajikan kepada umum olehpara pengambil keputusan dalam suatu organisasi untuk tujuan tertentu, telahmeningkat dengan sangat cepat. Karena itu diperlukan suatu kemampuan untukmenyaring jumlah yang begitu besar agar kita dapat mengidentifikasi danmenjabarkan hubungan antar variabel, yang kadang-kadang terselubung, tetapiseringkali sangat penting dalam pengambilan keputusan.Contoh: seorang wiraswasta, dengan mengumpulkan data pendapatan dan biaya,dapat membandingkan hasil pengembalian atau investasi (return on investment)dalam suatu periode dengan data dari periode-periode sebelumnya.
b. Merupakan alat bantu dalam mengambil keputusan 
Seorang administrator dapat menggunakan statistik sebagai alat bantu untukmenghasilkan keputusan yang lebih baik dalam ketidakpastian.Contoh: Misalkan, anda adalah seorang manajer pembelian dari suatu pabrikpengolahan makanan besar yang mengemas ayam goreng beku. Anda bertanggung jawab atas pembelian 100.000 ekor ayam potong yang sudah dihilangkan bulunya.Standar yang ditentukan menyebutkan bahwa berat rata-rata ayam dalam suatupengiriman harus 1kg (ayam yang melebihi berat tersebut cenderung liat; ayam yanglebih ringan terlalu kurus). Truk pemasok akan dibongkar asalkan standar berat dankualitasnya dipenuhi. Tenaga penjual pemasok meyakinkan anda bahwa barangnyaakan memenuhi standar anda. Apakah anda akan menerima muatan dalam trukberdasarkan pernyataan tadi? Mungkin sekali tidak, tetapi anda dapat menggunakanteknik inferensi statistik untuk memlilih sample yang tepat, katakan per 100 ekor daripopulasi sebanyak 100.000 ekor ayam. Kemudian anda dapat menimbang setiap

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->