Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
55Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Nambah Ilmu Tentang Konsep Kinerja

Nambah Ilmu Tentang Konsep Kinerja

Ratings:

4.77

(53)
|Views: 8,346 |Likes:
Published by sutopo patriajati
Konsep dasar bagaimana kinerja dapat dinilai dan diperbaiki serta berbagai faktor yang mungkin mempengaruhinya, silahkan anda download di
http://www.ziddu.com/download/3789540/PEMAHAMAN_TEORI_DASAR_KINERJA.pdf.html
Konsep dasar bagaimana kinerja dapat dinilai dan diperbaiki serta berbagai faktor yang mungkin mempengaruhinya, silahkan anda download di
http://www.ziddu.com/download/3789540/PEMAHAMAN_TEORI_DASAR_KINERJA.pdf.html

More info:

Published by: sutopo patriajati on Jan 20, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

01/09/2013

 
PEMAHAMAN DASAR TENTANG KINERJA
*)
A. Kinerja
1. Pengertian KinerjaKinerja adalah hasil yang dicapai oleh seseorang atau sekelompok orangdalam organisasi dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing dalamrangka mencapai tujuan organisasi bersangkutan secara legal, tidak melanggar hukum dan sesuai dengan moral dan etika.
(1)
Kinerja juga dapat diartikansebagai suatu kemampuan kerja, prestasi yang diperlihatkan atau yang dicapaidalam melaksanakan suatu fungsi pekerjaan dalam suatu periode tertentu.
(2)
Sedangkan F.C Gomes memberikan pengertian kinerja adalah catatan outcomeyang diberikan dari fungsi suatu pekerjaan tertentu atau kegiatan selama satuperiode tertentu.
(3)
2. Pengertian Penilaian KinerjaPenilaian kinerja adalah proses penilaian hasil karya personel dalamorganisasi melalui instrumen penilaian kinerja. Pada hakekatnya penilaian kinerjamerupakan suatu evaluasi terhadap kinerja personel denganmembandingkannya dengan urutan yang ada. Penilaian kinerja merupakanproses yang berkelanjutan untuk menilai kualitas kerja personel dalam usahamenampilkan kerja personel dalam organisasi.Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja adalah :
(1)
1)Pengamatan, merupakan proses menilai dan melihat perilaku yangditentukan oleh sistem pekerjaan.2)Ukuran yang dipakai untuk mengukur prestasi kerja seorang personeldibandingkan dengan uraian pekerjaan yang telah ditetapkan oleh personeltersebut.3)Pengembangan yang bertujuan untuk memotivasi personel mengatasikekurangannya dan mendorong yang bersangkutan untuk mengembangkankemampuan dan potensi yang dimilikinya.Definisi lain dari penilaian kinerja adalah proses dimana organisasimengevaluasi prestasi kerja karyawan. Kegiatan ini dapat memperbaikikeputusan-keputusan personalia dan memberikan umpan balik kepada parakaryawan tentang pelaksanaan kerjanya.
(4)
3. Tujuan Penilaian Kinerja
*
)
Sutopo Patria Jati
1
 
Penilaian kinerja pada dasarnya mempunyai dua tujuan, yaitu :
(1)
1)Penilaian kemampuan personal merupakan tujuan yang mendasar dalamrangka penilaian personel secara individu yang dapat digunakan sebagaiinformasi untuk penilaian efektivitas manajemen sumber daya manusia.2)Pengembangan personal sebagai informasi untuk pengambilan keputusandalam pengembangan personel, dimana secara spesifik bertujuan antara lainuntuk :2.1)Mengenali sumber daya manusia yang perlu dilakukan pembinaan.2.2)Menentukan kriteria tingkat pemberian kompensasi2.3)Memperoleh kualitas pelaksanaan pekerjaan.2.4)Bahan perencanaan manajemen program sumber daya manusia yangakan datang2.5)Memperoleh umpan balik atas hasil prestasi personelSedangkan menurut F.C Gomes, tujuan penilaian kinerja secara umumdapat dibedakan atas dua macam, yaitu:
(3)
1)
Untuk mereward kinerja sebelumnya (
to reward past performance
)
2)
Untuk memotivasi perbaikan performansi pada waktu yang akan datang (
tomotivate future performance improvement 
)4. Manfaat Penilaian KinerjaHandoko menyatakan ada beberapa pemanfaatan penilaian kinerja,adapun manfaat dari penilaian kinerja tersebut adalah sebagai berikut :
(5)
1)Perbaikan prestasi kerja ; umpan balik pelaksanaan kerja memungkinkankaryawan dan manajer dapat memperbaiki kegiatan-kegiatan mereka demikebaikan prestasi kerja.2)Kesempatan kerja yang adil ; penilaian prestasi kerja yang akurat akanmenjamin keputusan-keputusan penempatan diambil tanpa diskriminasi.3)Kesalahan-kesalahan desain pekerjaan ; prestasi kerja yang jelek mungkinmerupakan suatu tanda kesalahan dalam desain pekerjaan.4)Ketidakakuratan informasi ; prestasi kerja yang jelek memungkinkankesalahan-kesalahan dalam informasi, misalnya analisis jabatan, rencanasumber daya manusia atau komponen sistem informasi manajemenpersonalia.
2
 
5)Kebutuhan-kebutuhan latihan dan pengembangan ; prestasi kerja yang jelekmungkin menunjukkan kebutuhan latihan. Demikian juga prestasi kerja yangbaik mungkin mencerminkan potensi yang harus dikembangkan.6)Perencanaan dan pengembangan karier ; umpan balik prestasi kerja seorangkaryawan dapat mengarahkan keputusan-keputusan karier, yakni tentang jalur karier tertentu yang harus diteliti.7)Penyimpangan-penyimpangan proses staffing ; prestasi kerja yang baik atau jelek mencerminkan kekuatan atau kesalahan prosedur staffing.8)Penyesuaian kompensasi ; Evaluasi prestasi kerja membantu parapengambil keputusan dalam menentukan kenaikan upah, pemberian bonusdan segala bentuk kompensasi lainnya.9)Tantangan-tantangan eksternal ; terkadang prestasi kerja dipengaruhi olehfaktor-faktor dari luar seperti keluarga, kesehatan, kondisi finansial ataumasalah pribadi lainnya.10)Keputusan-keputusan penempatan ; promosi, demosi, transfer biasanyadidasarkan pada prestasi kerja masa lalu. Promosi sering merupakan bentukpenghargaan terhadap prestasi kerja masa lalu.Menurut Depkes RI, manfaat penelitian kinerja adalah :
(6)
1)Bagi pegawai yang dinilaia.Merupakan umpan balik hasil kerjanya, sehingga pegawai yang dinilaitermotivasi untuk meningkatkan prestasinya.b.Meningkatkan disiplinc.Memperoleh kesempatan untuk mendapatkan penghargaan atas prestasidari hasil penilaian yang objektif d.Memperoleh kesempatan untuk mengembangkan diri melalui pelatihan,pendidikan maupun promosi.2)Bagi penyelia/atasan langsunga.Dapat memberikan penilaian yang objektif b.Dapat mengetahui kelemahan bawahan serta upaya untuk mengatasinyac.Pembinaan terhadap bawahan dapat lebih intensif melalui konsultasisecara periodikd.Dapat menghilangkan secara riil kebutuhan tenaga pada unit kerjanya.e.Dapat memicu pencapaian hasil kerja masing-masing
3

Activity (55)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Friska Manik liked this
Ikram Id Rush liked this
Rachmawati Gafur liked this
Yandra Helira liked this
Nurul Khasyiah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->