Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Informasi Geografis

Sistem Informasi Geografis

Ratings: (0)|Views: 15 |Likes:
Published by alfhiey

More info:

Published by: alfhiey on Oct 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/01/2013

pdf

text

original

 
 
BBaabb1177 SSiisstteemmIInnffoorrmmaassiiGGeeoorraaffiiss 
17.1 Pendahuluan
Sistem informasi geografis atau SIG merupakan suatu sistem berbasiskomputer yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan,menggabungkan, mengatur mentransformasikan yang dimaksudadalah data sparsial yang ciri-cirinya adalah:1.
 
Memiliki geometri properti seperti koordinat dan lokasi.2.
 
Terkait dengan aspek ruang seperti, kota, kawasan,pembangunan.3.
 
Berhubungan dengan semua fenomena yang terdapat di bumi,misalnya data, kejadian, gejala atau objek.4.
 
Dipakai untuk maksud-maksud tertentu, misalnya analisispemantauan ataupun pengolahan.
17.2 Pengertian Informasi Geografis
Istilah SIG merupakan gabungan dari tiga unsur pokok: sistem,informasi, dan geografis. Dengan demikian pengertian terhadap ketigaunsur-unsur pokok ini akan sangat membantu dalam memahami SIG.Istilah ”geografis” merupakan merupakan bagian dari spasial. Keduaistilah ini sering digunakan secara bergantian dan tertukar hinggatimbul istilah dalam konteks SIG. Penggunaan kata ”geografis”mengandung pengertian suatu persoalan mengenai bumi: permukaandua atau tiga dimensi.
 
448 Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
Istilah ”informasi geografis” mengenai tempat-tempat yangterletak dipermukaan bumi, pengetahuan mengenai posisi dimanasuatu objek terletak dipermukaan bumi dan informasi mengenaiketerangan-keterangan atribut yang terdapat dipermukaan bumi.Objek-objek dan fenomena-fenomena dimana lokasi geografis ituberada penting dianalisis demi pengambilan keputusan atau demikepentingan-kepentingan tertentu. Adapun proses-proses dalam SIGadalah, input, manajemen data, analisis dan manipulasi, output.Sarana terpenting dalam SIG adalah basisdata yang terpadutanpa penggunaan data secara bersama atau yang dikenal denganistilah berbagi pakai data, maka penyajian hasil analisis yang optimaltidak akan terjamin.
17.3 Perkembangan Perangkat SIG
Masih banyak pihak-pihak yang mengembangkan perangkat SIGhingga saat ini. Apalagi jumlah dan variasi dari produk-produknya.Disini hanya menyebutkan sebagian kecil pihak pengembang darikalangan pemerintah, akademis, dan perusahaan swasta. Walaupundemikian, ada beberapa produk SIG lain yang juga sering disebut dandigunakan, yaitu: ER Mapper, ERDAS, SpansGIS, MGE dariIntergraph, dan sebagainya (Prahasta, 2002).Dengan membanjirnya produk-produk SIG ini, para calonpengguna makin tidak mudah untuk memilih. Masing-masingmenjanjikan kemudahan dan keunggulannya sendiri dengan hargayang cenderung menurun dari waktu ke waktu. Tidak ada satupunperangkat SIG tunggal yang sesuai untuk semua aplikasi yangdibutuhkan oleh pengguna. Karena variasi aplikasi yang timbul dimasyarakat akan terus meningkat, maka developer perangkat SIG jugaturut mengikuti perkembangan ini dengan melakukan pengembanganinovasi-inovasi lebih lanjut di bidang aplikasi yang baru.Biasanya pengembangan lebih lanjut ini diimplementasikandalam bentuk modul-modul atau komponen-komponen perangkat
 
Bab 17 Sistem informasi geografis 449
lunak yang terpisah dari paket perangkat SIG standar. Modul inipundijual secara terpisah sesuai dengan permintaan pengguna.
17.4 Keuntungan Penggunaan SIG
SIG mempunyai kemampuan untuk memilih dan mencari detailatau tema yang diinginkan, menggabungkan suatu kumpulan datadengan kumpulan data yang lain, SIG dapat membantu pemerintahdan perusahaan-perusahaan atau perorangan untuk menyelesaikanmasalah, tentang geografis.
17.5 Sistem Pengolahan Data Sparsial
Pengolahan data sparsial merupakan hal yang penting dalampengelolaan lingkungan, pengelolaan yang tidak benar dapatmenimbulkan berbagai dampak yang merugikan. Bencana dalamskala besar dan kecil merupakan contoh dari sistem pengolahan datasparsial yang tidak terencana dan teroganisir dengan baik.
17.6 Memperoleh Data SIG
Data SIG berupa data digital yang berformat raster dan vector,vector menyimpan data digital dalam bentuk rangkaian koordinat(x,y). Titik disimpan sebagai sepasang angka koordinat dan polygonsebagai rangkaian koordinat yang membentuk garis tertutup. Resolusidari data vector tergantung dari jumlah titik yang membentuk garis.Raster menyatakan data grafis dalam bentuk rangkaian bujur sangkaryang disimpan sebagai pasangan angka menyatakan baris dan kolomdalam suatu matriks. Titik dinyatakan dalam suatu
 grid-cell
, garisdinyatakan sebagai rangkaian
 grid-cells
bersabungan di suatu sisi, danpolygon
 
dinyatakan sebagai gabungan
 grid-cells
yang bersambungandisemua sisi, resulosi dari data raster ditentukan oleh ukuran
 grid-cells
.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->