Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal Sampah

Proposal Sampah

Ratings: (0)|Views: 155 |Likes:
Published by Ifa Ipa Eve

More info:

Published by: Ifa Ipa Eve on Oct 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/11/2012

pdf

text

original

 
A.
 
Latar Belakang PermasalahanKertas merupakan salah satu komoditi yang sangat dibutuhkan oleh hampir seluruh umatmanusia didunia, Kehidupan modern kita sehari-hari kini tidak bisa lepas dari kertas yang bahanbakunya sebagian besar kayu hasil tebangan pohon dari hutan. Dengan demikian makin borosmasyarakat memakai kertas, makin banyak pohon yang harus ditebang untuk dijadikan pulp(bubur) calon kertas. Sebagai gambaran kasar, untuk menghasilkan 1 ton serat asli pulp kimiadiperlukan sekitar 1,5 ton kayu. Jadi dapat dibayangkan apabila penggunaan kertas hanyadipenuhi oleh serat asli maka akan berdampak langsung pada kelestarian lingkungan hidup.Kebutuhan kertas di Indonesia apabila pada tahun 1987 hanya membutuhkan 782.420 ton makapada tahun 1996 sudah mencapai angka 3.119.970 ton. Dan dari semua kertas yang dikonsumsitersebut hanya sebagian kecil yang kembali ke pabrik untuk didaur ulang karena terjadibenturan kepentingan dengan penggunaan lain oleh masyarakat. Namun demikian bukanberarti kertas yang tidak kembali ke pabrik kertas tersebut sepenuhnya dimanfaatkan olehmasyarakat. Kertas bekas yang tidak termanfaatkan karena satu dan lain hal akhirnya akanbermuara ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sehingga akan menambah volume sampah danmemperpendek umur TPA itu sendiri.Sampah merupakan masalah yang tak pernah terselesaikan hingga saat ini, meskipun beberapanegara maju telah menindak tegas orang-orang yang suka membuang sampah sembarangan,namun belum juga membuat para pembuang sampah sembarangan menjadi jera, apalagidengan negara berkembang yang bahkan belum memiliki undang-undang yang jelas mengenaipermasalah ini.Sampah adalah bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk maksud biasa atauutama dalam pembikinan atau pemakaian barang rusak atau bercacat dalam pembikinanmanufaktur atau materi berkelebihan atau ditolak atau buangan". (Kamus Istilah Lingkungan,1994).
Jenis sampah yang ada di sekitar kita cukup beraneka ragam, ada yang berasal dari rumahtangga, sampah industri, sampah dari pasar, sampah rumah sakit, sampah pertanian, perkebunandan peternakan serta sampah dari institusi/kantor/sekolah dll.Berdasarkan komposisi/ asalnya sampah dapat digolongkan menjadi 2 (dua) yaitu :1. Sampah organik.Sampah organik adalah sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan hayati yang dapat didegradasioleh mikroba atau bersifat biodegradable. Sampah ini dengan mudah diuraikan dalam prosesalami. Sampah rumah tangga sebagian besar merupakan bahan organik. Termasuk sampahorganik, misalnya sampah dari dapur, sisa-sisa makanan, pembungkus (selain ketas, karet danplastik), tepung, sayuran, kulit buah, daun dan ranting.2. Sampah Anorganik (non-organik).
 
Sampah anorganik yakni sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan non hayati, baik sebagaiproduk sintetik maupun hasil pengolahan teknologi bahan tambang, hasil olahan baan hayati dansebagainya.Sampah anorganik dibedakan menjadi :
 
sampah logam dan produk-produk olahanya,
 
sampah plastik,
 
sampah kertas,
 
sampah kaca dan keramik,
 
sampah deterjen,
 
dll.Sebagian zat anorganik secara keseluruhan tidak dapat diurai oleh alam/mikroorganisme(unbiodegradable). Sedang sebagian lainnya hanya dapat diuraikan dalam waktu yang lama.Sampah jenis ini pada tingkat rumah tangga misalnya botol plastik, botol gelas, tas plastik dankaleng.
Pengelolaan sampah
merupakan proses yang diperlukan dengan dua tujuan:
 
mengubah sampah menjadi material yang memiliki nilai ekonomis (
), atau
 
mengolah sampah agar menjadi material yang tidak membahayakan bagi lingkungan hidup.
Metode Pembuangan
Penimbunan darat
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Penimbunan darat  Penimbunan darat sampah di Hawaii.Pembuangan sampah pada penimbunan darat termasuk menguburnya untuk membuang sampah,metode ini adalah metode paling populer di dunia. Penimbunan ini biasanya dilakukan di tanahyg tidak terpakai , lubang bekas pertambangan , atau lubang lubang dalam. Sebuah lahanpenimbunan darat yg dirancang dan dikelola dengan baik akan menjadi tempat penimbunansampah yang hiegenis dan murah. Sedangkan penimbunan darat yg tidak dirancang dan tidak dikelola dengan baik akan menyebabkan berbagai masalah lingkungan , diantaranya anginberbau sampah , menarik berkumpulnya Hama , dan adanya genangan air sampah. Efek samping
 
lain dari sampah adalah gas methan dan karbon dioksida yang juga sangat berbahaya. (dibandung kandungan gas methan ini meledak dan melongsorkan gunung sampah)Kendaraan pemadat sampah penimbunan darat.Karakteristik desain dari penimbunan darat yang modern diantaranya adalah metodepengumpulan air sampah menggunakan bahan tanah liat atau pelapis plastik. Sampah biasanyadipadatkan untuk menambah kepadatan dan kestabilannya , dan ditutup untuk tidak menarik hama (biasanya tikus). Banyak penimbunan sampah mempunyai sistem pengekstrasi gas yangdipasang untuk mengambil gas yang terjadi. Gas yang terkumpul akan dialirkan keluar daritempat penimbunan dan dibakar di menara pembakar atau dibakar di mesin berbahan bakar gasuntuk membangkitkan listrik.
Metode Daur-ulang
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Daur-ulang  Proses pengambilan barang yang masih memiliki nilai dari sampah untuk digunakan kembalidisebut sebagai daur ulang.Ada beberapa cara daur ulang , pertama adalah mengambil bahansampahnya untuk diproses lagi atau mengambil kalori dari bahan yang bisa dibakar utnuk membangkitkan listik. Metode metode baru dari daur ulang terus ditemukan dan akan dijelaskandibawah.
Pengolahan kembali secara fisik
Baja di Buang, dan kelengkapan Dilaporkan dipilih pada kemudahan Central European WasteManagement (Eropah).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->