Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perubahan Fisiologis Dan Psikologis Kala I Persalinan

Perubahan Fisiologis Dan Psikologis Kala I Persalinan

Ratings: (0)|Views: 773 |Likes:
Published by Ulfia Fitrianingsih

More info:

Published by: Ulfia Fitrianingsih on Oct 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/10/2013

pdf

text

original

 
BAB 1PENDAHULUAN
A.
 
Latar Belakang
Kala I persalinan ketika telah tercapai kontraksi uterus dengan frekuensi,intensitas, dan durasi yang cukup untuk menghasilkan pendataran dan dilatasi serviksyang progresif. Kala I persalinan selesai ketika serviks sudah membuka lengkap (sekitar 10 cm) sehingga memungkinkan kepala janin lewat. Oleh karena itu, kala I persalinandisebut stadium pendataran dan dilatasi serviks.Proses pembukaan serviks sebagai akibat his dibagi dalam 2 fase yaitu faselaten dan fase aktif. Fase laten berlangsung selama 8 jam dan pembukaan terjadi sangatlambat sampai mencapai ukuran diameter 3cm. sedangkan fase aktif dibagi dalam 3fase lagi yaitu fase akselerasi, fase dilatasi maksimal, dan fase deselerasi.Fase-fase tersebut dijumpai pada primigravida. Pada multigravida pun terjadidemikian, akan tetapi fase laten, fase aktif, dan fase deselerasi terjadi lebih pendek.Kala I ini pasti akan dilalui oleh setiap ibu hamil yang akan mengalami persalinan sehingga kita sebagai bidan harus mengetahui perubahan fisiologis dan psikologis yang kemugkinan besar akan dialami oleh seorang ibu yang akanmelahirkan, selain itu pula bidan harus menentukan manejemen asuhan apa yang pantasdiberikan kepada ibu yang akan melahirkan ketika sedang dalam masa kala I.Persalinan adalah proses alamiah dimana terjadi dilatasi serviks, lahirnya bayidan plasenta dan rahirn ibu. Bab ini akan memberikan gambaran mengenai kala satu persalinan dan asuhan bagi ibu selama waktu tersebut, dan juga mendefinisikan prosesfisiologis persalinan normal. Juga dijelaskan bagaimana cara memberikan asuhansayang ibu selama persalinan, melakukan anamnesis dan melakukan pemeriksaan fisik  pada ibu dalam persalinan. Selain itu, dikaji pula tentang deteksi dini dan penatalaksanaan awal berbagai masalah dan penyulit, kapan dan bagaimana caramerujuk ibu.Di sini juga akan dijelaskan tentang penggunaan partograf. Partograf adalah alat bantu untuk membuat keputusan klinik, memantau, mengevaluasi dan menatalaksana persalinan dan kewajiban untuk menggunakannya secara rutin pada setiap persalinan.
 
Partograf dapat digunakan untuk deteksi dini masalah dan penyulit untuk sesegeramungkin menatalaksana masalah tersebut atau merujuk ibu dalam kondisi optimal.Partograf tidak digunakan Selama fase laten persalinan, instrumen inimerupakan salah satu komponen dan pemantauan dan penatalaksanaan proses persalinan secara lengkap. Pada prinsipnya, setiap penolong persalinan diwajibkanuntuk rnemantau dan mendokumentasikan secara seksama kesehatan dan kenyamananibu dan janin dan awal hingga akhir persalinan.
B.
 
Tujuan
1.
 
Mampu melakukan asuhan kebidanan pada persalinan kala I2.
 
Mampu mengetahui perubahan-perubahan fisiologis yang terjadi pada kala I3.
 
Mampu memberikan pengetahuan psikologis yang terjadi pada kala I4.Membedakan apakah ibu sudah inpartu atau belum.5.Menjelaskan batasan kala satu persalinan.6.Memahami langkah-Iangkah esensial untuk melakukan anamnesis rutin danpemeriksaan fisik pada ibu yang sudah inpartu.7.Mengidentifikasi kapan ibu berada dalam fase aktif persalinan.8.Memberikan asuhan sayang ibu selama kala satu persalinan.9.Penggunaan partograf secara rutin dan tepat untuk mendokumentasikan dan memantaukernajuan persalinan serta keseliatan dan kenyarnanan ibu dan bayi
 
BAB IIPEMBAHASAN
PENGERTIAN KALA I PERSALINAN
Persalinan adalah proses membuka dan menipisnya serviks dan janin turunkedalam jalan lahir. Kelahiran adalah proses dimana janin dan ketuban di dorong keluar melalui jalan lahir. Persalinan dan kelahiran normal adalah proses pengeluaran janinyang terjadi pada kehamilan cukup bulan (37-40 minggu) lahir spontan dengan presentasi belakang kepala yang berlangsung dalam 18 jam, tanpa komplikasi baik padaibu maupun pada janin. Kala 1 adalah proses dimulainya dari saat persalinan mulaisampai pembukaan lengkap (10cm).Klinis dapat dinyatakan partus dimulai bila timbul his dan wanita tersebutmengeluarkan lender yang bersemu darah (blood show). Lender yang bersemu darah ini berasal dari lender kanalis servikalis karena serviks mulai membuka atau mendatar.Kanalis servikalis itu pecah karena pergerseran-pergeseran ketika serviks membuka.Proses membukannya serviks akibat his dibagi menjadi 2 fase :1.
 
Fase laten : berlangsung selama 8 jam. Pembukaan terjadi sangat lambat sampaimencapai ukuran diameter 3 cm.2.
 
Fase aktif : dibagi menjadi 3 fase kembali , yakni :a.
 
Fase akselerasi. Dalam waktu 2 jam pembukaan 3 cm tadi menjadi 4 cm. b.
 
Fase dilatasi maksimal : dalam waktu 2 jam pembukaan berlangsung sangat cepat,dari 4 cm menjadi 9 cm.c.
 
Fase deselerasi : pembukaan menjadi lambat kembali dalam waktu 2 jam pembukaan dari 9 cm menjadi lengkap.Fase- fase tersebut di jumpai pada primigravida. Pada multigravida pun terjadidemikian, akan tetapi fase laten, fase aktif, dan fase deselerasi terjadi lebih pendek.

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Vebbyola Wahyuni liked this
Vheranica Ea liked this
setio_wagiyanto liked this
imperialscribd liked this
Rafi Mahandaru liked this
Melly Chaa Omel liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->