Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
18Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LAPORAN KASUS HIDROSEFALUS

LAPORAN KASUS HIDROSEFALUS

Ratings: (0)|Views: 780|Likes:
Published by Renny Anggraini

More info:

Published by: Renny Anggraini on Oct 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/05/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Hidrosefalus berasal dari kata
hidro
yang berarti air dan
chepalon
yang berarti kepala.Hidrosefalus merupakan penumpukan cairan serebrospinal (CSS) secara aktif yangmenyebabkan dilatasi sistem ventrikel otak dimana terjadi akumulasi CSS yang berlebihan padasatu atau lebih ventrikel atau ruang subarachnoid.
1,2
Keadaan ini disebabkan oleh karenaterdapat ketidak seimbangan antara produksi dan absorpsi dari CSS.
3
Bila akumulasi CSS yangberlebihan terjadi diatas hemisfer serebral, keadaan ini disebut higroma subdural atau koleksicairan subdural.
3
Pada kasus akumulasi cairan yang berlebihan terjadi pada sistem ventrikuler,keadaan ini disebut sebagai hidrosefalus internal.Selain itu beberapa lesi intrakranialmenyebabkan peninggian TIK, namun tidak sampai menyebabkan hidrosefalus. Peninggianvolume CSS tidak ekivalen dengan hidrosefalus; ini juga terjadi pada atrofi serebral.Hidrosefalus sebagai kesatuan klinik dibedakan oleh tiga faktor:
a).peninggian
 
tekananintraventrikuler, b).penambahan volume CSS, c).dilatasi
 
rongga CSS 
.
3
Secara keseluruhan,insiden dari hidrosefalus diperkirakan mendekati 1 : 1000. sedangkan insiden hidrosefaluskongenital bervariasi untuk tiap-tiap populasi yang berbeda. Hershey BL mengatakankebanyakan hidrosefalus pada anak-anak adalah kongenital yang biasanya sudah tampak padamasa bayi. Jika hidrosefalus tampak setelah umur 6 bulan biasanya bukan oleh karenakongenital. Mujahid Anwar dkk mendapatkan 40
 – 
50% bayi dengan perdarahan intraventrikularderajat 3 dan 4 mengalami hidrosefalus. Pongsakdi Visudiphan dkk pada penelitiannyamendapatkan 36 dari 49 anak-anak dengan meningitis TB mengalami hidrosefalus, dengan 3catatan 8 anak dengan hidrosefalus obstruktif dan 26 anak dengan hidrosefalus komunikans.Hidrosefalus yang terjadi sebagai komplikasi meningitis bakteri dapat dijumpai pada semua usia,tetapi lebih sering pada bayi daripada anak-anak.
4
 
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
II.1 ANATOMI
Struktur anatomi yang berkaitan dengan hidrosefalus, yaitu bangunan-bangunan dimanaCSS berada.
Sistem ventrikel otak dan kanalis sentralis
.
1. Ventrikel lateralis
Ada dua, terletak didalam hemispherii telencephalon. Kedua ventrikel lateralis berhubungandenga ventrikel III (ventrikel tertius) melalui foramen interventrikularis (Monro).
2. Ventrikel III (Ventrikel Tertius)
Terletak pada diencephalon. Dinding lateralnya dibentuk oleh thalamus dengan adhesiointerthalamica dan hypothalamus. Recessus opticus dan infundibularis menonjol ke anterior, danrecessus suprapinealis dan recessus pinealis ke arah kaudal. Ventrikel III berhubungan denganventrikel IV melalui suatu lubang kecil, yaitu
aquaductus Sylvii
(aquaductus cerebri).
3. Ventrikel IV (Ventrikel Quartus)
Membentuk ruang berbentuk kubah diatas fossa rhomboidea antara cerebellum dan medulla sertamembentang sepanjang recessus lateralis pada kedua sisi. Masing-masing recessus berakhir padaforamen Luschka, muara lateral ventrikel IV. Pada perlekatan vellum medullare anterior terdapatapertura mediana Magendie.
4. Kanalis sentralis medula oblongata dan medula spinalis
Saluran sentral korda spinalis: saluran kecil yang memanjang sepanjang korda spinalis, dilapisisel-sel ependimal. Diatas, melanjut ke dalam medula oblongata, dimana ia membuka kedalam ventrikel IV.
5. Ruang subarakhnoidal
Merupakan ruang yang terletak diantara lapisan arakhnoid dan piamater.
 
II.2 HIDROSEFALUSII.2.1 Patofisiologi
CSS dihasilkan oleh plexus choroideus dan mengalir dari ventrikel lateral ke dalamventrikel III, dan dari sini melalui aquaductus masuk ke ventrikel IV. Di sana cairan inimemasuki spatium liquor serebrospinalis externum melalui foramen lateralis dan medialis dariventrikel IV. Pengaliran CSS ke dalam sirkulasi vena sebagian terjadi melalui villi arachnoidea,yang menonjol ke dalam sinus venosus atau ke dalam lacuna laterales; dan sebagian lagi padatempat keluarnya nervi spinalis, tempat terjadinya peralihan ke dalam plexus venosus yang padatdan ke dalam selubung-selubung saraf (suatu jalan ke circulus lymphaticus).
4
 Kecepatan pembentukan CSS 0,3-0,4 cc/menit atau antara 0,2-0,5% volume total permenit dan ada yang menyebut antara 14-38 cc/jam. Sekresi total CSS dalam 24 jam adalahsekitar 500-600cc, sedangkan jumblah total CSS adalah 150 cc, berarti dalam 1 hari terjadipertukaran atau pembaharuan dari CSS sebanyak 4-5 kali/hari. Pada neonatus jumlah total CSSberkisar 20-50 cc dan akan meningkat sesuai usia sampai mencapai 150 cc pada orang dewasa.
5
 Hidrosefalus timbul akibat terjadi ketidak seimbangan antara produksi dengan absorpsidan gangguan sirkulasi CSS.
6
 

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->