Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Resume

Resume

Ratings: (0)|Views: 151|Likes:
Published by U El El A

More info:

Published by: U El El A on Oct 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/30/2013

pdf

text

original

 
TOR (Term of Reference)PENGEMBANGAN MANAJEMEN MUTU TERPADU (TQM) :PENGEMBANGAN STAFNama Kegiatan : Magang Dosen Manajemen DatabaseLatar belakang
Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Brawijaya saat ini sedangterus berupaya berbenah diri membangun kekuatan internal dan eksternalnyauntuk mencapai visi dan misi yang ingin dicapai. Kekuatan internal yang sangatstrategis adalah pengembangan sumberdaya manusia. Sedangkan kekuataneksternal yang diharapkan adalah adanya kerja sama dengan stakholder dalamrangka lebih mendekatkan sistem pendidikan yang diselenggarakan denganrealitas kebutuhan pasar tenaga kerja saat ini.Dalam peningkatan kualitas manajemen internal dan Organisasi Jurusan tidakhanya tergantung pada kualitas pengelola tetapi juga perbaikan sistem pengelolaanserta pengembangan data base manajemen Jurusan. Pengembangan data basemanajemen Jurusan merupakan faktor utama dalam mengelola Jurusan agar lebihefektif dan efisien, seperti penyusunan jadwal kuliah dan praktikum, daftar mahasiswapeserta kuliah, nilai mahasiwa, kinerja dosen hingga evaluasi kinerja dosen danmahasiswa. Penyusunan database manajemen ini sangat penting dalam rangkaevaluasi diri bagi Jurusan dan dalam jangka panjang untuk melakukan perbaikanuntuk mencapai visi dan misi Jurusan.Keadaan selama ini pengelolaan data base manajemen jurusan masihbelum optimal karena (1) masih terbatasnya pengetahuan staf pengajar dan staf administrasi yang menguasai dan menyadari pentingnya pengelolaan sertapengembangan manajemen database Jurusan, (2) Belum adanya pedomanpelaksanaan pengembangan manajemen database jurusan yang handal.Berdasarkan kondisi tersebut maka disadari oleh Jurusan Sosial Ekonomiuntuk melaksanakan kegiatan Magang Dosen tentang Manajemen Data BaseJurusan. Harapan yang ingin dicapai adalah dapat terlaksananya perbaikanmanajemen data base jurusan yang handal dan berkelanjutan.
Tujuan Utama
Tujuan utama kegiatan Magang Manajemen Data Base dalam rangkapelaksanaan program SP-4 ini adalah :1.Adanya pemahaman bagi staf pengajar dan staf administrasi tentangManajemen Data Base Jurusan sehingga Jurusan mampu menguasaimanajemen database yang handal dan berkelanjutan.2.Mendapatkan informasi tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan dalammengembangkan manajemen database jurusan.3.Meningkatkan kemampuan penguasaan manajemen database Jurusan baikbagi pengelola Jurusan maupun bagi staf pengajar lain agar pengembanganmanajemen database Jurusan berkelanjutan.
 
Manfaat Utama Kegiatan
Berdasarkan pada tujuan yang ingin dicapai tersebut, manfaat yangdiharapkan dapat diperoleh dari pelaksanaan kegiatan Magang Dosen TentangManajemen Database ini adalah :1.Meningkatnya kemampuan pengelola Jurusan dalam pengembanganmanajemen database Jurusan.2.Meningkatnya efisiensi dan efektifitas dalam pengelolaan Jurusan,3.Teridentifikasinya permasalahan terkait manajemen database Jurusan4.Tersedianya pengelolaan pelayanan terhadap mahasiswa dan staf pengajayang lebih efektif dan efisien.
Institusi Sasaran Dosen Magang
Pemilihan institusi sasaran berdasarkan upaya pencapaian tujuan danharapan akan manfaat yang diperoleh dengan pelaksanaan kegiatan ini. Hal inidisajikan dalam tabel berikut ini :
UniversitasBina nusantaraMerupakan salah satu institusi yang memiliki kredibilitas, reputasi danhubungan yang kuat baik nasional maupun internasional khususnyaberkenaan dengan pengelolaan pendidikan. Dalam hal ini berkenaandengan subyek manajemen (ISO), baik dalam manajemen database,manajemen SDM, maupun dalam manajemen keuangan.
Bentuk Kegiatan
Kegiatan ini berbentuk magang oleh tenaga dosen pada institusi sasaranyang dianggap layak menjadi institusi sasaran pelaksanaan kegiatan. Kegiatanyang akan dilaksanakan melalui magang ini antara lain : mempelajari mekanismepelaksanaan manajemen database pada institusi sasaran, diskusi dengan tenagaahli di institusi sasaran, dan mengidentifikasi permalasahan database manajemenJurusan terutama berkenaan dengan penyelenggaraan kegiatan administrasipendidikan.
Biaya Kegiatan 
Biaya yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan ini adalah sebesar Rp.14.000.000,- (
Empat Belas Juta Rupiah
). Seluruh kebutuhan pembiayaankegiatan didanai oleh program SP-4 Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas PertanianUniversitas Brawijaya.
Tahapan Pelaksanaan Kegiatan
Tahapan pelaksanaan kegiatan Magang Manajemen Database adalah sebagaiberikut ini :1.Seleksi atas pelaksana kegiatana.Kegiatan seleksi ini dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Program SP-4tahun kedua berkoordinasi pimpinan Jurusan. Setelah dilakukan seleksi,selanjutnya pelaksana kegiatan terpilih diberikan ditugaskan oleh KetuaJurusan, seleksi dilakukan dengan pertimbangan sebagai berikut :
Pelaksana adalah orang yang profesional dalam melaksanakan tugasyang dibebankan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->