Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Trauma Tembus Mata

Trauma Tembus Mata

Ratings: (0)|Views: 365 |Likes:
Published by Yhoga Timur Laga

More info:

Published by: Yhoga Timur Laga on Oct 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/28/2014

pdf

text

original

 
BAB IITINJAUAN PUSTAKAA.Definisi
Trauma mata adalah tindakan sengaja maupun tidak yangmenimbulkan perlukaan mata. Trauma mata merupakan kasus gawatdarurat. Perlukaan yang ditimbulkan dapat ringan sampai berat ataumenimbulkan kebutaan bahkan kehilangan mata. Alat rumah tangga seringmenimbulkan trauma pada mata.
2
Organ mata mempunyai sistem pelindung yang cukup baik sepertirongga orbita, kelopak, jaringan lemak retrobulbar dan terdapatnya refleksmengedip, namun organ mata masih sering mendapat trauma dari dunialuar. Trauma dapat mengakibatkan kerusakan pada rongga orbita, kelopak, bola mata dan persarafan mata. Kerusakan mata dapat mengakibatkan ataumemberikan penyulit sehingga mengganggu fungsi penglihatan.
2,3
B.Epidemiologi
Trauma okular merupakan salah satu penyebab kebutaan unilateral pada anak-anak dan dewasa muda. Dewasa muda, terutama laki-laki,merupakan korban utama trauma tembus okular. Kecelakaan domestik,tindakan kekerasan, peledakan, luka terkait olahraga dan kecelakaan lalulintas merupakan keadaan tersering dimana terjadi trauma okular.
1
Sekitar 2,4 juta trauma mata terjadi setiap tahun, dengan 90.000 daritrauma mengakibatkan berbagai derajat gangguan penglihatan. Darikeseluruhan trauma okular, trauma okular tembus memiliki prognosisterburuk. Pada tahun 1970, Zagora menemukan bahwa 30 – 40 % darisemua kasus trauma okular tembus berakhir dengan kebutaan. Penyebabtersering adalah tindakan kekerasan, kecelakan domestik, dan olahraga.
1
Trauma dapat menyebabkan kerusakan pada bola mata, kelopak, saraf mata dan rongga orbita yang dapat menimbulkan berbagai komplikasisehingga mengganggu fungsi penglihatan. Oleh karena itu, trauma mata3 |Page
 
memerlukan perawatan yang tepat untuk mencegah terjadinya komplikasiyang lebih berat yang akan mengakibatkan kebutaan.
2-4
Badan Kesehatan Dunia atau WHO memperkirakan setiap tahunterjadi 55 juta kasus trauma mata. Dari jumlah ini, sekitar 750.000 kasusmembutuhkan perawatan intensif di bangsal rumah sakit, kira – kira 200.000kasus merupakan kasus trauma bola mata terbuka. Beberapa penelitianmenunjukkan bahwa 10% pasien rawat inap di bangsal perawatan mataadalah penderita trauma mata.
3
C.Anatomi dan Fisiologi Bola Mata
Bola mata orang dewasa memiliki bentuk yang hampir bulat, dengandiameter anteroposterior sekitar 24,5 mm.
2
Gambar 1. Anatomi Mata.
2
Secara garis besar anatomi bola mata dapat dikelompokan menjadiempat bagian, dan untuk ringkasnya fisiologi mata akan diuraikan secaraterpadu. Keempat kelompok ini terdiri dari :1.Palpebra4 |Page
 
Dari luar ke dalam terdiri dari : kulit, jaringan ikat lunak, jaringan otot,tarsus, vasia dan konjungtiva.Fungsi dari palpebra adalah untuk melindungi bola mata, bekerjasebagai jendela member jalan masuknya sinar ke dalam bola mata, jugamembasahi dan melicinkan permukaan bola mata.Gambar 2. Anatomi Kelopak Mata.
2
2.Rongga mataMerupakan suatu rongga yang dibatasi oleh dinding dan berbentuk sebagai piramida kuadrilateral dengan puncaknya ke arah foramenoptikum. Sebagian besar dari rongga ini diisi oleh lemak, yangmerupakan bantalan dari bola mata dan alat tubuh yang berada didalamnya seperti urat saraf, otot-otot penggerak bola mata, kelenjar air mata dan pembuluh darah.5 |Page

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
farafariha liked this
Tomi Atmadirja liked this
lista_bha liked this
lista_bha liked this
Atmayadi Gunawan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->