Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Delphi

Pengertian Delphi

Ratings: (0)|Views: 101 |Likes:

More info:

Published by: Alvi Candra Adhi Presdika on Oct 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/08/2013

pdf

text

original

 
1.
Pengertian Delphi
Delphi adalah suatu bahasa pemograman (development language) yang digunakan untk merancang suatu aplikasi program.
2.Kegunaan
a.untuk membuat aplikasi windows b. Untuk merancang aplikasi program berbasis grafisc. Untuk membuat program berbasis jaringan (client/server)d. Untuk merancang program .Net (berbasis internet)
3.
 
Keunggulan
IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri adalah satu dari beberapa keunggulan delphi,didalamnya terdapat menu – menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program.
Proses Kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan padaDelphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpadijalankan terpisah.
Mudah digunakan, source kode delphi yang merupakan turunan dari pascal,sehingga tidak diperlukan suatu penyesuain lagi.
Bersifat multi purphase, artinya bahasa pemograman Delphi dapatdigunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.
4.Sejarah
1. Delphi versi 1 (berjalan pada windows 3.1 atau windows 16 bit)2. Delphi versi 2 (Berjalan pada windows 95 atau delphi 32 bit)3. Delphi versi 3 (berjalan pada windows 95 keatas dengan tambahan fitur internetatua web)4. Perkembangan selanjutnya diikuti dengan Delphi versi 4, 5 dan 6.
 
5. Versi terkini dari delphi adalahversi 7 dengan tambahan vitur .net dengantambahan file XML.
5. IDE Delphi
IDE (Integrated Development Environment)
Merupakan sebuah lingkungan di mana semua tombol perintah yang diperlukan untuk mendesain,menjalankan dan menguji sebuah aplikasi disajikan dengan baik untuk memudahkan pengembangan program. (lihat gambar 1.1)
 
Gambar 1.1
Main Window (Jendela Utama)
Jendela utama adalah bagian dari IDE yang mempunyai fungsi yang sama dengan semua fungsiutama dari program aplikasi windows lainnya. Jendela utama Delphi terbagi menjadi tiga bagian,yaitu Main Menu, Toolbar, dan Component Palette. (gambar 1.2)Gambar 1.2
Main Menu (Menu Utama)
Menu pada Delphi memiliki kegunaan yang sama seperti menu pada aplikasi windows. Denganmenggunakan fasilitas menu, Anda dapat memanggil atau menyimpan program, sehingga padadasarnya semua perintah yang dikerjakan dapat ditemukan pada bagian menu utama. Nama-nama menu ditampilkan pada bagian menu bar yang terdapat pada bagian atas layar. Untuk  bekerja dengan menggunakan menu, dapat menggunakan fasilitas mouse maupun keyboard.
Toolbar
Delphi memiliki beberapa toolbar yang masing-masing memiliki perbedaan fungsi dan setiaptombol pada bagian toolbar berfungsi untuk menggantikan suatu perintah menu yang seringdigunakan. Toolbar terletak pada bagian bawah baris menu. Pada kondisi default, terdapat enam bagian toolbar, antara lain standard, view, debug, desktop, custom dan component palette.
Component palette

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->