Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistematika Laporan Dan Evaluasi Praktek Industri

Sistematika Laporan Dan Evaluasi Praktek Industri

Ratings: (0)|Views: 492|Likes:
Published by Niko Bagus Aditya

More info:

Published by: Niko Bagus Aditya on Oct 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/04/2012

pdf

text

original

 
SISTEMATIKA LAPORAN DAN EVALUASI PRAKTEK INDUSTRIA.
 
Sistematika Laporan
1.
 
Isi Laporan
Isi laporan Praktik Industri terdiri atas empat bab yang masing-masing disusun secara berurutan dansaling terkaitBAB 1 PENDAHULUANA. Latar Belakang, Tujuan dan ManfaatBerisi uraian atau gambaran umum tentang: (i) pentingnya dilakukan praktik industry, (ii) motivasi danalas an pemilihan jenis/spesifikasi bidang pekerjaan/usaha/proyek yang berkaitan dengan materi diindustri, (iii) nilai tambah yang diperoleh baik bagi mahasiswa, lembaga pendidikan(Program Studi, jurusan dan Fakultas), dan (iv) tujuan yang ingin dicapai oleh mahasiswa setelah melaksanakan praktikkerja industryB. Organisasi dan Manajemen IndustriBerisi uraian yang berkaitan dengan pengorganisasian dan manajemen industri/perusahaan secara utuh,system perencanaan, pengadaan(purchasing), pemesanan barang dan jasa(ordering), manajemenoperasi dan rpoduksi, sandarisasi, system distribusi dan pemasaran, koordinasi, pengawasanusaha/produksi, system kendali mutu dll.C. Prospek Industri/Usaha di Masa DepanBerisi uraian yang berkaitan dengan: analisis prospek jenis usaha/produksi dan kecenderunganperkembangan sector usaha/produksi di masa depan berdasarkan prediksi pada masa sekarang denganmempertimbangkan berbagai factor, misalnya kebutuhan barang dan jasa, kemampuan produksi,research and development, kreativitas dan daya saing, era pasar global, kemajuan ilmu pengetahuandan teknologi, dll.BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKTIK INDUSTRIA. Deskripsi Pelaksanaan KegiatanPada bagian ini lebih difokuskan pada deskripsi kegiatan yang telah dikerjakan, yaitu uraian secaraumum tentang (i) Identitas industry (Nama Perusahaan, Nama Pimpinna, Alamat, No. Telp/Fax. Dll), (ii)Waktu dan jadwal kegiatan, dan (iii) Keterlibatan mahasiswa secara langsung atau tidak langsung dalamsystem manajemen industry khususnya pada bidang pekerjaan yang dikerjakan selama praktik industry,terdiri atas (a) mekanisme perencanaan pekerjaan, (b) spesifikasi produk, (c) kebutuhan sumberdaya(modal, sarana dan peralatan, teknologi dan tenaga kerja), (d) langkah-langkah operasi dan produksi, (e)perbaikan dan perawatan, (f) standarisasi dan kendali mutu, (g) keselamatan kerja (h) kegiatan pascaproduksi/operasi (distribusi dan pemasaran).
 
 B. Faktor-faktor Pendukung dan PenghambatBerisi uraian tentang factor-faktor yang mendukung, menghambat dan inovasi/solusi terhadap masalahyang timbul. Faktor pendukung yaitu factor yang memberi kemudahan atau kelancaran selamamenjalankan tugas pekerjaan, misalnya ada kemungkinan mahasiswa memperoleh fasilitas, uangmakan, uang transportasi, akomodasi, perhatian terhadap kesehatan kerja dan factor-faktor yang dinilaimenghambat praktik kerja industry antara lain penentuan jadwal pekerjaan (shift), kondisi pabrik yangpanas, tidak tersedianya tempat istirahat, dan sebainya. Uraian tentang inovasi dan solusi terhadapmasalah-masalah yang ditemukan selama melaksanakan praktik industry sebagai sesuatu hal yang padaumumnya banyak dilakukan oleh para mahasiswa.BAB III PEMBAHASANPada bagian ini mahasiswa melakukan pembahasan terhadap kegiatan yang telah dilakukan sesuaidengan harapan, motivasi dan tujuan yang ingin di capai (sesuai yang telah ditulis pada Bab I)BAB IV SIMPULAN DAN SARANA. SimpulanBerisi uaraian tentang hasil akhir yang dicapai setelah melakukan kegiatan praktik industry di lapangan,apakah ada persaman/perpedaan antara aspek-aspek pengetahuan, pemahaman dan keterampilansecara teroritis yang telah diperoleh di bangku perkuliahan dengan pelaksanakn pekerjaan yang beradadi lapangan.B. SaranPada bagian ini diharapkan terdapat saran yang konstruktif dalam rangka memberikan alternativepemecahan tentang rentang perbedaan atau kekurangan antara teori dan praktik. Saran-saran tersebutterutama ditujukan kepada pihak industry, lembaga pendidikan (Program studi, jurusan dan fakultas)mauoun kepada mahasiswa yang akan melakukan prakritk industry pada bidang pekerjaan sejenis.
 
 
2. Format Laporan
Laporan Praktik Industri dalam bentuk karya ilmiah dengan susunan format sebagai berikut:1. Format Isi Laporan Praktik Industri Jurusan Teknik ElektroHalaman JudulHalaman PengesahanKata PengantarDaftar IsiDaftar GambarDaftar TabelDaftar LampiranBAB I PENDAHULUANA. Latar Belakang, Tujuan dan ManfaatB. Organisasi dan Manajemen IndustriC. Prospek Industri/Usaha di Masa DepamBAB II PELAKSANAAN KEGIATANA. Deskripsi Pelaksanaan KegiatanB. Faktor-faktor Pendukung dan PenghambatBAB III PEMBAHASANBAB IV SIMPULAN DAN SARANA. SimpulanB. SaranDAFTAR PUSTAKALAMPIRAN (Surat Ijin, Surat Keterangan Kesediaan Industri, Gambar Proyek, Foto dll)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->