Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
kambing ettawa

kambing ettawa

Ratings: (0)|Views: 7 |Likes:
Published by rbhisha

More info:

Published by: rbhisha on Oct 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/23/2014

pdf

text

original

 
SALES KIT
 
PETERNAKAN KAMBING UNGGULAN
 
ANGGARI AGRIBISNIS
 
I. PENDAHULUAN
 
A. Dasar Pemikiran
 Ternak kambing merupakan salah satu komoditi sektor peternakan yangmempunyai prospek ekonomi yang bagus jika dikembangkan dengan intensif.Dimana kalau dilihat dari perkembangannya ternak kambing saat ini masihdikembangkan dengan cara tradisional dan hanya sebagai usaha sampinganmasyarakat. Sedangkan jenis kambing yang diusahakan masih tergolong jeniskambing lokal dengan volume ternak yang masih sedikit (rata-
rata ≤ 2 ekor 
induk/KK). Padahal ketersediaan pakan lokal yang melimpah menjadipendukung, jika usaha ternak kambing dikembangkan dengan baik dan mengarahkepada usaha yang komersil ini akan menjadi sumber usaha dan penghasilan baru.Melihat kondisi tersebut diatas maka di daerah Kamang Hilir KecamatanKamang Magek kami
 Divisi Anggari Agribisnis
dibawah
CV. Anggari Lentera Rezki
telah memulai pengembangan peternakan kambing dengan jenis kambingunggulan yang dimulai sejak Desember 2005. Adapun jenis kambing unggul yangpertama dikembangkan didaerah itu adalah jenis kambing peranakan Etawa danMenggala. Nilai ekonomis yang didapatkan dari peternakan kambing jenis iniadalah tingginya produksi susu dan daging bila dibandingkan dengan kambinglokal (kacang). Nilai ekonomis yang didapat dari jenis kambing ini jauh lebihmenguntungkan dibandingkan dengan jenis kambing lokal.Dimulai sejak Desember 2005 kami memulai usaha peternakan dengan jumlah kambing 2 ekor dengan jenis Jawa Randu. Kemudian setelah perawatanselama 6 bulan kambing tersebut sudah mulai bekembang menjadi 4 ekor. Denganperkembangan yang lebih lanjut sampai tahun 2006 jumlah kambing yang sudahbekembang menjadi 8 ekor.Melihat perkembangan jumlah kambing dan manfaat yang diperoleh maka,kami memulai mengembangkannya kearah yang lebih profesional dan perawatanyang intensif. Maka dari itu kami mengambil inisiatif untuk membeli tambahankambing sebanyak 3 ekor dengan jenis peranakan Etawa. Dengan bertambahnya jumlah kambing dengan pemeliharaan yang baik, maka dari jumlah kambingtersebut kami sudah mendapatkan beberapa manfaat dari pemeliharaannya yaituhasil penjualan susu dan hasil penjualan beberapa ekor kambing pada pedagangdan kotorannya untuk pertanian.Dengan pemeliharaan kambing unggulan yang kami usahakan dan melihatmanfaat yang telah kami peroleh, maka beberapa masyarakat di daerahkami berminat untuk mengusahakan kambing jenis ini. Dengan adanya minatyang serius dari masyarakat tersebut maka kami mengambil inisiatif untuk 
 
memberikan beberapa ekor kambing dengan cara bagi hasil. Setelah dilakukanpemeliharaan oleh masyarakat tersebut maka jumlah kambing yang diberikanmenjadi bertambah.Melihat perkembangan dan manfaat yang telah dirasakan beberapamasyarakat di daerah Jorong Dalam Koto Kecamatan Kamang Magek yang telahmemelihara kambing unggul ini, maka terhitung sejak awal tahun 2007 sampaisaat ini sudah banyak yang berminat untuk memelihara kambing unggul ini. Buktitingginya minat masyarakat untuk memelihara ternak kambing ini adalahbanyaknya masyarakat yang bertanya dan berniat untuk membeli kambing padakami. Karena terbatasnya jumlah kambing yang tersedia pada kami, makamasyarakat keinginan masyarakat untuk memelihara kambing tersebut tidak terpenuhi, malahan sampai saat sekarang masih banyak masyarakat yang bertanyatentang cara memelihara ternak kambing unggulan ini.Dengan kondisi diatas, saat ini kami sudah memulai lagi bagaimanamengembangkan peternakan ini kearah yang lebih intensif dan minat masyarakattersebut dapat terpenuhi. Maka dari itu beberapa langkah dan usaha telah kamilakukan terkait dengan pengembangan ternak ini.Dengan niat mengembangkan peternakan kambing unggulan maka dari itukami
Anggari Agribisnis
merumuskan program pengembangan. Pengembanganini lebih diarahkan pada pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan potensidan sumber daya yang ada pada masyarakat tersebut. Setelah dilakukan kajianmaka sistem dan cara yang cocok dilakukan dengan melibatkan masyarakatadalah dengan sistem pengelolaan usaha
Inti Plasma
. Inti Plasma adalah salahsatu cara pengelolaan usaha dengan melibatkan masyarakat yang mempunyaipotensi baik itu sumberdaya alam dan kemauan.
Anggari Agribisnis sebagaiperusahaan inti plasma
dan
masyarakat pemelihara sebagai plasma.
Dalam program ini
Anggari Agribisnis
telah merancang suatu programdalam bentuk usaha peternakan kambing dengan Sistem Inti Plasma. Program inimelibatkan investor, pengelola inti dan plasma (masyarakat pemelihara). Programini mempunyai kekuatan untuk mencapai tujuan yang kita harapkan manfaatnya:
Investor
 
 
Peningkatan pendapatan keluarga, sebagai investor kontemporer(penyertaan investasi dalam bentuk penitipan induk kambing)
 
Kepeduliam kita pada masyarakat di kampung yang merupakan bagiandari ibadah.
Masyarakat
 Masyarakat mendapat penghasilan tambahan dari waktu, usaha dan lahanmereka yang selama ini kurang produktif dengan sistem kerjasama bagi hasil.
Inti Plasma
 
 
Menunjang program pemerintah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.Selain mendatangkan keuntungan bagi investor, usaha ini sejalan dengan programpemerintah menciptakan lapangan usaha di bidang peternakan yang meningkatkanpendapatan bagi saudara-saudara kita di pedesaan yang tidak mampu dengan carabagi hasil.
A.
 
Latar Belakang
 
 
Sumberdaya alam yang memadai untuk pengembangan peternakankambing
 
Terbatasnya lahan untuk mengembangkan usaha, maka
 
Usaha tambahan masyarakat yang pada umumnya adalah Petani
 
Produktifitas lahan dan waktu yang masih kurang
 
Meningkatkan peranserta masyarakat dalam pembangunan peternakan
 
Meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan
B.
 
Maksud
 Anggari Agribisnis dengan dukungan partisipasi masyarakat dan duniausaha lainnya ingin membangun usaha peternakan kambing perah dalam rangkapenyediaan bakalan induk, susu kambing serta pengolahan kotoran menjadi pupuk hasil buangan dari peternakan kambing.
C.
 
Tujuan
 
 
Terciptanya usaha peternakan kambing perah yang dilakukan olehmasyarakat sebagai usaha produktif dengan memanfaatkan sumberdayaalam yang ada.
 
Tersedianya bakalan kambing perah yang baik untuk dikembangkan lebihlanjut dalam rangka produksi bakalan dan susu serta produk olahanlainnya seperti Pupuk Organik.
 
Ikut berpartisispasi dalam menciptakan lapangan usaha sebagai sumberpenghasilan tambahan keluarga melalui program peternakan kambingdibawah binaan Anggari Agribisnis.
D.
 
Sasaran
 
 
Masyarakat petani ekonomi lemah, pemanfaatan sumberdaya yang ada danwaktu sebagai usaha menambah penghasilan keluarga.
 
Investor sebagai pendukung meningkatkan ekonomi masyarakat dalamrangka investasi sambil beribadah, disamping itu memberikankeuntungan peningkatan pendapatan keluarga.
 
Pemerintah daerah Kabupaten Agam melalui program pengembangankambing perah ini dapat dijadikan sebagai daerah unggulan penghasilsusu kambing dan pupuk organik. Disamping itu sebagai usaha dalampemberantasan kemiskinan serta peningkatan perekonomian masyarkatpedesaan.
I.
 
VISI DAN MISI ANGGARI AGRIBISNIS
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->