Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
18Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pendahuluan PROPOSAL Kti Pasien Dengan Bersihan Jalan Nafas Tidak Efektif Di Rs Cepu

Pendahuluan PROPOSAL Kti Pasien Dengan Bersihan Jalan Nafas Tidak Efektif Di Rs Cepu

Ratings: (0)|Views: 835 |Likes:
Published by Tunggul_Iismel_2909
Pendahuluan PROPOSAL kti Pasien Dengan Bersihan Jalan Nafas Tidak Efektif di rs cepu tuberkulosis
Pendahuluan PROPOSAL kti Pasien Dengan Bersihan Jalan Nafas Tidak Efektif di rs cepu tuberkulosis

More info:

Published by: Tunggul_Iismel_2909 on Oct 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/12/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Masalah kesehatan dengan gangguan pemenuhan kebutuhan oksigenmasih menduduki peringkat yang tinggi sebagai penyebab utama morbiditasdan mortalitas. Kebutuhan oksegen merupakan kebutuhan dasar manusia, yaitukebutuhan fisiologis. Pemenuhan kebutuhan oksigen ditunjukkan untuk menjaga kelangsungan metabolism sel tubuh, mempertahankan kehidupanya,dan melakukann aktivitas bagi berbagai organ dan sel (Iqbal, 2008).Kebutuhan tubuh terhadap oksigen merupakan kebutuhan yang sangatmendasar dan mendesak. Tanpa oksigen dalam waktu tertentu, sel tubuh akanmengalami kerusakan yang menetap dan menimbulkan kematian. Otak merupakan organ yang sangat sensitif terhadap kekurangan oksigen. Otamasih mampu menoleransi kekurangan oksigen antara tiga sampai lima menit.Apabila kekurangan oksigen berlangsung lebih dari lima menit, dapat terjadikerusakan sel otak secara permanen.
 
Kekurangan oksigen juga bisamenyebabkan penurunan berat badan karena nafsu makan yang berkurang.Tubuh akan sulit berkonsentrasi karena proses metabolisme terganggu akibatkurangnya suplai oksigen dalam darah (darah akan mengangkut sari-sarimakanan ke seluruh tubuh). Hal ini membuktikan bahwa Oksigen amat
1
 
2
 berperan dalam proses metabolisme dan kelangsungan hidup manusia ( Devint,2011).Sumbatan jalan nafas merupakan salah satu gangguan dalam pemenuhan kebutuhan oksigen penyebab kematian utama yang kemungkinanmasih dapat diatasi. Penolong harus dapat mengenal tanda-tanda dan gejala-gejala sumbatan jalan nafas dan menanganinya dengan cepat walaupun tanpamenggunakan alat yang canggih (Rieja, 2010).Masalah yang muncul dalam pemenuhan kebutuhan oksigen bisadikarenakan adanya gangguan pada fungsi pernafasan yang menyebabkanmasalah gangguan perukaran gas dan perubahan pola napas. Selain itugangguan lainya pada pemenuhan kebutuhan oksigen dikarenakan sumbatan jalan nafas, contoh sumbatan jalan nafas dapat dijumpai pada pasien dengan penyakit tuberculosis. Permasalahan keperawatan yang timbul akibat adanya penyakit Tuberkulosis adalah gangguan pemenuhan kebutuhan oksigen karena bersihan jalan nafas tidak efektif berhubungan dengan sekresi trakeobronkialyang sangat banyak (Brunner & Suddarth, 2002).Kepala Dinas Kesehatan Blora dalam situs www.antarajateng.commengatakan penemuan kasus penyakit TBC masih 23% hingga 35%, setelahangka perhitungan prevalensi Jawa Tengah yaitu 107/100.000 kali jumlah penduduk Blora sebanyak 829.604 jiwa pada tahun 2010. Itu berarti jumlahtemuan penderita TBC di Blora antara 800 hingga 900 orang.
 
3
Dengan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk membuat asuhankeperawatan pada pasien dengan bersihan jalan nafas tidak efektif berhubungandengan penumpukan sekresi yang kental di RS dr.R Soeprapto Cepu
B.
Tujuan
Tujuan dari penulisan karya tulis ilmiah ini dibagi menjadi tujuan umumdan tujuan khusus yaitu :1.Tujuan UmumTujuan umum dari penulisan karya tulis ilmiah ini adalah penulismampu melakukan pongelolaan pada Pasien dengan bersihan jalan nafastidak efektif di RSUD dr.R. SoepraptoCepu.2.Tujuan KhususTujuan khusus penulisan karya tulis ilmiah ini adalah penulis dapatmelaksanakan tahap-tahap proses asuhan keperawatan meliputi :
a)
Penulis dapat melakukan pengkajian pada pasien dengan bersihan jalannafas tidak efektif di RSUD dr.R. Soeprapto Cepu. dengan benar.
b)
Penulis dapat melakukan analisa data pada pasien dengan bersihan jalannafas tidak efektif di RSUD dr.R. Soeprapto Cepu dengan benar.

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
adi76 liked this
Nw Wirajati liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->