Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Sunnah

Pengertian Sunnah

Ratings: (0)|Views: 60 |Likes:

More info:

Published by: Vhyie Smancha'stwetter on Oct 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/30/2013

pdf

text

original

 
1
PENGERTIAN SUNNAH, HADÎTS, KHABAR, DANATSARA. Pengertian Sunnah
Kata Sunnah adalah salah satu kosa kata bahasa Arab(
sunnah
). Secara bahasa, kata (
al-sunnah
) berarti
 
(perjalanan hidup yang baik atau yang buruk).Pengertian di atas didasarkan kepada Hadîts Nabi Saw yangdiriwayatkan oleh Muslim sebagai berikut:
.  ( .
Ibn Manzhûr, …:…/716
.)
Artinya: Barangsiapa membuat sunnah yang baik maka dia akanmemperoleh pahalanya dan pahala orang yangmengamalkannya sesudahnya tanpa mengurangipahalanya sedikitpun. Barang siapa membuat sunnahyang buruk maka dia akan memperoleh dosanya dandosa orang yang mengamalkannya sesudahnya tanpamengurangi dosa mereka sedikit pun.Para ahli Hadîts (
muhadditsûn
), ahli ushûl (
ushûliyyun
),dan ahli fiqh (
 fuqahâ' 
) berbeda pendapat dalam memberikanbatasan makna atau pemakaian istilah hadis dan sunnah.Menurut ahli hadis, sunnah, sebagaimana diungkapkanoleh Muhammad 'Ajjâj al-Khathîb, adalah:
.  ...
( 'Ajjâj al-Khathîb, 1989: 19)
 
2
Artinya: Setiap perkataan, perbuatan, persetujuan, sifat fisik,akhlak, atau perjalanan hidup yang diriwayatkan dari
 Nabi Saw baik sebelum menjadi rasul atau
sesudahnya.Diantara persoalan yang menonjol yang diangkatkan daripengertian sunnah di atas adalah masuknya unsur sebelumkenabian kedalam pengertian sunnah.Didasarkan pada sejarah kehidupan Muhammad, makadiperoleh fakta bahwa sikap dan perilaku Muhammad sebelumdiangkat menjadi Nabi/rasul sangat baik, hal ini dapatdiperhatikan dari informasi berikut:Perjalanan hidup Nabi Saw, merupakan bagian dariperjalanan hidupnya yang harum, seperti pertapaannya di guahira dan perjalanan hidupnya yang baik dan perbuatannya yangmulia sebelum kenabian. Karena sejarahnya sebelum kenabiantermasuk keimanan kepada keberadaan Nabi Saw danmembenarkannya dalam klaim risâlah. Sayyidah Khadîjah Ramenunjukkan perjalanan hidupnya yang baik dan perbuatannyayang mulia sebelum kenabian, bahwa Muhammad mendugaAllâh akan menghinakannya ketika dia kembali ke Khadijahdari Gua Hirâ' yang menggetarkan jantung setelah didatangiMalaikat. (Muhammad) berkata kepadanya: "Aku takut padadiriku. Al-Sayyidah Khadîjah berkata: "
  .
Artinya: Tidak, Allâh tidak akan menghinakanmu selamanya.Karena engkau menyambung shilaturrahmi,menanggung kesulitan, mencari yang hilang,memuliakan tamu dan menolong dalam mewakilikebenaran.Dalam riwayat al-Bukhâriy dalam
Kitâb al-Tafsîr 
 (
 
) demikian pula dalam riwayat Muslim.
 
3
Ini merupakan sejarah seorang yang dikreasikan Allâhsendiri dan mempersiapkannya untuk mengemban risalahpenutup ini, maka Nabi Saw harus memelihara Nabi Sawsebelum risalah, dan mencegahnya dari sesuatu yang hina,sehingga sejarahnya sebelum risalah tidak menjadi sebabberpalingnya masyarakat darinya dan berpaling daridakwahnya. Rasûlullâh Saw memilih untuk mengemban risalahorang yang layak untuk mengembannya dan yang biasmelaksanakan kewajibannya sebagaimana firman Allâh SWT:
(
ajj/23: 75H-Q. S. Al
.)
Dan sebagaimana firman Allah SWT
(Q. S. al-An'âm/6: 124).Allâh SWT tidak memilih untuk mengembannya orangyang menjadi sebab berpalingnya masyarakat dari risalahnya.Justru itu, sejarahnya dapat dijadikan bukti pengakuanrisalahnya, bahwa dia jujur tidak berdusta selamanya, padaharis dia mendaki bukit dan menyeru kaumnya kemudianbertanya kepada mereka: "Bagaimaa pendapat kamu sekalian, jika aku mengatakan bahwa kuda berada di balik lembah iniingin merubah kamu sekalian, apakah kamu membenarkanku?Mereka menjawab: "Ya, kami belum pernah mendengarmuberdusta". Dengan demikian Rasûlullâh Saw sudahmemberikan bukti kepada mereka dan mereka sendiri bersaksibahwa dia jujur dan dipercaya. Dan inilah rahasia kegusaranorang-orang kafir Makkah terhadapnya. Jika tidak demikian,maka mereka tidak merisaukannya dan meragukannya dandakwahnya dari peristiwa sejarah sebelumnya.Riwayat dari Ibn 'Abbâs Ra, dia berkata:
. " :." " : ." " :
 
" :"." " :." ."  " : ." " : ( "
al-Bukhâriy, 2007: VIII/737
.)
Artinya: Ketika ayat [
]Rasûlullâh Saw keluar dan mendaki bukit al-Shafâ,kemudian dia berkata: "Wahai hari shubuh! Mereka

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->