Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
P. 1
BAB II

BAB II

Ratings: (0)|Views: 546 |Likes:
Published by IndahLaraswati
laporan blok rural dentistry universitas jenderal soedirman jurusan kedokteran gigi
laporan blok rural dentistry universitas jenderal soedirman jurusan kedokteran gigi

More info:

Published by: IndahLaraswati on Oct 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/30/2013

pdf

text

original

 
BAB IITINJAUAN PUSTAKAA.
 
Telaah Pustaka
1.
 
Kesehatan serta Kesehatan Gigi dan MulutSehat merupakan suatu keadaan yang sempurna baik secara fisik,mental dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan
(“
 Health is a state of complete physical, mental and social well-being and not merely the absence of diseases or infirmity
”)
 (WHO, ....). Ada tigakomponen penting yang merupakan satu kesatuan dalam definisi sehatyaitu (promkes.depkes.go.id, ....): a.
 
Sehat JasmaniSehat jasmani merupakan komponen penting dalam arti sehatseutuhnya, berupa sosok manusia yang berpenampilan kulit bersih,mata bersinar, rambut tersisir rapi, berpakaian rapi, berotot, tidak gemuk, nafas tidak bau, selera makan baik, tidur nyenyak, gesit danseluruh fungsi fisiologi tubuh berjalan normal.b.
 
Sehat MentalSehat Mental dan sehat jasmani selalu dihubungkan satu sama
lain dalam pepatah kuno “Jiwa yang sehat terdapat di dalam tubuhyang sehat “(
 Men Sana In Corpore Sano
)”.
Atribut seorang insanyang memiliki mental yang sehat adalah sebagai berikut:1)
 
Selalu merasa puas dengan apa yang ada pada dirinya, tidak pernahmenyesal dan kasihan terhadap dirinya, selalu gembira, santai danmenyenangkan serta tidak ada tanda-tanda konflik kejiwaan.
 
2)
 
Dapat bergaul dengan baik dan dapat menerima kritik serta tidak mudah tersinggung dan marah, selalu pengertian dan toleransiterhadap kebutuhan emosi orang lain.3)
 
Dapat mengontrol diri dan tidak mudah emosi serta tidak mudahtakut, cemburu, benci serta menghadapi dan dapat menyelesaikanmasalah secara cerdik dan bijaksana.c.
 
Kesejahteraan SosialBatasan kesejahteraan sosial yang ada di setiap tempat ataunegara sulit diukur dan sangat tergantung pada kultur, kebudayaan dantingkat kemakmuran masyarakat setempat. Kesejahteraan sosial dalamarti yang lebih hakiki adalah suasana kehidupan berupa perasaan amandamai dan sejahtera, cukup pangan, sandang dan papan. Masyarakathidup tertib dan selalu menghargai kepentingan orang lain sertamasyarakat umum dalam kehidupan masyarakat yang sejahtera.d.
 
Sehat SpiritualSpiritual merupakan komponen tambahan pada definisi sehatoleh WHO dan memiliki arti penting dalam kehidupan sehari-harimasyarakat. Setiap individu perlu mendapat pendidikan formalmaupun informal, kesempatan untuk berlibur, mendengar alunan lagudan musik, siraman rohani seperti ceramah agama dan lainnya agarterjadi keseimbangan jiwa yang dinamis dan tidak monoton.Keempat komponen ini dikenal sebagai sehat positif atau disebut
sebagai “
Positive Health
” karena lebih realistis dibandingkan de
ngan
 
definisi WHO yang hanya bersifat idealistik semata-mata(promkes.depkes.go.id, ....).Definisi WHO tentang sehat mempunyai karakteristik berikut yangdapat meningkatkan konsep sehat yang positif (Edelman dan Mandle,1994):1.
 
Memperhatikan individu sebagai sebuah sistem yang menyeluruh.2.
 
Memandang sehat dengan mengidentifikasi lingkungan internal daneksternal.3.
 
Penghargaan terhadap pentingnya peran individu dalam hidup.Sehat adalah perwujudan individu yang diperoleh melaluikepuasan dalam berhubungan dengan orang lain (aktualisasi). Perilakuyang sesuai dengan tujuan, perawatan diri yang kompeten sedangkanpenyesuaian diperlukan untuk mempertahankan stabilitas dan integritasstruktural (Pender, 1982).Sehat/kesehatan adalah suatu keadaan sejahtera dari badan(jasmani), jiwa (rohani) dan sosial yang memungkinkan setiap oranghidup produktif secara sosial dan ekonomis (UU N0. 23/1992 tentangKesehatan).Sehat adalah fungsi efektif dari sumber-sumber perawatan diri(
self care resouces
) yang menjamin tindakan untuk perawatan diri (
self care actions
) secara adekuat.
Self care resouces
mencakup pengetahuan,keterampilan dan sikap.
Self care actions
merupakan perilaku yang sesuaidengan tujuan diperlukan untuk memperoleh, mempertahankan danmeningkatkan fungsi psikososial dan spiritual (Paune, 1983).

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
IndahLaraswati liked this
Aini Dwi Handini liked this
Gieh Syafitri liked this
Puspita Putri liked this
nelia_alexandra liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->