Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Arti Lambang Provinsi Jawa Timur

Arti Lambang Provinsi Jawa Timur

Ratings: (0)|Views: 328|Likes:

More info:

Published by: sempulurcom_48077397 on Oct 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/17/2012

pdf

text

original

 
ARTI LAMBANG PROVINSI JAWA TIMUR
ARTI:
Daun lambang bentuk perisai 
, adalah lambang keamanan dan ketentraman serta kejujuranmelambangkan dasar dan keinginan hidup rakyat Jawa Timur yang merupakan daerah yang termasukaman.
Bintang dengan warna kuning emas
, adalah lambang Ke Tuhanan Yang Maha Esa, bersudut lima danbersinar lima adalah melambangkan Pancasila merupakan dasar dan falsafah Negara yang senantiasadijunjung tinggi dan selalu menyinari jiwa rakyatnya (dalam hal ini rakyat Jawa Timur) khususnya jiwa KeTuhanan Yang Maha Esa.
Tugu Pahlawan
, adalah lambang kepahlawanan, untuk melukiskan sifat dan semangat kepahlawananrakyat Jawa Timur (khususnya Surabaya). Dalam mempertahankan kedaulatan dan wilayah tanah airnya.
Gunung berapi yang selalu mengepulkan asap
, adalah lambang keteguhan dan kejayaan tekad JawaTimur dengan semangat dinamis, revolusioner pantang mundur dalam menyelesaikan revolusi menujucita-cita rakyat adil dan makmur, selain itu juga menggambarkan bahwa wilayah Jawa Timur mempunyaibanyak gunung-gunung berapi.
Pintu gerbang (dari Candi) dengan warna abu-abu
, adalah lambang cita-cita perjuangan sertakeagungan khususnya Jawa Timur di masa silam yang masih nampak dan sebagai lambang batasperjuangan masa lampau dengan masa sekarang, yang semangatnya tetap berada di tiap-tiap patriotIndonesia yang berada di Jawa Timur.
Sawah dan ladang
, yang dilukiskan pada bagian-bagian dengan warna kuning dan hijau, adalah lambangkemakmuran yaitu bahwa Jawa Timur memiliki sawah dan Iadang yang merupakan sumber dan alatuntuk mencapai kemakmuran.
Padi dan kapas,
adalah lambang sandang pangan, yang menjadi kebutuhan pokok rakyat sehari-hari,gambar padi berbutir 17 buah, sedangkan kapas tergambar 8 buah, melambangkan saat-saat keramatbagi bangsa Indonesia yaitu tanggal 17 - 8 - 1945.
Sungai yang bergelombang
, menunjukkan bahwa Jawa Timur mempunyai banyak sungai yang mengaliruntuk mengairi sawah dan sumber kemakmuran yang lainnya di Jawa Timur.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->