Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bahan Ajar Tik 12

Bahan Ajar Tik 12

Ratings: (0)|Views: 13 |Likes:
Published by khalvati

More info:

Published by: khalvati on Oct 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/16/2013

pdf

text

original

 
CorelDRAW 12
A. Pengenalan1. CorelDRAW dan Fungsinya
CorelDraw adalah program grafis dengan basis vektor atau garis. CorelDrawmenggunakan dasar vektor dalam mengolah image , dimana unsur dasarnyaadalah garis. Keuntungan dari vektor ini adalah gambar akan mempunyaiukuran yang relatif kecil, kemudian jika gambar dibesarkan maka gambar akantetap terlihat solid atau utuh. Sebagai pengolah image berbasis vektor CorelDraw sangat powerfull dalam pengolahan image ilustrasi. Akan tetapidengan perkembangan CorelDraw yang semakin pesat (Sekarang CorelDrawtelah merintis X4 dengan tambahan fitur yang lebih lengkap) pengolahanobyek bitmap dapat juga dengan mudah dimanipulasi dalam aplikasiCorelDraw, bahkan filter - filter efek khusus pengolah bitmap telah disertakandalam fungsi tersendiri.Secara umum fungsi CorelDraw adalah:-Membuat gambar (kartun, ilustrasi, logo dll.)-Membuat layout sederhana (panflet, poster dan leaflet)
2. Penggunaan Mouse
a. Klik kiri berguna untukmemulai pengeditan, pewarnaanbidang (Fill)b. Klik kanan berfungsi untukpewarnaan garis ( line ),penggandaan (Copy ) cepatc. Scoll berfungsi sebagaizoom, dan navigator 
 
3.
Bekerja di CorelDRAW
 
- Title Bar
Memberi informasi tentang nama file dan aplikasi yang sedang dibuka. Pada ujungpojok kanan atas terdapat tombol Maximize Button untuk membuat tampilanCoreDraw satu layar penuh, Minimize button untuk meletakkan program padaTaskbar menu, sedangkan Close button untuk mengakhiri program.
- Menu Bar
Menu Bar adalah barisan menu yang terdiri dari File, Edit, Layout, Type, Element,Utilities, View, Window dan Help. Semua perintah-perintah terdapat pada menumenu tersebut.
- Standard Tool Bar
Perintah - perintah yang sering digunakan dapat juga diakses melalui Standard ToolBar. Pada Standard Tool Bar terdapat icon - icon perintah yang sering kita gunakan,misalnya untuk membuat file baru, membuka file, menyimpan, mencetak dan
Title BarMenu BarStandard Tool BarProperty BarRulerTool BoxPrintable areaGuidelineStatus pageStatus BarDockerScroll BarColor Pallete
 
sebagainya. Hanya dengan klik sekali pada icon yang dimaksud maka perintah akanlangsung dijalankan oleh CorelDraw.
- Property Bar
Property Bar merupakan baris perintah yang unik, karena tampilannya akan selaluberubah dan perintah-perintah yang ada didalamnya akan menyesuaikan denganicon yang sedang aktif pada tool Box. Misalnya tool Box sedang aktif pada ZoomTool, maka akan memunculkan property dari Zoom tool, demikian juga dengan tool-tool yang lain. Disini kita akan dapat lebih cepat dalam mengakses perintah-perintahyang berhubungan dengan tool yang sedang aktif.
- Ruler
berfungsi untuk membantu kita dalam membuat desain dengan ukuran yang tepat.karena terdapat mistar horizontal dan vertikal dengan satuan ukuran yang dapat kitaubah sewaktu-waktu.
- Printable Area
merupakan area dimana desain kita diletakkan untuk dicetak. Untuk mendesain kitaboleh di luar printable area, namun ketika akan dicetak maka harus dimasukkan keprintable area tersebut.
- Color Palette
Warna merupakan unsur penting dalam sebuah desain grafis. Corel Drawmemberikan berbagai kemudahan untuk mengakses dan memilih berbagai modelwarna. Kita dapat mengakses tool-tool warna melalui on-screen color palette, Color dialog box, maupun Color Roll-upuntuk memilih warna isi, outline, kertas dan lain-lain. Namun langkah yang tercepat untuk mengakses warna adalah melalui On-creen color palette yang tersedia di sebelah kanan window.
- Tool Box
merupakan barisan icon yang menyimpan berbagai macam perintah untukpembuatan obyek dasar, editing obyek, efek-efek interaktif dan lain lain.
- Scrool Bar
Penggulung halaman secara vertical. Anda dapat menggeser scrool bar ke atas dankebawah untuk memperluas lembar kerja atau untuk melihat bagian tertentu darigambar yang belum terlihat.
- Guideline
Garis bantu saat menggambar baik secara vertikal ataupun horizontal
- Status Page

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->