Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengkajian Pada Mata

Pengkajian Pada Mata

Ratings: (0)|Views: 53 |Likes:
Published by Heny Wulandari

More info:

Published by: Heny Wulandari on Oct 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Angka kebutaan dan gangguan penglihatan di Indonesia terus mengalamipeningkatan dengan prevalensi 1,5 persen dan tertinggi dibandingkan negara-negara Asia seperti India sebesar 0,7 persen dan Thailand 0,3 persen. HasilSurvei Kesehatan Indera tahun 1993-1996 menunjukkan angka kebutaanmeningkat dari 1,2 persen pada tahun 1982 menjadi 1,5 persen.Diperkirakan sebanyak empat juta orang dewasa dan anak mengalamikebutaan di Indonesia dan hal tersebut memprihatinkan karena seharusnya 90persen kebutaan dapat ditanggulangi dengan pencegahan atau pengobatan.Mata merupakan salah satu organ sensori dan persepsipada manusia. Mataadalah organ yang mengandung reseptor penglihatan, menyediakan visidengan bantuan dari organ aksesori. Organ aksesori ini terdiri dari kelopak mata dan appartus lakrimal, yang mana melindungi mata dan seperangkatotot ekstrinsik yang mana menggerakkan mata. Lapisan pelindung luarbola mata yaitu sklera, dimodifikasi dibagian anterior untuk membentuk kornea yang tembus pandang yang akan dilalui berkas sinar yang akan masuk ke mata. Di bagian dalam sklera terdapat lapisan koroid yang mengandungbanyak pembuluh darah yang memberi makan struktur-struktur dalam bolamata.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Bagaimana pengkajian pada system sensori persepsi : pengelihatan?
 
2
1.3 TUJUAN
a.
 
Untuk mengetahui anatomi matab.
 
Untuk mengetahui proses melihatc.
 
Untuk mengetahui pengkajian pada matad.
 
Untuk mengetahui kelainan dan gangguan pada matae.
 
Untuk mengetahui cara melakukan pemeriksaan fisik pada mata
1.4 MANFAAT
 
Sebagai acuan dalam melakukan pengkajian pada mata
 
Sebagai referensi dalam melakukan pemeriksaan fisik mata
 
Menambah wawasan bagi pembaca
 
3
BAB IIPEMBAHASAN
2.1 ANATOMI MATA
Organ luar :
 
Bulu mata
 
Alis mata
 
Kelopak mataOrgan dalam : Bagian-bagian pada organ mata bekerjasama mengantarkancahaya dari sumbernya menuju ke otak untuk dapat dicerna oleh sistem saraf manusia. Bagian-bagian tersebut adalah:
 
Kornea Merupakan bagian terluar dari bola mata yang menerimacahaya dari sumber cahaya.
 
Pupil dan Iris : dari kornea, cahaya akan diteruskan ke pupil. Pupilmenentukan kuantitas cahaya yang masuk ke bagian mata yang lebihdalam. Pupil mata akan melebar jika kondisi ruangan yang gelap, danakan menyempit jika kondisi ruangan terang. Lebar pupil dipengaruhioleh iris di sekelilingnya.Iris berfungsi sebagai diafragma. Iris inilahterlihat sebagai bagian yang berwarna pada mata.
 
Lensa mata Lensa mata menerima cahaya dari pupil danmeneruskannya pada retina. Fungsi lensa mata adalah mengatur fokuscahaya, sehingga cahaya jatuh tepat pada bintik kuning retina. Untuk melihat objek yang jauh (cahaya datang dari jauh), lensa mata akanmenipis. Sedangkan untuk melihat objek yang dekat (cahaya datangdari dekat), lensa mata akan menebal.
 
Retina adalah bagian mata yang paling peka terhadap cahaya,khususnya bagian retina yang disebut bintik kuning. Setelah retina,cahaya diteruskan ke saraf optik.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->