Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PALANG MERAH REMAJA

PALANG MERAH REMAJA

Ratings: (0)|Views: 165 |Likes:
Published by Yogaz Cybertech
Tugas Analisis Kebutuhan Informasi
Tugas Analisis Kebutuhan Informasi

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Yogaz Cybertech on Oct 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/14/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Analisis kebutuhan Informasi adalah penguraian dari suatu Sistem Informasi yangutuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikandan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yangdiharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikannyaTahap analisis merupakan tahap yang paling kritis dan sangat penting, karenakesalahan di tahapan ini akan menyebabkan kesalahan di tahap selanjutnya Hasil darianalisis sistem adalah laporan yang dapat menggambarkan sistem yang telah dipelajari dandiketahui bentuk permasalahannya serta rancangan sistem baru yag akan dibuat ataudikembangakan.Dalam upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia Indonesia, DepartemenPendidikan Nasional yang tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) Depdiknas 2005
 – 
 2009 menekankan bahwa perspektif pembangunan pendidikan tidak hanya untuk mengembangkan aspek intektual saja melainkan juga watak, moral, sosial dan fisik pesertadidik, atau dengan kata lain menciptakan manusia Indonesia seutuhnya. Semua jenjanglembaga pendidikan formal (sekolah) mempunyai tugas untuk mensintesa itu semua.Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler merupakan bagian dari pengembanganinstitusi sekolah. Berbeda dari pengaturan kegiatan intrakurikuler yang secara jelasdisiapkan dalam perangkat kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler lebih mengandalkaninisiatif sekolah. Secara yuridis, pengembangan kegiatan ekstrakurikuler memilikilandasan hukum yang kuat, karena diatur dalam Surat Keputusan Menteri yang harusdilaksanakan oleh sekolah. Salah satu Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI no125/U/2002 tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Jam Belajar Efektif di Sekolah.Pengaturan kegiatan ekstrakurikuler dalam keputusan ini terdapat pada Bab V pasal 9 ayat
2 : ”Pada tengah semester 1 dan 2 sekolah melakukan kegiatan olah raga dan seni
(Porseni), Karyawisata, lomba kreativitas atau praktek pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan bakat, kepribadian, prestasi dan kreativitas siswa dalam rangka
mengembangkan pendidikan anak seutuhnya.”Dalam bagian lampiran Keputusan Mendiknas ini juga dinyatakan bahwa ”Liburan
sekolah atau madrasah selama bulan ramadhan diisi dan dimanfaatkan untuk melaksanakan
 
2
berbagai kegiatan yang diarahkan pada peningkatan akhlak mulia, pemahaman atauamaliah agama termasuk kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang bermuatan moral.Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang akan kami lakukan analisis kebutuhaninformasi adalah ekskul Palang Merah Remaja. Palang Merah Remaja atau PMRmerupakan organisasi sosial kemanusiaan yang berada di bawah naungan Palang MerahIndonesia. PMI sendiri membentuk organisasi PMR secara resmi pada tahun 1953 dengantujuan utama untuk menyiapkan kader-kader handal PMI.Alasan kami memilih ekskul PMR untuk menganalisis kebutuhan informasi didalam ekskul PMR karena masih adanya masalah yang belum dibenahi misalnya1.
 
Data-data yang disimpan di masih berjalan manual, padahal Kebutuhan akan data-dataanggota, program kegiatan dan acara, dan juga anggaran keuangan2.
 
Sistem yang dijalankan belum sepenuhnya membantu pekerjaan, karena kebutuhanakan data yang efektif dan efisien serta ada saat dibutuhkan (availability) belum bisaterpenuhi3.
 
Penyediaan data yang banyak menyebabkan overload data dan informasi kurangPenyimpanan data dalam bentuk kertas atau manual menimbulkan resiko yangcukup besar, seperti kebakaran, rusak atau bencana alam yang bisa mengakibatkan data-data penting itu hilang, sehingga diperlukan sistem yang bisa menyimpan data lebih aman.Kebutuhan akan data yang efektif dan efisien serta ada saat dibutuhkan(availability) menjadi alasan utama untuk penyediaan informasi yang akurat Data yangkurang lengkap menyebabkan informasi pelayanan juga kurang, karena data tidak tersusunrapi dan susahnya pencarian data yang mengurangi kurangnya informasi dari data tersebutDari berbagai alasan yang telah diungkapkan di atas, maka pengembangan SistemInformasi Organisai PMR ini dibuat untuk membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang muncul.
 
3
BAB IIDESKRIPSI ORGANISASI
A.
 
Visi dan Misi PMR
 Visi PMR adalah sebagai generasi muda kader PMI mampu dan siap menjalankankegiatn sosial kemanusiaan sesuai dengan Prinsip - prinsip Dasar Palang Merah danBulan Sabit Merah Internasional.B.
 
Misi PMR terdiri dari:
 1.
 
Membangun karakter kader muda PMI sesuai dengan Prinsip Dasar GerakanPalang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional serta Tri Bhakti PMR2.
 
Menanamkan jiwa Sosial kemanusiaan3.
 
Menanamkan rasa kesukarelaanC.
 
Tujuan
 Palang merah sebagai suatu kegiatan ekstra kurikuler mempunyai tujuan sebagaiberikut:1.
 
Menjadikan ekstra kurikuler PMR menjadi yang terbaik di periangan selatan2.
 
Membantu mengembangkan potensi yang dimiliki para anggota dalammelaksanakan segala kegiatan kemanusiaan.3.
 
Membantu palang merah indonesia dalam segala kegiatan apabila dibutuhkan.4.
 
Membina rasa solidaritas antara sesama manusia.D.
 
Objektif 
 Meraih predikat juara dalam Panca Lomba PMR tingkat Provinsi lima tahun yang akandatang

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->