Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Prosman Modul V

Prosman Modul V

Ratings: (0)|Views: 175|Likes:
Published by Khairin Fajeri

More info:

Published by: Khairin Fajeri on Oct 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/27/2013

pdf

text

original

 
 
Praktikum Proses Manufaktur 2011 /Modul 5
Proses Pengelasan & Finishing
1
MODUL VPROSES PENGELASAN DAN
 FINISHING
 
1.
 
TUJUAN PRAKTIKUM
 
1.1
 
Pengelasan
Setelah mengikut praktikum ini, seluruh praktikan diharapkan dapatmemahami:1.
 
Memberikan pengetahuan tentang penentuan metode pengelasan logam.2.
 
Mengetahui jenis-jenis proses pengelasan3.
 
Meningkatkan ketrampilan untuk melaksanakan proses pengelasan dasardengan baik dan benar.4.
 
Meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam mengelas.
1.2
 
 Finishing
 
Setelah mengikut praktikum ini, seluruh praktikan diharapkan dapat memahami:1.
 
Mengetahui prinsip proses akhir.2.
 
Mampu menggunakan alat kompresor
2.
 
LANDASAN TEORI PENGELASAN2.1
 
Pendahuluan Dan Sejarah Perkembangan
Proses pengelasan merupakan proses penyambungan dua potong logam dengan
 pemanasan sampai keadaan plastis atau cair dengan atau tanpa tekanan. “Pengelasan”
dalam bentuk sederhana telah dikenal dan digunakan sejak beberapa ribu tahun yanglalu. Para ahli sejarah memperkirakan bahwa orang Mesir kuno mulai menggunakanpengelasan dengan tekanan pada tahun 5500 SM (untuk membuat pipa tembaga
 
 
Praktikum Proses Manufaktur 2011 /Modul 5
Proses Pengelasan & Finishing
2
dengan memalu lembaran yang tepinya menutup. Winterton menyebutkan bahwabenda seni orang mesir dibuat pada tahun 3000 SM terdiri dari bahan dasar tembagadan emas hasil peleburan dan pemukulan. Jenis pengelasan ini yang disebutpengelasan tempa (forge welding), merupakan usaha manusia yang pertama dalammenyambung dua potong logam. Contoh pengelasan tempa kuno yang terkenaladalah pedang Damascus yang dibuat dengan menempa lapisan-lapisan besi yangberbeda sifatnya. Pengelasan tempa telah berkembang dan penting bagi orangRomawi kuno sehingga mereka menyebut salah satu dewanya sebagai Vulcan (dewaapi dan pengerjaan logam) untuk menyatakan seni tersebut. Sekarang kata Vulkanisirdipakai untuk proses perlakuan karet dengan sulfur, tetapi kata ini dulu berarti
“mengeraskan”. Dewasa ini pengelasan tempa secara praktis telah ditinggalkan dan
terakhir dilakukan oleh pandai besi.Kemajuan dalam teknologi pengelasan tidak begitu pesat sampai tahun 1877.Sebelum tahun 1877, proses pengelasan tempa dan penyolderan telah dipakai selama3000 tahun. Asal mula pengelasan tahanan listrik (resistance welding) dimulai sekitartahun 1877 ketika Prof. Elihu Thompson memulai percobaan pembalikan polaritaspada gulungan transformator. Dia mendapatkan hak paten pertamanya pada tahun1885 dan mesin las tumpul tahanan listrik (resistance butt welding) pertamadiperagakan di American Institute Fair pada tahun 1887. Pada tahun 1889, Coffindiberi hak paten untuk pengelasan tumpul nyala partikel (flash-butt welding) yangmenjadi satu proses las yang penting.
2.2
 
Pengertian Pengelasan
Definisi las adalah suatu proses penyambungan plat atau logam menjadi satuakibat panas dengan atau tanpa tekanan. Yaitu dengan cara logam yang akandisambung dipanaskan terlebih dahulu hinga meleleh, kemudian baru disambungdengan bantuan perekat (filler). Selain itu las juga bisa didefinisikan sebagai ikatan
 
 
Praktikum Proses Manufaktur 2011 /Modul 5
Proses Pengelasan & Finishing
3
metalurgi yang timbul akibat adanya gaya tarik antara atom. Bedasarkan prosespelaksanaannya las dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:
1.
 
Pengelasan Cair
Dimana logam induk dan bahan tambahan dipanaskan hingga mencair, kemudianmembiarkan keduanya membeku sehingga membentuk sambungan.
2.
 
Pengelasan Tekan
yaitu dimana kedua logam yang disambung, dipanaskan hingga meleleh, lalukeduanya ditekan hingga menyambung. Adapun pengelasan tekan itu sendiri dibagimenjadi :
a.
 
Pengelasan tempa
Merupakan proses pengelasan yang diawali dengan proses pemanasan pada logamyang diteruskan dengan penempaan (tekan) sehingga terjadi penyambungan logam.Jenis logam yang cocok pada proses ini adalah baja karbon rendah dan besi, karenamemiliki daerah suhu pengelasan yang besar.
b.
 
Pengelasan tahanan (Resistansi Listrik),
proses ini meliputi :
 
1.
 
Las proyeksi, merupakan proses pengelasan yang hasil pengelasannya sangatdipengaruhi oleh distribusi arus dan tekanan yang tepat. Prosesnya yaitu pelatyang akan disambung dijepit dengan elektroda dari paduan tembaga,kemudian dialiri arus yang besar.2.
 
Las titik, prosesnya hampir sama dengan las proyeksi, yaitu pelat yang akandisambung dijepit dahulu dengan elektroda dari paduan tembaga, kemudiandialiri arus listrik yang besar,dan waktunya dapat diatur sesuai denganketebalan pelat yang akan dilas.3.
 
Las Kampuh, merupakan proses pengelasan yang menghasilkan sambunganlas yang kontinyu pada dua lembar logam yang tertumpuh. Ada tiga jenis laskampuh, yaitu las kampuh sudut, las kampuh tumpang sederhana dan laskampuh penyelesaian.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->