Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
6Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
faal jantung

faal jantung

Ratings: (0)|Views: 867|Likes:
Published by Anok Coker

More info:

Categories:Types, Reviews, Book
Published by: Anok Coker on Oct 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/16/2013

pdf

text

original

 
PENDAHULUAN
Jantung merupakan organ utama dalam sistim kardiovaskuler. Ia terletakpada rongga dada tepat di belakang sternum , diantara kedua paru. Duapertigabagian dari jantung terletak disebelah kiri tulang dada dan sepertiga pada bagiankanan dan diliputi oleh perikardium.
(1,2)
Fungsi utama jantung adalah memompa darah keseluruh tubuh melaluipembuluh aorta dan arteri pulmonalis. Sepanjang usia manusia, jantung dapatmemompa 100 – 200 juta liter darah dan dapat menghantarkan sekitar 9,6 milyar liter Oksigen. Dalam keadaan stres atau latihan fisik, jantung dapat memompa 10kali lebih banyak.
(2,3)
Gambar 1
.
Lokasi jantung di rongga dada
Jantung membawa darah yang mengandung oksigen dan zat gizi lainnya ke jaringan–jaringan termasuk ( termasuk jantung sendiri ) dan membawa darah yangtidak mengandung oksigen ke paru-paru. Setelah darah kembali ke atrium kanan darivena cava selanjutnya mengalir melewati katup trikuspidalis ke ventrikel kanan,selanjutnya dipompa melalui katup pumonalis ke dalam arteri pulmonalis dankapiler–kapiler pulmonalis. Setelah darah dioksigenasi kemudian akan mengalor keatrium kiri dan melalui katup mitralis ke dalam ventrikel kiri dan selanjutnya dipompa
1
 
ke dalam aorta. Jika fungsinya normal jantung membawa cukup darah ke organ-organ untuk memenuhi kebutuhan metabolisme dan untuk menjamin efektivitasnyamaka jantung mempunyai beberapa sifat fisiologis.
(3,4,5)
 STRUKTUR ANATOMI JANTUNG
Jantung terdiri dari empat ruang yang berfungsi sebagai pemompa:
atrium
kanan dan kiri serta
ventrikel 
kanan dan kiri .
Gambar 2.
Gambar skematik ruang jantung dan arah aliran darah dari masing-masingruangan.
 Atria merupakan ruang yang terletak dibagian atas menerima darah dariseluruh tubuh dan paru. Atrium berdinding tipis , ruangan bertekanan rendah ( 0 –10 mmHg ) yang berfungsi menyalurkan darah ke ventrikel.
(1,3)
 Atrium kanan menerima darah dari sirkulasi sistemik melalui dua vena besar yaitu vena cava superior dan vena cava inferior. Vena cava superior menerima darahdari kepala, leher, ekstremitas atas dan dada.dan bermuara pada bagian posterior dan superior atrium kanan. Vena cava inferior membawa darah dari bagian tubuhlaninnya, visera dan ekstremitas bawah, dan bermuara pada bagian posterior daninferior atrium kanan. Sedangkan aliran darah dari vena-vena jantung melalui sinuscoronaria sebagai sebuah vena besar berdinding tipis yang bermuara ke bagianinferior atrium kanan pada daerah muara vena cava inferior. Pada atrium kanan initerdapat Nodus Sinoatrial dan Nodus Atrioventrikuler yang merupakan facemake jantung .
(1,3)
 
2
 
 Atrium kiri pada dinding posterior menerima darah dari paru-paru melalui duavena pulmonal kiri dan dan dua vena pulmonal kanan.dan akan menyalurkan darahke ventrikel kiri melalui katup mitralis.
(1)
Ventrikel, merupakan ruang jantung yang terletak dibagian bawah,berdidniding otot yang tebal dan merupakan ruangan yang bertekanan tinggi yangakan mendorong darah ke sirkulasi sistemik dan pulmonal. Ventrikel kananmemompa darah ke paru, ventrikel kiri memompa darah keseluruh tubuh.
(1,3)
Ventrikel kanan menerima darah dari atrium kanan setelah terbukanya katupatrioventrikuler kanan yang biasa disebut katup trikuspid. Permukaan dalam ventrikelterdiri dari jaringan otot membentuk trabeculae carneae dan pada bagian inferior septum interventrikuler terdapat struktur moderator band yang berfungsi dalammengatur keteraturan kontraksi otot jantung. Tekanan dalam ventrikel kanan sekitar 15 30 mmHg. Darah akan mengalir ke sirkulasi paru melalui trunkus pulmonalsetelah melewati katup pulmonal semilunar.
(1,3)
 Ventrikel kiri menerima darah dari atrium kiri setelah terbukanya katupatrioventrikuler kiri yang biasa disebut katup mitral. Permukaan dalam ventrikel kirimenyerupai ventrikel kanan dengan trabeculae carneae yang utama . dan struktur corda tendinae yang berperan dalam meregangkan katup atrioventrikuler mencegahterjadinya aliran balik ke atrium kiri. Tekanan dalam ventrikel kiri sekitar 100 – 140mmHg yang akan memompa darah meninggalkan ventrikel kiri melalui katup aortasemilunar menuju ke aorta asendens. Pada dasar dari aorta asendens terdapataortic sinus tempat arteri koroner kiri dan kanan berasal yang akan membawa darahmenuju miokadium.
(1,3)
 Terdapat 4 katup yang berfungsi untuk mengarahkan aliran darah kearahyang sesuai. Katup tersebut terbuka pada saat jantung berkontraksi, dan menutupuntuk mencegah aliran darah balik pada saat relaksasi. Diantara atria dan ventrikelterdapat
katup atrioventrikuler 
: disebelah kanan
katup
 
trikuspid ( daun anterior,media dan posterior ) dengan luas permukaan sekitar 8-11 cm2 
, dan disebelah kiri
katup mitral 
( daun anterior dan posterior ) dengan luas permukaan sekitar 6-8 cm2.Diantara ventrikel dan pembuluh darah besar (aorta dan arteri pulmonal) terdapat
katup semilunar 
: antara ventrikel kanan dan dan arteri pulmonal terdapat
katup pulmonal dengan luas permukaan 4 cm2 
, dan antara ventrikel kiri dan aorta terdapat
katup aorta luas 3 – 4 cm2 
.
( 1,2,3 )
Kedua atria merupakan ruang dengan dinding otot yang tipis . Dinding yangtipis ini mencerminkan rendahnya tekanan yang ditimbulkan oleh atria. Sebaliknya,ventrikel mempunyai dinding otot yang tebal terutama ventrikel kiri, yangmempunyai lapisan otot tiga kali lebih tebal dari ventrikel kanan.
(1,3)
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->