Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Marvel ^^

Marvel ^^

Ratings: (0)|Views: 7|Likes:
Published by Marvel Grace Maukar

More info:

Published by: Marvel Grace Maukar on Oct 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/01/2013

pdf

text

original

 
 APLIKASI MASALAH PROGRAM LINEAR
Kasus
Seorang mahasiswa jurusan matematika mengambil 5 mata kuliah dan 3 jenis kegiatankemahasiswaan pada semester I yang berjalan. Dalam hal ini setiap perkuliahan mata kuliahtersebut selama 2,5 jam. Pada hari senin ia mengikuti 1 kelas matakuliah, hari selasa tidak ada jadwal matakuliah yang diambilnya sehingga ia membersih-bersihkan kamar kosnya. Untuk harirabu ia mengikuti 2 mata kuliah sedangkan kamis, dan jumat ia hanya mengikuti 1 mata kuliah .Pada hari sabtu ia mengikuti 2 jenis kegiatan kemahasiswaan, setelahnya pergi ke supermarketuntuk membeli keperluan selama seminggu yang dilakukannya paling lama 1,5 jam. Sedangkanpada hari minggu ia berolahraga selama 1 jam dan pergi beribadah paling lama 2 jam kemudianmengikuti 1 jenis kegiatan kemahasiswaan lainnya. Setiap harinya ketika sampai di tempat kos iaharus mengerjakan tugas dari matakuliah yang diikuti pada hari itu dalam hal ini setiapmatakuliah yang diambilnya pasti diberi tugas setiap kali masuk. Selain itu jika pada keesokanharinya ia kuliah, ia harus mempelajari matakuliah pada keesokan hari tersebut. Pada beberapaminggu terakhir ia mengalami masalah dengan daya tahan tubuhnya yang mengakibatkan iaharus meminimalisir waktunya dalam beraktivitas yang menyita tenaga selama sehari danmembuatnya harus tidur paling kurang 8 jam sehari. Untuk membantu mahasiswa tersebut dapatdilakukan formulalisasi matematika terhadap permasalahannya tersebut.
Solusi
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi tujuan, alternatif keputusandan kendala yang membatasi. Berdasarkan informasi yang diberikan, tujuan yang ingin dicapaiadalah meminimumkan waktu mahasiswa tersebut dalam beraktivitas yang menyita tenaga.Alternatif keputusan adalah waktu yang diperlukan untuk melakukan semua aktivitas tersebut.
 
Jika dibaca secara seksama terdapat 9 variabel keputusan dengan 7 kendala yangmembatasi. Fungsi tujuan merupakan minimalisasi, karena semakin sedikit waktu untuk beraktivitas yang menyita tenaga akan semakin baik.Kita definisikan :
 x
1
= waktu untuk mengikuti perkuliahan
 x
2
= waktu untuk mengikuti kegiatan kemahasiswaan
 x
3
= waktu untuk bersih-bersih kamar kos
 x
4
= waktu untuk berbelanja di supermarket
 x
5
= waktu untuk berolahraga
 x
6
= waktu untuk beribadah
 x
7
= waktu untuk belajar mata kuliah yang dipelajari di tempat kos
 x
8
= waktu untuk mengerjakan tugas mata kuliah yang diberikan
 x
9
= waktu untuk tidurKetujuh kendala yang membatasi adalah kegiatan dalam 7 hari dalam seminggu dimana sehariwaktunya hanya 24 jam.
 Model umum Program linear kasus di atas adalah :
Fungsi tujuannya adalah meminimumkan waktu untuk hadir dalam perkuliahan 5 matakuliah,ikut serta dalam 3 kegiatan kemahasiswaan,membersih-bersihkan kamar kos, berbelanja kesupermarket, berolahraga, beribadah, belajar 5 matakuliah di tempat kos, dan mengerjakan tugas5 matakuliah di tempat kosSehingga fungsi tujuannya:
Meminimalkan
z = 5
 x
1
+ 3
 x
2
+
 x
3
+
 x
4
+
 x
5
+
 x
6
+ 5
 x
7
+ 5
 x
8
 
 – 
 
 x
9
 

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->