Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Ragam Bahasa

Pengertian Ragam Bahasa

Ratings: (0)|Views: 157 |Likes:
Published by Ogye Yunanda
bahasa
bahasa

More info:

Published by: Ogye Yunanda on Oct 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/19/2012

pdf

text

original

 
1. PENGERTIAN RAGAM BAHASA
Ragam bahasa adalah variasi bahasa yang pemakaianya berbeda-beda menurut topikyang dibicarakan menurut hubungan pembicara, kawan bicara, dan orang yangdibicarakan, serta menurut medium pembicaraan. Bahsa mengalami perubahan seiringdengan perubahan masyarakat. Perubahan itu berupa variasi-variasi bahasa yangdipakai sesuai keperluannya. Agar banyak variasi tidak mengurangi fungsi bahasasebagai alat komunikasi yang efesien, dalam bahasa timbul mekanisme untuk memilihvariasi tertentu yang cocok untuk keperluan tertentu yang disebut ragam bahasasetandar.Bahasa dibentuk oleh kaidah aturan serta pola yang tidak boleh dilanggar agar tidak menyebabkan gangguan pada komunikasi yang terjadi. Kaidah, aturan dan pola-pola yang dibentuk mencakup tata bunyi, tata bentuk dan tata kalimat. Agar komunikasiyang dilakukan berjalan lancar dengan baik, penerima dan pengirim bahasa harusmenguasai bahasanya.Bahasa adalah suatu sistem dari lambang bunyi arbitrer yang dihasilkan olehalat ucap manusia dan dipakai oleh masyarakat komunikasi, kerja sama dan identifikasidiri. Bahasa lisan merupakan bahasa primer, sedangkan bahasa tulisan adalah bahasaskunder. Arbiterer yaitu tidak adanya hubungan antara lambang bunyi denganbendanya.Fungsi Bahasa Dalam Masyarakat:1.
 
 Alat untuk dengan berkomunikasi sesama manusia.2.
 
 Alat untuk bekerja sama dengan sesama manusia.3.
 
 Alat untuk mengidentifikasikan dirI
2. JENIS JENIS RAGAM BAHASA
1.
 
Ragam baku adalah ragam bahasa yang oleh penutur dipandangnya sebagai ragamyang baik. Biasanya dipakai dalam kalangan terdidik, karya ilmiah, suasana resmi, atausurat resmi.2.
 
Ragam cakapan adalah ragam bahasa yang dipakai apabila pembicaramenganggapkawan bicara sebagai sesama, lebih muda, lebih rendah setatusnya atauapa bila topik pembicaran bersifat tidak resmi.
 
3.
 
Ragam hormat adalah ragam bahasa yang dipakai apabila lawan bicara orang yangkita hormati, misalnya orang tua dan atasan.4.
 
Ragam kasar adalah ragam bahasa yang digunakan dalam dalam pemakaian tidakresmi di kalangan orang yang saling mengenal.5.
 
Ragam lisan adalah bahasa yang diungkapkan melalui media lisan, terkait oleh ruangdan waktu sehingga situasi pengungkapan dapat membantu pemahaman.6.
 
Ragam resmiadalah ragam bahasa yang dipakai dalam suasana resmi.7.
 
Ragam tulis adalah ragam bahasa yang digunakan melalui medium tulis, terkait ruangdan waktu sehingga diperlukan kelengkapan struktur sampai sasaran visual.
3. RAGAM BAHASA BERDASARKAN MEDIA
1.
Ragam bahasa Lisan
 
Ragam bahasa lisan adalah bahan yang dihasilkan alat ucap (organ of speech)dengan fonem sebagai unsur dasar. Dalam ragam lisan, kita berurusan dengantata bahasa, kosakata, dan lafal. Dalam ragam bahasa lisan ini, pembicara dapatmemanfaatkan tinggi rendah suara atau tekanan, air muka, gerak tangan atauisyarat untuk mengungkapkan ide.
 2.
Ragam bahasa tulis
 
Ragam bahasa tulis adalah bahasa yang dihasilkan dengan memanfaatkantulisan dengan huruf sebagai unsur dasarnya. Dalam ragam tulis, kita berurusandengan tata cara penulisan (ejaan) di samping aspek tata bahasa dan kosa kata.Dengan kata lain dalam ragam bahasa tulis, kita dituntut adanya kelengkapanunsur tata bahasa seperti bentuk kata ataupun susunan kalimat, ketepatanpilihan kata, kebenaran penggunaan ejaan, dan penggunaan tanda baca dalammengungkapkan ide.
 
Contoh
 
Ragam bahasa lisan Ragam bahasa tulis
 
1. Putri bilang kita harus pulang 1. Putri mengatakan bahwa kita harus pulang
 
2. Ayah lagi baca koran 2. Ayah sedang membaca koran
 
3. Saya tinggal di Bogor 3. Saya bertempat tinggal di Bogor 
 
4. RAGAM BAHSA BERDASARKAN WAKTU1. Ragam bahasa berdasarkan waktu penggunaan
 
a. Ragam bahasa Indonesia lama
 Ragam bahasa Indonesia lama dipakai sejak zaman Kerajaan Sriwijayasampai dengan saat dicetuskannya Sumpah Pemuda. Ciri ragam bahasaIndonesia lama masih dipengaruhi oleh bahasa Melayu . Bahasa Melayu inilahyang akhirnya menjadi bahasa Indonesia. Alasan Bahasa Melayu menjadibahasa Indonesia :1) Bahasa Melayu berfungsi sebagai lingua franca,2) Bahasa Melayu sederhana karena tidak mengenal tingkatan bahasa,3) Keikhlasan suku daerah lain ,dan4) Bahasa Melayu berfungsi sebagai kebudayaan
b. Ragam bahasa Indonesia baru
Penggunaan ragam bahasa Indonesia baru dimulai sejak dicetuskannyaSumpah Pemuda pada 28 oktober 1928 sampai dengan saat ini melaluipertumbuhan dan perkembangan bahasa yang beriringan dengan pertumbuhandan perkembangan bangsa Indonesia.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->