Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Artikel Karang Taruna

Artikel Karang Taruna

Ratings: (0)|Views: 480 |Likes:
Published by Imam Nawawie

More info:

Published by: Imam Nawawie on Oct 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/27/2014

pdf

text

original

 
OPTIMALISASI KARANG TARUNA DALAM PENGEMBANGAN POTENSIGENERASI MUDA
Imam NawawiUniversitas Pendidikan IndonesiaAbstrak 
Generasi muda adalah bagian dari penduduk dunia yang sangat potensial danmemiliki sumbangan teramat besar bagi perkembangan masa depan dunia. Karang Tarunasebagai lembaga sosialisasi dan merupakan pilar partisipasi sosial masyarakat, khususnyagenerasi muda dalam pembangunan nasional pada umumnya dan pembangunan kesejahteraansosial pada khususnya. Sasaran yang ingin dicapai oleh karang taruna dititikberatkan padakesadaran dan tanggung jawab sosial, sehingga dapat mewujudkan dengan baik kesejahteraansosial yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat. Dengan demikian Karang Tarunamempunyai peranan dan posisi yang strategis dalam pembinaan dan pengembangan generasimuda yang merupakan harapan bangsa dan menentukan masa depan bangsa selain itu karangtaruna memiliki peran penting dan strategis dalam rangka menciptakan generasi mudamandiri bukan generasi muda yang hanya bisa bergantung kepada orang lain. Untuk itu potensi positif yang dimiliki generasi muda harus diarahkan, dibina dan digarap dengan baik dan benar. Keberadaan karang taruna perlu diaktifkan kembali sebagai gerakan kesejahteraanmasyarakat ditingkat paling awal untuk menunjang pengembangan desa maupun kota yangnantinya akan berdampak baik dalam kehidupan bermasyarakat.
Kata kunci:
Karang Taruna, Potensi Generasi Muda
Pendahuluan
Generasi muda adalah bagian dari penduduk dunia yang sangat potensial danmemiliki sumbangan teramat besar bagi perkembangan masa depan dunia. Namun permasalahan sosial yang dialami generasi muda pada saat ini tetap menjadi permasalahanyang tidak pernah habis-habisnya dibicarakan. Terutama permasalahan pengangguran,kenakalan remaja dan putus sekolah.
- 1 -
 
Pengembangan kualitas generasi muda tidak hanya dilakukan melalui pendidikanformal, tetapi dapat dilakukan melalui wadah (lembaga atau organisasi) yang mempunyaikomitmen terhadap pengembangan generasi muda tersebut. Peran serta organisasikepemudaan tersebut sebagai salah satu komponen partisipasi sosial masyarakat perluditingkatkan dan dikembangkan. Sejalan dengan hal tersebut, organisasi lokal sebagai sumber daya potensial dituntut untuk berperan secara optimal untuk menggerakan masyarakat dalam pembangunan. Organisasi lokal di lingkungan desa/kelurahan merupakan wadah untuk memenuhi kebutuhan ataupun memecahkan permasalahan masyarakat.Salah satu organisasi lokal yang ada di hampir setiap desa atau kelurahan diIndonesia adalah Karang Taruna sebagai tempat atau wadah pembinaan generasi muda. Padaawalnya Karang Taruna merupakan organisasi bentukan pemerintah, namun dalam perkembangannya kini Karang Taruna banyak muncul dengan ide, gagasan dan aspirasimasyarakat.Tujuan dari pembuatan artikel ini diantaranya ingin mengetahui apa itu KarangTaruna baik pengertian, tujuan, tugas pokok, fungsi, visi misi dan landasan hukumnya daningin mengetahui Karang Taruna sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasimuda.Dengan pembuatan artikel ini semoga dapat bermanfaat bagi semua pihak. Adapunmanfaat yang dapat diambil dari pembuatan makalah ini diantaranya mengetahui apa ituKarang Taruna baik pengertian, tujuan, tugas pokok, fungsi, visi misi dan landasanhukumnya dan mengetahui Karang Taruna sebagai wadah pembinaan dan pengembangangenerasi muda.
Optimalisasi Karang Taruna dalam Pengembangan Potensi Generasi Muda
 Karang Taruna berasal dari kata Karang yang berarti pekarangan, halaman, atautempat. Sedangkan Taruna yang berarti remaja. Jadi Karang Taruna berarti tempat atauwadah pengembangan remaja yang ada di Indonesia (Alifianto, 2009).Karang Taruna pertama kali lahir sebagai problem solver terhadap masalah sosialgenerasi muda di kampung melayu tahun 1960 dan secara resmi berdiri di Jakarta tanggal 26September 1960, yang merupakan "organisasi sosial wadah pengembangan generasi mudayang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan
- 2 -
 
untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan atau kominitas adatsederajat dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial" (Pedoman Dasar Karang Taruna Sesuai Peraturan Menteri Sosial RO Nomor 83/HIK/2005).Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yangtumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakatkhususnya generasi muda di wilayah Desa/ Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yangterutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial. Sebagai organisasi sosial kepemudaanKarang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalamupaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensiyang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telahada.Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga dimana telah pula diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari Desa / Kelurahan sampai pada tingkat Nasional.Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaananggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.
Geneasi Muda
Generasi muda adalah bagian dari penduduk dunia yang sangat potensial danmemiliki sumbangan teramat besar bagi perkembangan masa depan dunia. Pemuda adalahsuatu generasi yang di pundaknya tertumpu harapan dari generasi lainnya. Hal ini dapatdimengerti karena pemuda diharapkan sebagai generasi penerus yang akan melanjutkan perjuangan generasi sebelumnya dan harus mengisi serta menjaga keberlangsungan estafet pembangunan secara terus-menerus.Pembicaraan mengenai generasi muda tidak pernah terlepas dengan adanya berbagai permasalahan yang sangat bervariasi, sedangkan permasalahan tersebut tidak dapat diatasisecara proporsional sendiri-sendiri. Jika hal ini dibiarkan maka pemuda akan kehilangan jatidiri sebagai pemuda penerus bangsa. Bahkan akan sangat berbahaya bila generasi muda akanterjerumus ke dalam tindakan-tindakan yang negatif dan merugikan diri sendiri maupunmasyarakat, bangsa dan agama.
- 3 -

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Ganev Setiawan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->