Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Alat Musik Tradisional

Alat Musik Tradisional

Ratings: (0)|Views: 231|Likes:
Published by Yash Ier Nst

More info:

Published by: Yash Ier Nst on Oct 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/31/2012

pdf

text

original

 
KLIPPING
OLEH :
NAMA : BEBY YUNIKAKELAS : X AK-4
 
1.
 
ANGKLUNGAngklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembangdalam masyarakat berbahasa Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat daribambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipabambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nadadalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Angklung terdaftar sebagai Karya AgungWarisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.2.
 
BONANG BARUNGBonang Barung adalah salah satu bagiandari seperangkat Gamelan Jawa, Bonangterbagi menjadi dua yaitu Bonang barungdan Bonang penerus.Bonang barung berukuran sedang, beroktaf tengah sampai tinggi, adalah salah satu dariinstrumen-instrumen pemuka dalamAnsambel. Khususnya dalam teknik tabuhan pipilan, pola-pola nada yang selalumengantisipasi nada-nada yang akan datang dapat menuntun lagu instrumen-instrumenlainnya. Pada jenis gendhing bonang, bonang barung memainkan pembuka gendhing(menentukan gendhing yang akan dimainkan) dan menuntun alur lagu gendhing. Pada teknik tabuhan imbal-imbalan, bonang barung tidak berfungsi sebagai lagu penuntun; ia membentuk pola-pola lagu jalin-menjalin dengan bonang panerus, dan pada aksen aksen penting bonangboleh membuat sekaran (lagu-lagu hiasan), biasanya di akhiran kalimat lagu.3.
 
GENDANGKendang, kendhang, atau gendang adalah instrumen dalam gamelan Jawa Tengah yang salahsatu fungsi utamanya mengatur irama. Instrument ini dibunyikan dengan tangan, tanpa alatbantu.Jenis kendang yang kecil disebut ketipung, yang menengah disebut kendangciblon/kebar. Pasangan ketipung ada satu lagi bernama kendang gedhe biasa disebut kendangkalih. Kendang kalih dimainkan pada lagu atau gendhing yang berkarakter halus sepertiketawang, gendhing kethuk kalih, dan ladrang irama dadi. Bisa juga dimainkan cepat padapembukaan lagu jenis lancaran ,ladrang irama tanggung. Untuk wayangan ada satu lagikendhang yang khas yaitu kendhang kosek.Kendang kebanyakan dimainkan oleh para pemain gamelan profesional, yang sudah lamamenyelami budaya Jawa. Kendang kebanyakan di mainkan sesuai naluri pengendang,
 
sehingga bila dimainkan oleh satu orang denga orang lain maka akan berbeda nuansanya.4.
 
KENONGKenong merupakan unsur instrumen pencon gamelan yang paling gemuk,dibandingkan dengan kempul dan gong yang walaupun besar namun berbentuk pipih.Kenong ini disusun pada pangkon berupa kayu keras yang dialasi dengan tali,sehingga pada saat dipukul kenong tidak akan bergoyang ke samping namun dapatbergoyang ke atas bawah, sehingga menghasilkan suara. Bentuk kenong yang besarmenghasilkan suara yang rendah namun nyaring dengan timber yang khas (dalamtelinga masyarakat Jawa ditangkap berbunyi ning-nong, sehingga dinamakan kenong).Dalam gamelan, suara kenong mengisi sela-sela antara kempul.5.
 
KOLINTANGKolintang atau kulintang adalah alat musik yang terdiri dari barisan gong kecil yangdiletakkan mendatar. Alat musik ini dimainkan dengan diiringi oleh gong tergantungyang lebih besar dan drum. Kolintang merupakan bagian dari budaya gong AsiaTenggara, yang telah dimainkan selama berabad-abad di Kepulauan Melayu Timur -Filipina, Indonesia Timur, Malaysia Timur, Brunei, dan Timor. Alat musik iniberkembang dari tradisi pemberian isyarat sederhana menjadi bentuk seperti sekarang.Kegunaannya bergantung pada peradaban yang menggunakannya. Dengan pengaruhdari Hindu, Buddha, Islam, Kristen, dan Barat, Kulintang merupakan tradisi gongyang terus berkembang.Alat musik ini dibuat dari kayu lokal yang ringan namun kuat seperti telur, bandaran,wenang, kakinik kayu cempaka, dan yang mempunyai konstruksi fiber paralel. Namakolintang berasal dari suaranya: tong (nada rendah), ting (nada tinggi) dan tang (nadabiasa). Dalam bahasa daerah, ajakan "Mari kita lakukan TONG TING TANG" adalah:" Mangemo kumolintang". Ajakan tersebut akhirnya berubah menjadi kata kolintang.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->