Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
METODOLOGI PENELITIAN

METODOLOGI PENELITIAN

Ratings: (0)|Views: 315|Likes:
Published by Agustriono SPd

More info:

Published by: Agustriono SPd on Oct 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/08/2012

pdf

text

original

 
BAB IKONSEP-KONSEP DASAR PENELITIAN
A.Upaya-upaya Manusia untuk Memperoleh Kebenaran
1.Curiousity is Beginning of Knowledge
Pengetahuan (
knowledge
) dan ilmu (
 science
) berawal dari kekaguman manusiaakan alam yang dihadapinya, baik alam besar (
macro cosmos
) maupun alam kecil(
micro cosmos
). Kekaguman tersebut kemudian menyebabkan timbulnya rasa ingintahu (
curiousity
). Rasa ingin tahu manusia akan terpuaskan bila dirinyamendapatkan penjelasan mengenai apa yang dipertanyakan.Untuk itu manusia menempuh berbagai upaya agar memperoleh pengetahuan yang benar (kebenaran), yang secara garis besar dibedakan menjadi dua: secaratradisional (pendekatan non ilmiah) dan secara modern (pendekatan ilmiah).
2.Pendekatan Non ilmiah
Upaya untuk memperoleh pengetahuan atau memahami fenomena-fenomenatertentu ada yang dilakukan secara tradisional atau non ilmiah. Upaya ini muncul dimasyarakat secara alami seiring dengan munculnya berbagai fenomena ataumasalah yang membutuhkan penjelasan. Ada beberapa pendekatan non-ilmiah yang banyak dipakai untuk memperoleh pengetahuan atau kebenaran (Suryabrata, 2000:3; Ary, Jacobs, dan Razavieh, 2000: 20) yaitu : a. akal sehat, b. prasangka, c. intuisi,d.penemuan kebetulan dan coba-coba (
trial and error 
), e. pendapat otoritas dan pikiran kritis , serta f. pengalaman (Sumadi Suryabrata, 2000 : 3).
3.Pendekatan Ilmiah (modern)
Dengan pendekatan ilmiah manusia berusaha memperoleh kebenaran ilmiah, yaitukebenaran yang dapat dipertanggung jawaban secara rasional dan empiris.Kebenaran semacam ini dapat diperoleh dengan metoda ilmiah (
 scientific method 
).Metoda ilmiah dapat dibedakan menjadi dua macam (Johnson, 2005), yaitu :
a.Deductive method involved the following three steps :
State the hypothesis (based on theory or research literature);
Collect data to test hypothesis;
 Make decision to accept or reject the hypothesis.b.Inductive method. This approach also involves three steps:
Observe the world;
Search for a pattern in what is observed;
 Make a generalization about what is occuring.
B.Pengertian Penelitian
Hal. 1
 
1.Tinjauan secara Etimologis
Secara etimologis, istilah research berasal dari dua kata, yaitu
re
dan
 search
.
 Re
 berarti kembali atau berulang-ulang dan
 search
 berarti mencari, menjelajahi, ataumenemukan makna. Dengan demikian penelitian atau research berarti mencari,menjelajahi atau menemukan makna kembali secara berulang-ulang (SudarwanDanim dan Darwis, 2003 : 29).a.Menurut Ary, Jacobs, dan Razafieh (1992 : 44)
Penelitian dapat dirumuskan sebagai pendekatan ilmiah pada pengkajian masalah.
Penelitian merupakan usaha sistematis dan objektif untuk mencaripengetahuan yang dapat dipercaya. b.Menurut Ostle (Moh. Nazir, 1997 : 15)
Penelitian dengan mengunakan metoda ilmiah(
 scientific method 
)disebut penelitian ilmiah (
 scientific research
).
Dalam penelitian ilmiah selalu ditemukan 2 unsur penting, yaitu unsureobservasi (empiris) dan nalar (rasional).Dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ilmiahmerupakan suatu proses yang dilakukan secara sistematis dan objektif yangmelibatkan unsur penalaran dan observasi untuk menemukan, memferivikasi, danmemperkuat teori serta untuk memecahkan masalah yang muncul dalam kehidupan.
C.Tujuan Penelitian
Ada tujuan tertentu yang akan dicapai melalui penelitian. Berdasarkan kesimpulantentang pengertian penelitian sebagaimana dikemukakan di atas dapat diidentifikasitujuan penelitian, yaitu sebagai berikut:
1.
Untuk memperoleh data empiris yang dapat digunakan dalam merumuskan,memperluas, dan memverifikasi teori. Tujuan penelitian seperti ini dimiliki olehilmu-ilmu murni (
 pure science
)
2.
Untuk memecahkan persoalan yang ada dalam kehidupan. Tujuan penelitiansemacam ini terdapat pada ilmu-ilmu terapan (
applied sciences
)
D.Ragam Penelitian
Penelitian dapat diklasifikasikan menjadi bermacam-macam. Klasifikasi tersebutdapat dilakukan berdasarkan beberapa tinjauan yaitu : bidang ilmu, pendekatan,tempat pelaksanaan, pemakaian, tujuan umum, taraf, metoda, dan ada tidaknyaintervensi terhadap variabel.
Hal. 2
 
1.Klasifikasi Penelitian berdasarkan Bidang Ilmu
Ada bermacam-macam bidang ilmu dan jika penelitian dilakukan untuk bidangilmu tertentu maka ragam penelitian yang dilakukan disebut sesuai dengan bidangilmu tersebut. Dengan demikian ditinjau berdasarkan bidang-bidang ilmu yang ada penelitian dapat dibedakan menjadi : a. penelitian pendidikan, b. penelitiankedokteran, c. penelitian keperawatan, d. penelitian kebidanan, e. penelitianekonomi, f. penelitian pertanian, g. penelitian biologi, h. penelitian sejarah, dst.
2.Klasifikasi Penelitian Berdasarkan Pendekatan yang Dipakai 
Berdasarkan pendekatan yang dipakai, penelitian dapat dibedakan menjadi penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Masing-masing pendekatan tersebutmemiliki paradigma, asumsi, karakteristik sendiri-sendiri. Kedua pendekatan penelitian tersebut dapat dilakukan dengan cara simultan dan saling mengisi sesuaidengan kebutuhan, sehingga dapat diwujudkan proses penelitian yangkomprehensif.
3.
 Klasifikasi Penelitian Berdasarkan Tempat Pelaksanaannya
Penelitian dapat dilakukan diberbagai tempat, yaitu di perpustakaan, lapangan,laboratorium atau gabungan dari tempat-tempat tersebut. Atas dasar tinjauantersebut penelitian dibedakan menjadi : a. penelitian perpustakaan (libraryresearch), b. penelitian laborartorium (laboratory research), dan c. penelitianlapangan (field research).
4.Klasfikasi Penelitian Ditinjau berdasarkan Pemakaiannya
Hasil penelitian dapat dipakai untuk mengembangkan dan memverifikasi teroriserta memecahkan masalah. Atas dasar tinjauan ini penelitian dapat dibedakanmenjadi :a.Penelitian penelitian murni (pure research atau basic research)Penelitian murni atau penelitian dasar merupakan penelitian yang dilakukandengan maksud hasil penelitian tersebut dipakai untuk mengembangkan danmemverifikasi teori-teori ilmiah. b.Penelitian terapan (applied research).Penelitian terapan adalah ragam penelitian dimana hasilnya diterapkan berkenaan dengan upaya pemecahan masalah.
5.Klasifikasi Penelitian Berdasarkan Tujuan Umumnya
Berdasarkan tujuan umumnya, penelitian dibedakan menjadi : penelitianeksploratif, penelitian pengembangan, dan penelitian verifikatif.a.Penelitian eksploratif, adalah penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk mengekplorasi fenomena yang menjadi sasaran penelitian.
 b.
Penelitian pengembangan (developmental research), adalah penelitian yangdilakukan untuk mengembangan suatu konsep atau prosedur tertentu.
c.
Penelitian verifikatif, merupakan penelitian yang dilakukan dengan tujuanmembuktikan kebenaran suatu teori pada waktu dan tempat tertentu.
Hal. 3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->