Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Uji Kompetensi Tenaga Honorer Kategori 2

Uji Kompetensi Tenaga Honorer Kategori 2

Ratings: (0)|Views: 223|Likes:

More info:

Published by: Rangga Adriansyah Qr on Oct 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/30/2013

pdf

text

original

 
Uji Kompetensi Tenaga Honorer Kategori 2, Sebagai Ajang Pembuktian Kualitas Tenaga Honorer
Pada pertengahan tahun 2013 direncanakan akan diselenggarakan ujian kompetensi bagi tenaga honorer kategori2. Saat ini sejujurnya, ada beberapa pejabat pemerintahan dan sebagian masyarakat lewat statemen atau pernyataan di media ataupun sebagai pandangan pribadi yang tidak disampaikan ke khalayak umum bahwakualitas tenaga honorer kategori 2 rendah dan tidak mempunyai kompetensi sama sekali. Hal ini terjadi karenamenurut sebagian besar masyarakat tenaga honorer kategori 2 masuk menjadi tenaga honorer lewat jalu persaudaraan, pertemanan, kenalan, dan lain sebagainya dan tanpa melalui tes sama sekali. Hal ini bisa juga benar untuk sebagian tenaga honorer namun tidak juga dapat digeneralisir. Karena ada juga dan bahkan banyak tenagahonorer yang melamar pekerjaan secara resmi dan tanpa ada yang membawa, murni berdasarkan ijazah dan pendidikan yang dimiliki.Uji kompetensi inilah saatnya sebagai ajang pembuktian kepada masyarakat dan pemerintah tentang kualitastenaga honorer kategori 2. Untuk itu tenaga honorer kategori 2 harus mempersiapkan diri mulai sekarang untuk menghadapi ujian kompetensi di tahun depan. Adapun materinya adalah :
Tes Persamaan Kata (Sinonim)
Tes Lawan Kata (Antonim)
Tes Padanan Hubungan Kata (Analogi)
Tes Pola Bilangan/ Deret Hitung (Series)
Tes Logika Kuantitatif (Penalaran)
Tes Penarikan Kesimpulan (Silogisme)
Test Toefl
Psycho Test
Bahasa Indonesia
Pancasila
Tata Negara
Sejarah Indonesia
Kebijaksanaan Pemerintah
Bahasa Inggris
Pemerintahan Propinsi, Kota, Kabupaten
Kemampuan bidangSetelah munculnya PP No. 48 Tahun 2005 tentang pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS, praktis banyak masyarakat dalam usia kerja berbondong-bondong menjadi tenaga honorer, meskipun pemerintah telahmelarangnya. Masuk menjadi tenaga honorer dengan honor yang sangat sedikit bahkan cenderung tidamanusiawi dan berada jauh dibawah UMR rela dijalani dengan harapan suatu saat dapat diangkat menjadi PNSdengan mempertimbangkan masa kerja dan pengabdian mereka.
 
Setelah adanya revisi yang kedua atas PP 48 Tahun 2005 yaitu PP No.56 Tahun 2012 tentang pengangkatantenaga honorer yang mengakomodir tenaga honorer kategori 1 dan tenaga honorer kategori 2 untuk dapat diangkatmenjadi PNS, praktis harapan mereka semakin tumbuh.Jumlah tenaga honorer yang masuk setelah tahun 2005 ini diberbagai instansi pemerintah ini saya rasa jumlahnyacukup besar bahkan lebih besar dari jumlah tenaga honorer kategori 1 dan 2. Saat ini mereka cenderung diamsambil mencermati semua kejadian terkait tenaga honorer kategori 1 dan 2. Mereka mungkin sadar bahwa tidak ada harapan pengangkatan menjadi PNS untuk periode sekarang. Namun saya memprediksi mereka akan bersuara dengan lantang untuk dapat diangkat menjadi tenaga honore pada periode pemerintahan berikutnya. Hal ini karena untuk saat ini yang mendapatkan prioritas untuk dapatdiangkat menjadi CPNS adalah tenaga honorer kategori 1 dan 2. Tentunya mereka akan sangat berharap akanadanya kebijakan yang mengakomodir pengangkatan mereka menjadi CPNS dan akan terus memperjuangkanyasampai tujuanya tercapai.Hal ini menjadi PR besar bagi pemerintah untuk dapat menuntaskan permasalahan tenaga honorer tanpamenciderai rasa keadilan masyarakat. Semoga permasalahan tenaga honorer tidak berlarut-larut dan cepat selesaidengan memenuhi rasa keadilan bagi semua pihak dan tidak ada yang merasa dirugikan.Mungkin pemerintah bisa mengambil jalan tengah dengan mengeluarkan peraturan pemerintah yang mengatur  pengangkatan tenaga honorer menjadi pegawai tidak tetap pemerintah dengan honor setara UMR dan juga pengangkatan tenaga honorer yang diambilkan dari pegawai tidak tetap pemerintah ini yang kompetensinyamemadai dan dapat diandalkan untuk dapat dinaikan statusnya menjadi CPNS. Saya rasa itu cukup adil, yang berkualitas yang naik status, yang kualitasnya pas-pasan harus terima tetap menjadi pegawai tidak tetap pemerintah.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->