Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kelebihan Dan Kekurangan Metode Ceramah

Kelebihan Dan Kekurangan Metode Ceramah

Ratings: (0)|Views: 97 |Likes:
Published by Dedy 'Junaidi' Olii

More info:

Published by: Dedy 'Junaidi' Olii on Oct 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/20/2012

pdf

text

original

 
Metode CeramahCeramah merupakan salah satu metode mengajar yang paling banyak digunakan dalam prosesbelajar mengajar. Metode ceramah ini dilakukan dengan cara menyampaikan materi pelajarankepada peserta didik secara langsung atau dengan cara lisan. Penggunaan metode ini sifatnyasangat praktis dan efisien bagi pemberian pengajaran yang bahannya banyak dan mempunyaibanyak peserta didik.Metode ceramah merupakan cara mengajar yang paling tradisional dan telah lama dijalankandalam sejarah pendidikan, oleh karena itu metode ini boleh dikatakan sebagai metode pengajarantradisional karena sejak dulu metode ini digunakan sebagai alat komunikasi guru dalammenyampaikan materi pelajaran. Metode ini sejak dulu sudah digunakan dalam mengembangkandan mendakwakan agama Islam baik Nabi Muhammad saw maupun para Sahabat-sahabatnya.
Kelebihan & Kekurangan Metode Ceramah dalam Pembelajaran.
Untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang pengertian metode ceramah, dapat kita lihat beberapadefenisi yang dikemukakan oleh para ahli yaitu:Menurut SuryonoMetode ceramah adalah Penuturan atau penjelasan guru secara lisan, di mana dalampelaksanaanya guru dapat menggunakan alat bantu mengajar untuk memperjelas uraian yangdisampaikan kepada murid-muridnya.[1]Menurut Roestiyah N.KMetode ceramah adalah Suatu cara mengajar yang digunakan untuk menyampaikan keteranganatau informasi atau uraian tentang suatu pokok persoalan serta masalah secara lisan.[2]Menurut Team Didaktik Metodik 
“Metode ceramah adalah Penerangan dan penuturan secara lisan oleh guru terhadap kelas”.
[3]Dengan berbagai macam pendapat yang penulis paparkan di atas, maka setelah dianalisa denganbaik dan seksama maka pada dasarnya pengertian itu sama, yaitu penulis mengambil kesimpulanbahwa metode ceramah merupakan suatu cara penyampaian informasi dengan lisan dari seorangkepada sejumlah pendengar di suatu ruangan.
Kelebihan & Kekurangan Metode Ceramah dalam Pembelajaran
Metode ceramah merupakan metode mengajar yang paling banyak digunakan, hal ini mungkindianggap oleh guru sebagai metode mengajar yang paling mudah dilaksanakan. Kalau bahanpelajaran dikuasai dan sudah ditentukan urutan penyampaiannya, guru tinggal menyajikannya didepan kelas. Siswa-siswa memperhatikan guru berbicara, mencoba menangkap apa isinya danmembuat catatan.
 
Gambaran pengajaran matematika dengan pendekatan metode ceramah adalah Gurumendominasi kegiatan belajar mengajar, defenisi dan rumus diberikan oleh guru, penurunanrumus atau pembutian dalil dilakukan sendiri oleh guru, diberitahukannya apa yang harusdikerjakan dan bagaimana menyimpulkannya, contoh-contoh soal diberikan dan dikerjakan pulasendiri oleh guru, langkah-langkah guru diikuti dengan teliti oleh siswa dan mereka meniru carakerja dan penyelesaian yang dilakukan oleh guru.Setiap metode pengajaran terdapat kelebihan dan kekurangannya termasuk metode ceramah.Adapun kelebihan dan kekurangan dari metode ceramah tersebut adalah sebagai berikut.
Kelebihan & Kekurangan Metode Ceramah dalam Pembelajaran
 Kelebihan Metode CeramahDapat menampung kelas besar, tiap siswa mempunyai kesempatan yang sama untuk mendengarkan, dan karenanya biaya yang diperlukan menjadi relatif lebih murah.Konsep yang disajikan secara hirarki akan memberikan fasilitas belajar kepada siswa. Gurudapat memberi tekanan terhadap hal-hal yang penting hingga waktu dan energi dapat digunakansebaik mungkin.Kekurangan atau tidak adanya buku pelajaran dan alat bantu pelajaran, tidak menghambatterlaksananya pelajaran dengan ceramah.
 
 Kekurangan Metode CeramahPelajaran berjalan membosankan dan siswa-siswa menjadi pasif, karena tidak berkesempatanuntuk menemukan sendiri oleh konsep yang diajarkan. Siswa hanya aktif membuat catatan saja.Kepadatan konsep-konsep yang diberikan dapat berakibat siswa tidak mampu menguasai bahanyang diajarkan.Pengetahuan yang diperoleh melaui ceramah lebih cepat terlupakan.Ceramah menyebabkan belajar siswa
menjadi “Belajar Menghafal” yang tidak mengakibatkan
timbulnya pengertian.[6]Salah satu peran penting dalam kegiatan belajar mengajar adalah guru atau pendidik. Tugas guruadalah melihat apakah berbagai pengaruh yang ada disekeliling siswa telah dipilih dan diaturagar dapat mendorong timbulnya minat belajar dikalangan anak didik. Untuk bidang studimatematika, guru diminta agar tidak mendominasi kelas dan pengajaran supaya berpusat kepadaanak atau siswa. Sebenarnya dalam penggunaan metode ceramah pada proses belajar mengajaradalah metode yang sangat baik, dengan memperhatikan isyarat yang dikemukakan oleh Iman AlGazali dalam M. Athiyah Al Abrasyi
 Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam
 Seorang guru membatasi dirinya dalam berbicara dengan anak-anak sesuai dengan dayapengertiannya, jangan diberikan kepadanya sesuatu yang tidak dapat ditangkap oleh akalnyakarena akibatnya ia akan lari dari pelajaran atau akalnya memberontak terhadapnya.[7]Isyarattersebut di atas harus diperhatikan oleh seorang guru di dalam memberikan pelajaran, karenaketika guru memberikan pelajaran yang tidak sesuai dengan materi pelajaran yang diterimanyaatau tingkat kecerdasannya maka akan sangat fatal akibatnya bagi anak bahkan akanmenimbulkan dekadensi belajar dan trauma bagi anak . Olehnya itu di dalam menyajikan suatupelajaran bagi guru hendaknya sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan dan sesuai dengantingkat pola pikir anak didik.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->