Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
[Www.indowebster.com]-Makalah Komunikasi Keperawatan - Bab I - VI

[Www.indowebster.com]-Makalah Komunikasi Keperawatan - Bab I - VI

Ratings: (0)|Views: 231 |Likes:
Published by wonoboyoindah

More info:

Published by: wonoboyoindah on Oct 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/08/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Berkomunikasi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh semua orang, tanpaterkecuali. Bahkan orang tuli dan orang buta pun melakukan komunikasi, meski dengancaranya sendiri. Komunikasi dilakukan setiap waktu, dari bangun tidur hingga tidur kembali,sehingga komunikasi merupakan hal yang dianggap biasa karena orang sudah terbiasamelakukannya.Namun, bila ditilik lebih dalam, dalam berkomunikasi memiliki teori dan teknik-teknikyang tidak setiap orang tahu. Bila dipelajari, teknik-teknik ini dapat membantu para perawatdalam berkomunikasi, tidak hanya berkomunikasi biasa, namun berkomunikasi terapeutikdengan pasiennya.Untuk itulah makalah ini disusun, agar para perawat dapat mempelajari teknik-teknikberkomunikasi.
B. RUMUSAN MASALAH
Penyusunan makalah ini didasari atas:1. Apakah komunikasi itu?2. Bagaimana teknik berkomunikasi dengan anak hingga lansia?3. Teori apa sajakah yang menjelaskan komunikasi?4. Bagaimana cara berkomunikasi secara terapeutik dengan klien?
C. TUJUAN
 
Pembuatan makalah ini bertujuan :1. Menjabarkan mengenai apa itu komunikasi.
 
2. Menjelaskan macam teknik komunikasi dengan anak hingga orang lansia danhambatanya.
 
3. Menjelaskan berbagai teori mengenai teknik komunikasi
 
4. Membantu perawat dalam berkomunikasi terapeutik dengan kliennya.
 
D. MANFAAT
 
1. Mengerti dan memahami konsep komunikasi2. Dapat membantu perawat dalam mempelajari teknik-teknik dalam berkomunikasi3. Perawat memahami berbagai teori dalam berkomunikasi4. Perawat dapat melakukan komunikasi terapeutik terhadap klien.
 
2
BAB IIPEMBAHASAN1. KOMUNIKASI
A. KOMUNIKASI
Komunikasi merupakan seni penyampaian informasi (pesan, ide, sikap/gagasan)dari komunikator/ penyampai berita untuk mengubah serta membentuk perilakukomunikan/ penerima berita (pola, sikap, pandang dan pemahamannya) ke pola danpemahaman yang dikehendaki bersama.1. Tingkatan KomunikasiTingkatan komunikasi dibagi dalam 3 tingkatan, yaitu :a. Komunikasi IntrapersonalKomunikasi dengan diri sendiri, berusaha mengenal diri sendiri, dansegala konsep diri yang melingkupinya, menanyakan diri sendiri tentangsegala hal yang diinginkan/ yang ingin diketahui terkait dengan keinginan,kebutuhan, dll.Metode : refleksi, renungan, curhat/ diary, kontemplasi.b. Komunikasi InterpersonalBerkomunikasi dengan orang lain secara face to face maupun dalamkelompok.Metode : komunikasi searah, komunikasi dua arah.c. Komunikasi Massa :Menyampaikan informasi kepada beberapa orang disebuah situasi yangsengaja diciptakan.2. Tujuan Komunikasia. Untuk memudahkan, melancarkan, melaksanakan kegiatan tertentu dalammencapai suatu tujuan.b. Membina dan memelihara hubungan dengan orang lain.c. Untuk bermain dan menghibur diri.d. Untuk mengenali diri sendiri dan juga orang lain.3. Fungsi Komunikasia. Sebagai informasi, sarana pendidikan untuk pendidik.b. Media untuk mentransfermasikan ilmu dari pendidik ke peserta didik.
 
3
c. Sarana dalam hubungan social.d. Melaksanakan kelangsungan hidup.e. Sarana komunikasi ekspresif dan ritual4. Elemen Komunikasia. Komunikator : orang yang mau berkomunikasi dengan orang lain.b. Pesan : berita yang disampaikan oleh komunikator melalui lambing/ gerakan.c. Saluran komunikasi : sarana untuk menangkap lambing yang kemudianditerjemahkan dalam bentuk persepsi yang member makna terhadap suatustimulus/ rangsangan.d. Komunikan : pihak yang diajak berkomunikasi.e. Umpan balik : arus umpan balik dalam rangka proses berlangsungnyakomunikasi.f. Referen (stimulus) : memotivasi seseorang untuk berkomunikasi denganorang lain.
B. PROSES KOMUNIKASI
Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan padakomunikannya,sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikandengan komunikatornya.1. Karakteristik KomunikasiKomunikasi memiliki berbagai karaketeristik, yaitu sebagai berikut:a. Komunikasi memerlukan sedikitnya dua orang.b. Hubungan yang terbentuk merupakan hasil dari kegiatan komunikasi.c. Komunikasi terjadi secara kontinu dan berulang-ulang.d. Seseorang yang melakukan komunikasi melakukan pertukaran pesan.e. Komunikasi verbal dan nonverbal berlangsung simulton.f. Seseorang yang melakukan komunikasi berespon terhadap pesan yangmereka dapat.g. Pesan yang diterima oleh komunikan tidak selalu sama dengan arti pesanyang dimaksud sebelumnya oleh komunikator atau seperti yang diharapkankomunikator.h. Pertukaran pesan memerlukan pengetahuan.i. Pengalaman masa lalu mempengaruhi pengiriman pesan dan interprestasipesan oleh penerima pesan dipengaruhi oleh pengalaman masa lalu. j. Komunikasi dipengaruhi oleh seseorang menilai dirinya sendiri dan olehmateri yang dikomunikasikan.

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Chriska Eka liked this
Itha Bajawa liked this
Asep Yosep liked this
INgin Kembali liked this
Dede Pasca liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->