Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Modul Kompresor

Modul Kompresor

Ratings: (0)|Views: 35 |Likes:
Published by Witrikartika Sary
testing
testing

More info:

Categories:Types, Maps
Published by: Witrikartika Sary on Oct 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2012

pdf

text

original

 
1.Kegiatan Belajar 1a.Tujuan Kegiatan Pembelajaran 1
Setelah menyelesaian unit ini anda harus mampu-Menjelaskan fungsi dan karakterisitik kompresor untuk mesinrefrigerasi.-Menjelaskan siklus kompresi.-Menentukan efisiensi volumetri-Menjelaskan gangguan pada kompreso
b.Uraian Materi 11.1 Pendahuluan
Kompresor didesain dan dirancang agar dapat memberikan pelayanan dalam jangka panjang walaupun digunakan secara terus menerus dalam sistem refrigerasikompresi gas. Untuk dapat melakukan performa seperti yang diharapkan makakompresor harus bekerja sesuai kondisi yang diharapkan, terutama kondisi suhudan tekanan refrigeran pada saat masuk dan meninggalkan katub kompresor.
1.2 Fungsi Kompresor
Dalam pembahasan siklus refrigeran pada sistem refrigerasi kompresi gastelah diketahui operasi kompresor. Maksud dari operasi kompresor adalah untuk memastikan bahwa suhu gas refrigeran yang disalurkan ke kondenser harus lebihtinggi dari suhu condensing medium.Stop Press:
Apa yang dimaksud dengan Condensing Medium ?Bila suhu gas refrigeran lebih tinggi dari suhu condensing medium ( udara atau air)maka energi panas yang dikandung refrigeran dapat dipindahkan ke condensingmedium. akibatnya suhu refrigeran dapat diturunkan walaupun tekanannya tetap.Oleh karena itu kompresor harus dapat mengubah kondisi gas refrigeran yang bersuhu rendah dari evaporator menjadi gas yang bersuhu tinggi pada saatmeninggalkan saluran discharge kompresor. Tingkat suhu yang harus dicapaitergantung pada jenis refrigeran dan suhu lingkungannya.
 
1.3 Jenis Kompresor
Dilihat dari prinsipoperasinya, maka kompresor dapat dibedakan menjadi duayaitu :a. Mechanical ActionYang termasuk dalam jenis ini adalah :
Kompresor Torak 
Kompresor Rotary
Kompresor SekrupPada mechanical action compressor, efek kompresi gas diperoleh denganmenurunkan volume gas secara reciprocating.Gambar 1.1 Aksi Mekanik dari Kompressor Torak  b. Rotary ActionPada rotary action compressor, efek kompresi diperoleh dengan menekan gas yang berasal dari ruang chamber menuju ke saluran tekan yang berdiameter kecil untuk menurunkan volume gas.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->