Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
15Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MATERI LDKS

MATERI LDKS

Ratings: (0)|Views: 1,984 |Likes:
Published by tokoamin

More info:

Published by: tokoamin on Oct 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/14/2013

pdf

text

original

 
1
Materi LDKSSMP Al Washliyah1, Villa Pondok Pemuda, Cibodas,1-2November2012DisusunOleh: VIREKA PUTRA MALANGI, S.E.
MATERI 1:KEPEMIMPINAN (LEADERSHIP)
I. Arti Penting Kepemimpinan
Kepemipinan (Leadership) asal kata dari pemimpin (leader: head) adalah seseorangyang mempergunakan wewenang (authority) dan kepemimpinannya, mengarahkanbawahan untuk mengerjakan sebagianpekerjaannya dalam mencapai tujuan bersama yaitudalam organisasi.Leader adalah seorang pemimpin yang mempunyai sifat-sifat kepemimpinan dankewibawaan (personality authority). Falsafah kepmimpinannya bahwa pemimpin adalahuntuk bawahan dan milik bawahan.
Asas utama kepemimpinan Pancasila
1.Ing Ngarso Sung Tuladha, artinya seorang pemimpin haruslah mampu lewat sifat danperbuatanya menjadikan dirinya pola panutan dan ikutan bagi orang-orang yangdipimpinanya.2.Ing Madya Mangun Karsa, artinya seorang pemimpin harus mampu membangkitkansemangat berswakarsa dan berkreasi pada orang–orang3.Tut Wuri Handayani, artinya seorang pemimpin harus mampu mendorong orangorangyang diasuhnya berjalan di depan dan sanggup bertanggung jawab.
II. Memupuk Jiwa Kepemimpinan
Sebagaimana dalam hadis yang artinya " Pemuda hari ini adalah generasi hari esok "ada istilah lain " Sekarang anakanak, esok lusa menjadi pemuda, apabila telah menjadipemuda, kelak akan menjadi pemimpin " Sayidina Ali RA, pernah berkata " bukanlahseorang pemuda jika ia berkata inilah bapaku, tapi seorang pemuda inilah saya"Ungkapan tadi memberi keyakinan bahwa kita merupakan generasi penerus bagibangsa kita sendiri seperti yang telah diungkapkan oleh Ir. Soekarno dalam pidatonyaberkata : " Berikan kepadaku seribu orang tua aku akan sanggup memindahkan kutub utaradan ke selatan, akan tetapi berikan kepadaku sepuluh pemuda aku akan sanggupmengubah wajah bangsa " artinya, bahwa dipundak kita, bangsa ini menaruh harapandalam kepada pemuda sebagai estafet dalam melanjutkan pembangunan. Sedangkan kitasadari bahwa salah satu pemicu keberhasilan pembangunan adalah sebagai generasimuda harus sejak dini memupuk jiwa kepemimpinan Apa yan harus kita lakukan dalam memupuk jiwa kepemimpinan ? untuk menjawabpertanyaan tersebut, maka kita harus mengetahui jiwa dan semangat yang harus dimilikioleh seorang pemimpin. Apakah itu ? Tak lain adalah disiplin, kerja sama dan toleransiserta memiliki tanggung jawab, mengetahui tugas dan mampu melaksanakannya sertaterbiasa hidup dengan perencanaan atau persiapan yang matang.Disiplin merupakan kesadran untuk mematuhi peraturan yang berlaku danmenghindari larangannya. Sejak dini rasa disiplin ini harus kita pupuk baik antara disiplindalam belajar, disiplin dalanmengerjkan pekerjaan rumah dan guru dalam mentaati tatatertib. Apabila telah terbiasa hidup berdisiplin baik di sekolah maupun di rumah , Insya Allahdalam diri kita akan terbentuk jiwa kepemimpinan yang patut diteladani.Seorang pemimpin adalah yang memiliki pengikat yang menggugah pengikutnyauntuk melakukan halhal tertentu, untuk mencapai sesuatu hasil (tujuan) melaluipemberian teladan kepada pengikutnnya dengan penuh tanggung jawab. Seorang calonpemimpin harus mau dan mahir mendengar,membaca, berbicara dan menulis.
 
2
Materi LDKSSMP Al Washliyah1, Villa Pondok Pemuda, Cibodas,1-2November2012DisusunOleh: VIREKA PUTRA MALANGI, S.E.
MATERI 2:TEHNIK PEMBUATAN PROPOSAL
A.Pengertian
Proposal berasal dari kata “propata”(inggris) yang berarti mengusulkan. Proposalberarti bersifat usulan. Istilah proposal biasanya dirangkai dengan kata-kata protjak/proyek,sehingga menjadi istilah proyek proposal berarti usulan rencana kegiatan yang menpunyaicirri-ciri khusus, singkat tetapi rinci, menyeluruh, tegas serta didiatur menurut garis tugas(bukan berdasarkan jabatan).Proyek proposal merupakan suatu perencanaan. Perencanaan artinyasuatu jalanuntuk menetapkan “kearah mana harus melangkah” dan mengidentifikasikan prasaratsampai ketempat tujuan dengan cara efektif dan efesien.Setiapaktifitaskehidupanhendaknyadidahuluiuntukperencanaan.Melalui perencaan ini apa yang menjadi tujuan yang hendak kita pakai atau mudah diraihdengan baik. Demikian pula suatu organisasi, diperlukan suatu perencanaanyang matang. Diharapkan setelah ditentukan suatu proposal para penyelenggara kegiatantidak mengambil putusan diluar apa yang telah ditetapkan didalam proposal.
B. FUNGSI DAN TUJUAN
Fungsi dan tujuan pembuatan proposal adalah sebagai berikut :1. Sebagai landasan berpijak dalam proses pelaksanaan kegiatan2. Sebagai acuan informasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan dari suatu kegiatan.3. Untuk memperoleh pengetahuan terhadap suatu kegiatan yang dilaksanakan.4. Memberikan kemudahan kepada penyelenggara dalam mendapat/memperolehdukungan.
C. KRITERIA
Proyek proposal mempunyai criteriasebagai berikut :1. Realitas dan terarah2. Disusun oleh orang yang berkompeten dan berpengalaman3. Didahului oleh observasi ke lapangan4. Dapat mengantisipasi hambatan-hambatan yang dihadapi
D. STRUKTUR ATAU ISI
Struktur atau isi proposal adalah rangkaian informasi yang dianggap perlu diketahui olehpihak-pihak yang terlibat langsung atau tidak langsung dengan misi kegiatan. Umumnyasuatu proposal mengandung unsure-unsur sebagi berikut :1. Latar belakang kegiatan (Dasar Pemikiran)2. NamaKegiatan3. Tema Kegiatan4. Landasan Kegiatan5. Tujuan Kegiatan6. Sasaran Kegiatan7. Pelaksana Kegiatan8. Peserta Kegiatan9. Waktu Penyelenggaraan Kegiatan10. Materi dan jenis Kegiatan
 
3
Materi LDKSSMP Al Washliyah1, Villa Pondok Pemuda, Cibodas,1-2November2012DisusunOleh: VIREKA PUTRA MALANGI, S.E.
11. Rencana AnggaranSumber PemasukanRencanaPengeluaran12. PenutupStruktur atau isi unsure proposal di atas bersifat planical artinya tidak mutlak. Bisa dikurangiatau ditambah bergantung pada kegiatan yang diselenggarakan.
E. PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
Persetujuan atau pengesahan artinya bahwausulan yang telah diajukan yang berisikegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan adalah logis, tepat, dan sesuai ataurelevan. Dengan demikian proposal itu akan mendapat persetujuan atau pengesahanbiasanya dilakukan oleh pimpinan ketua atau atasan yang berwenag dalam pengambilankeputusan.
F. PENUTUP
Demikian konsep singkat berkenaan dengan tehnik pembuatan proposal, semogadapat dijadikan acuan untuk melakukan aktifitas organisasi.
MATERI3:TEKHNIK PERSIDANGAN
A. Pengertian
Sidang adalah pertemuan formal diantara beberapa orang guna untukmembicarakan dan berusaha untuk mencari keputusan dengan tidak merugikan ataumenguntungkan salah satu pihak.
B. Macam-Macam Sidang
1. Ditinjau dari sudut pesertaa.Sidang Umum / sidang pleno / sidang paripurnab. Sidang komisic. Sidang sub komisi2. Ditinjau dari sudut keputusana. Kongres munasb. Musyawarah cabang, musdac. Konferensid. Musyawarah koordinator komisariate. Rapat anggota komisariat
C.Unsurunsur Persidangan
1. Tempat dan ruang persidangan2. Waktu sidang3. Perlengkapan sidang4. Peserta sidang5. Pemimpin sidang6. Acara sidang

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->