Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LA AP1

LA AP1

Ratings: (0)|Views: 111 |Likes:
Published by Lita Nurlaelati
Laporan Akhir Algoritma Pemrograman 1
Disusun Oleh : Lita Nurlaelati
Kelas : 1IA20
Universitas Gunadarma
2012
Laporan Akhir Algoritma Pemrograman 1
Disusun Oleh : Lita Nurlaelati
Kelas : 1IA20
Universitas Gunadarma
2012

More info:

Published by: Lita Nurlaelati on Oct 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/10/2012

pdf

text

original

 
 
LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM
Mata Praktikum :
Algoritma & Pemrograman 1
Kelas :
1IA20
Praktikumke- :
1
Tanggal :
15 Oktober 2012
Materi :
Pengenalan Java
 
NPM :
54412239
Nama :
Lita Nurlaelati
Ketua Asisten :Nama Asisten :Paraf Asisten :Jumlah Lembar :
12 (Dua belas) Lembar
LABORATORIUM INFORMATIKAUNIVERSITAS GUNADARMA2012
 
 1
SEJARAH JAVA
Terciptanya bahasa pemrograman Java berawal dari kebutuhan akan sebuah bahasapemrograman yang fleksibel, kecil dan kode yang netral terhadap platform. Pada awalnya,bahasa Java digunakan sebagai bahasa pemrograman pada peralatan yang memiliki memoriterbatas dan dibuat oleh berbagai perusahaan manufaktur.Tahun 1991, para ilmuwan dari Sun yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan JamesGosling mengacu pada sebuah sistem yang diterapkan pada bahasa Pascal. Niklaus Wirth,pencipta bahasa Pascal telah merancang bahasa portabel yang menghasilkan intermediatecode untuk mesin hipotesis. Mesin ini sering disebut dengan mesin maya (virtual machine).Kode ini kemudian dapat digunakan di sembarang mesin yang memiliki interpreter. Dengandemikian kode
 –
kode program tersebut dapat dijalankan pada berbagai macam platform.Green Project adalah nama pertama dari Java yang kemudian diganti menjadi Oak danakhirnya Java. Nama Java sendiri terinspirasi pada saat orang
 –
oran di proyek Green sedangmenikmati secangkir kopi di sebuah kedai kopi yang kemudian dengan tidak sengaja salahsatu dari mereka menyebutkan kata JAVA yang mengandung arti asal bijih kopi.
 
 2
FITUR
 –
FITUR PENTING JAVA1.
 
Java Virtual Machine (JVM)
JVM adalah sebuah mesin imajiner (maya) yang bekerja dengan menyerupaiaplikasi pada sebuah mesin nyata. JVM menyediakan spesifikasi hardware dan platformdimana kompilasi kode Java yang terjadi. Spesifikasi inilah yang membuat aplikasiberbasis Java menjadi bebas dari platform.Aplikasi program Java diciptakan dengan file teks berekstensi .java. program inidikompilasi menghasilkan satu berkas bytecode berekstensi .class atau lebih.
2.
 
Garbage Collection
Program Java melakukan garbage collection yang berarti program tidak perlumenghapus sendiri objek
 –
objek yang tidak digunakan lagi. Fasilitas ini menguranginbeban pengolahan memori oleh programmer dan mengurangi atau mengeleminasisumber kesalahan terbesar yang terdapat pada bahasa yang memungkinkan alokasidinamis.
3.
 
Code Security
Code security terimplementasi pada Java melalui penggunaan Java RuntimeEnvironment (JRE). Java menggunakan model pengamanan 3 lapis untuk melindungisistem dari untrusted Java Code.
KONSEP dan STRUKTUR JAVA
Program Java bersifat case sensitive. Artinya, penulisan huruf besar dan kecilmempengaruhi jalannya program. Contoh :
public class Kalkulator
berbeda dengan
public class kalkulator
Java pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secaramodular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodelkandunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut dapatdidistribusi dengan mudah . Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudahdengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada Java.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->