Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
2. Konst Perkerasan Jalan

2. Konst Perkerasan Jalan

Ratings: (0)|Views: 53 |Likes:
Published by Boy Presley

More info:

Published by: Boy Presley on Oct 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2012

pdf

text

original

 
I. KONTRUKSI PERKERASAN JALAN
 Yang dimaksud dengan konstruksi perkerasan jalan adalah lapisan suatu bahan yang diletakkandiatas tanah dasar pada jalur jalan rencana yang perfungsi sebagai:a). Pelindung tanah dasar terhadap erosi air.b). Lapisan perantara untuk menyebarkan beban lalu lintas ketanah dasar.
Jenis Konstruksi Perkerasan
Perkerasan modern pada umumnya terdiri dari beberapa lapis bahan dengan kualitas yangberbeda-beda dimana lapisan yang paling kuat diletakkan paling atas.Menurut sifat perekat yang digunakan, konstruksi perkerasn dapat dibagi menjadi dua golongan:a). Perkerasan fleksibelb). Perkerasan kakuPerkerasan fleksibel adalah perkerasan yang terdiri dari lapisan aspal, sedang perkersan kakuadalah perkerasan dari lapisan beton.Perbedaan perkerasan tersebut adalah sbb:
Perkerasan FleksibelPerkerasan Kaku
Jika ada beban permukaanperkerasan akan melendut dan jikabeban hilang akan kembali kebentuk semula (elastis)
Kekuatannya tergantung darikemampuan penyebaran teganganlapisan perkerasan jadi sangatdipengaruhi oleh kekuatan tanahdasar.
Jika ada beban permukaan tetapkaku.
Kekuatan lebih tergantung darilapisan beton dan tidak terlaluterpengaruh oleh kekuatan tanahdasar.Bentuk umum dari konstruksi perkerasan tersebut adalah sbb:a). Perkerasan FleksibelLapis permukaan (Surface)Lapis Pondasi Atas (Base)Lapis Pondasi Bawah ( Subbase)Tanah Dasar (Subgrade)b). Perkerasan KakuLapis permukaan merupakan plat betonLapis Pondasi
 
Tanah Dasar (Subgrade)
Syarat-syarat kekuatan/struktural
Konstruksi perkerasan jalan dipandang dari segi kemampuan memikul dan menyebarkan beban,haruslah memenuhi syarat-syarat:a). Ketebalan yang cukup sehingga mampu menyebarkan beban/muatan lalu lintas ke tanah dasar.b). kedap terhadap air, sehingga air tidak mudah meresap ke lapisan dibawahnya.c). Permukaan mudah mengalirkan air, sehingga air hujan yang jatuh diatasnya dapat cepat dialirkan.d). Kekuatan untuk memikul beban yang bekerja tanpa menimbulkan deformasi yang berarti.Untuk memenuhi hal tersebut diatas, perencanaan dan pelaksanaan konstruksi perkerasan jalanharuslah mencakup:1). Perencanaan tebal masing-masing lapisan perkerasan.Dengan memperhatikan daya dukung tanah dasar, beban lalu lintas yang akan dipikulnya,keadaan lingkungan, jenis lapisan yang dipilih, dapatlah ditentukan tebal masing-masing lapisanberdasarkan beberapa metode yang ada.2). Analisa campuran bahan.Dengan memperhatikan mutu dan jumlah bahan setempat yang tersedia, direncanakan suatususunan campuran tertentu sehingga terpenuhi spesifiksi dari jenis lapisan yang dipilih.3). Pengawasan pelaksanaan pekerjaan.Perencanaan tebal perkerasan yang baik, susunan campuran yang memenuhi syarat, belumlahdapat menjamin dihasilkannya lapisan perkerasan yang memenuhi apa yang diinginkan jika tidak dilakukan pengawasan pelaksanaan yang cermat mulai dari tahap penyapan lokasi dan materialsampai tahap pencampuran atau penghamparan dan akhirnya pada tahap pemadatan danpemeliharaan.Disamping itu tak dapat dilupakan sitem pemeliharaan yang terencana dan tepat selama umurpelayanan, termasuk didalamnya sistem drainase jalan tersebut.
2
 
II. DASAR-DASAR PELAKSANAAN PERKERASAN LENTUR (FLEKSIBLEPAVEMENT)
A. LAPIS PERMUKAAN (SURFACE COURSE)
Lapisan yang terletak paling atas disebut lapis permukaan, yang berfungsi sbb:1). Lapis perkerasan panahan beban roda, lapisan mempunyai stabilitas tinggi untuk menahanbeban roda selama masa pelayanan.2). Lapis kedap air, sehingga air hujan yang jatuh diatasnya tidak meresap kelapisan dibawahnyadan melemahkan lapisan-lapisan tersebut.3). Lapis aus (wearing course), lapisan yang langsung menderita gesekan akibat rem kendaraansehingga mudah menjadi aus.4). Lapis yang menyebarkan beban ke lapisan bawah, sehingga dapat dipikul oleh lapisan laindengan daya dukung yang lebih jelek.Guna dapat memenuhi fungsi tersebut diatas, pada umumnya lapisan permukaan dibuat denganmenggunakan bahan pengikat aspal sehingga menghasilkan lapisan yang kedap air dengan stabilitasyang tinggi dan daya tahan lama.Berdasarkan penggunaan bahan dan cara pencampuran maka jenis perkerasan fleksibel yangumum digunakan di Indonesia antara lain:
Lapisan yang bersifat nonstruktural
, berfungsi sebagai lapisan aus dan kedap air:a). Laburan aspal (BURAS), merupakan lapis penutup terdiri dari lapisan aspal taburan pasir denganukuran butir maksimum 3/8 inch.b). Laburan aspal satu lapis (BURTU), merupakan lapis penutup yang terdiri dari lapisan aspal yangditaburi dengan satu lapis agregat bergradasi seragam, dengan tebal maksimum 2 cm.c). Laburan aspal dua lapis (BURDA), merupakan lapis penutup yang terdiri dari lapisan aspal ditaburiagregat yang dikerjakan dua kali secara berurutan dengan tebal maksimum 3,5 cm.d). Lapis tipis aspal pasir (LATASIR), merupakan lapis penutup yang terdiri dari lapisan aspal dan pasiralam bergradasi menerus dicampur, dihampar dan dipadatkan pada suhu tertentu dengan tebalpadat 1 – 2 cm.e). Lapis tipis asbuton murni (LATASBUM), merupakan lapis penutup yang terdiri dari campuranasbuton dan bahan pelunak dengan perbandingan tertentu yang dicampur secara dingindengantebal maksimum 1 cm.f). Lapis tipis aspal beton (LATASTON), dikenal dengan nama HOT ROLL SHEET (HRS), merupakanlapis penutup yang terdiri dari campuran antara agregat bergradasi timpang, meneral pengisi(filler) dan aspal keras dengan perbandingan tertentu, yang dicampur dan dipadatkan dalamkeadaan panas. Tebal padat 2,5 – 3 cm.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->