Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Interpretasi Foto Udara Pembuatan Peta Tutup Lahan

Interpretasi Foto Udara Pembuatan Peta Tutup Lahan

Ratings: (0)|Views: 193 |Likes:
Published by Mooenita Rossy

More info:

Published by: Mooenita Rossy on Oct 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/21/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Fotogrametri dapat didefinisikan sebagai suatu seni, pengetahuan dan teknologi untuk memperoleh data dan informasi tentang suatu objek serta keadaan disekitarnya melalui suatu proses pencatatan, pengukuran dan interpretasi bayangan fotografis (hasil pemotretan). Salahsatu bagian dari pekerjaan fotogrametri adalah interpretasi foto udara. Oleh karena itu denganadanya praktikum tentang interpretasi foto udara dan pembuatan peta tutupan lahan kali inidiharapkan mahasiswa Program Studi Teknik Geodesi mampu melakukan interpretasi fotoudara dengan menggunakan prinsip-prinsip interpretasi yang benar serta dilanjutkan dengan pembuatan peta tutupan lahan. Adapun prinsip yang digunakan dalam interpretasi foto terdiridari 7 (tujuh) kunci interpretasi yang meliputi : bentuk, ukuran, pola, rona, bayangan, tekstur,dan lokasi. Dengan beracuan pada 7 (tujuh) kunci tersebut maka kita dapat mengidentifikasidengan jelas objek yang sebenarnya.Praktikum kali ini juga diberi tugas untuk membuat peta tutupan lahan dimana saat kini banyak sekali lahan yang tidak teridentifikasi kegunaannya. Sehingga dengan praktikumfotogrametri kali ini kita dituntut dapat membuat peta tata guna lahan yang akurat dan validsesuai kondisi sebenarnya dilapangan.
I.2 Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan praktikum Fotogrameri I ini adalah :a)Mahasiswa Memahami konsep interpretasi citra foto udara b)Mahasiswa melakukan interpretasi foto udara dengan menggunakan prinsip prinsipinterpretasi yang benar c)Mahasiswa mampu mengidentifikasi objek pada foto udara dilanjutkan pembuatan petatutupan lahand)Mahasiswa mampu menghitung luasan dari lahan yang ada pada peta tutupan lahan hasilinterpretasi.1
 
BAB IILANDASAN TEORI
II.1 Definisi Interpretasi Foto Udara
Interpretasi foto udara merupakan kegiatan menganalisa citra foto udara denganmaksud untuk mengidentifikasi dan menilai objek pada citra tersebut sesuai dengan prinsip- prinsip interpretasi. Interpretasi foto merupakan salah satu dari macam pekerjaanfotogrametri yang ada sekarang ini. Interpretasi foto termasuk didalamnya kegiatan-kegiatan pengenalan dan identifikasi suatu objek.Dengan kata lain interpretasi foto merupakan kegiatan yang mempelajari bayangan fotosecara sistematis untuk tujuan identifikasi atau penafsiran objek.Interpretasi foto biasanya meliputi penentuan lokasi relatif dan luas bentangan.Interpretasi akan dilakukan berdasarkan kajian dari objek-objek yang tampak pada fotoudara. Keberhasilan dalam interpretasi foto udara akan bervariasi sesuai dengan latihan dan pengalaman penafsir, kondisi objek yang diinterpretasi, dan kualitas foto yang digunakan.Penafsiran foto udara banyak digunakan oleh berbagai disiplin ilmu dalam memperolehinformasi yang digunakan. Aplikasi fotogrametri sangat bermanfaat diberbagai bidangUntuk memperoleh jenis-jenis informasi spasial diatas dilakukan dengan teknik interpretasifoto/citra,sedang referensi geografinya diperoleh dengan cara fotogrametri. Interpretasifoto/citra dapat dilakukan dengan cara konvensional atau dengan bantuan komputer.Salahsatu alat yang dapat digunakan dalam interpretasi konvensional adalah stereoskop dan alat pengamatan paralaks yakni paralaks bar.Didalam menginterpretasikan suatu foto udara diperlukan pertimbangan padakarakteristik dasar citra foto udara.Dan dapat dilakukan dengan dua cara yakni cara visualatau manual dan pendekatan digital.Keduanya mempunyai prinsip yang hampir sama. Padacara digital hal yang diupayakan antara lain agar interpretasi lebih pasti denganmemperlakukan data secara kuantitatif. Pendekatan secara digital mendasarkan pada nilaispektral perpixel dimana tingkat abstraksinya lebih rendah dibandingkan dengan caramanual. Dalam melakukan interpretasi suatu objek atau fenomena digunakan sejumlah2
 
kunci dasar interpretasi atau elemen dasar interpretasi. Dengan karakteristik dasar citra fotodapat membantu serta membedakan penafsiran objek – objek yang tampak pada foto udara.Berikut tujuh karakteristik dasar citra foto yaitu :
Bentuk 
Bentuk berkaitan dengan bentuk umum, konfigurasi atau kerangka suatu objek individual.Bentuk agaknya merupakan faktor tunggal yang paling penting dalam pengenalan objek padacitrta foto.
Ukuran
Ukuran objek pada foto akan bervariasi sesuai denagn skala foto. Objek dapatdisalahtafsirkan apabila ukurannya tidak dinilai dengan cermat.
Pola
Pola berkaitan susunan keruangan objek. Pengulangan bentuk umum tertentu atau keterkaitanmerupakan karakteristik banyak objek, baik alamiah maupun buatan manusia, danmembentuk pola objek yang dapat membantu penafsir foto dalam mengenalinya.
Rona
Rona mencerminkan warna atau tingkat kegelapan gambar pada foto.ini berkaitan dengan pantulan sinar oleh objek.
Bayangan
Bayangan penting bagi penafsir foto karena bentuk atau kerangka bayangan menghasilkansuatu profil pandangan objek yang dapat membantu dalam interpretasi, tetapi objek dalam bayangan memantulkan sinar sedikit dan sukar untuk dikenali pada foto, yang bersifatmenyulitkan dalam interpretasi.
Tekstur
Tekstur ialah frekuensi perubahan rona dalam citra foto. Tekstur dihasilkan oleh susunansatuan kenampakan yang mungkin terlalu kecil untuk dikenali secara individual dengan jelas pada foto. Tekstur merupakan hasil bentuk, ukuran, pola, bayangan dan rona individual.Apabila skala foto diperkecil maka tekstur suatu objek menjadi semakin halus dan bahkantidak tampak.3

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
Mellisa Ferizal liked this
Su Mad liked this
Mellisa Ferizal liked this
Iman Hilman liked this
Aiko Hanan liked this
Gita Della liked this
Ryan Lawman liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->