Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Studi Kelayakan Pendirian Radio Komunitas

Studi Kelayakan Pendirian Radio Komunitas

Ratings: (0)|Views: 527|Likes:
Published by YoSunaryo

More info:

Published by: YoSunaryo on Oct 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/14/2012

pdf

text

original

 
Contoh Studi Kelayakan Pendirian Radio KomunitasSTUDI KELAYAKAN - PENDIRIAN RADIO KOMUNITAS
 I. ASPEK PENDIRIAN
1.1 Latar Belakang
Perumahan Taman Griya Kencana yang lokasinya berada di jelang akhir lintasan kereta apiJakarta - Bogor, merupakan perumahan yang terus tumbuh dan berkembang. Selama setengahdasawarsa, pertumbuhan tingkat hunian serta ketersedian fasilitas umum dan fasilitas sosialkemasyarakatan, relatif tinggi bila dibandingkan dengan perumahan lainnya yang ada di KotaBogor.Pada kenyataannya, Perumahan Taman Griya Kencana berkembang menuju Perumahan yangamat majemuk. Profil warganya sangat beragam dari sisi profesi, ekonomi, suku, agama dankebudayaan. Kemajemukan merupakan salah satu asset yang sangat bermanfaat dalamperkembangan suatu komunitas perumahan. Namun sebaliknya juga dapat menjadi awalperpecahan bila kemajemukan tersebut tidak dapat dikelola dengan baik dan benar. Harapanuntuk mewujudkan kawasan pemukiman yang asri dan indah, tidak hanya harus dilandasi olehsemangat dan keyakinan yang besar, namun harus ditunjang oleh suatu wadah yang nantinyadapat berperan sebagai kendaraan bagi seluruh warga untuk dapat meningkatkan kualitasnyasebagai individu dan kualitasnya sebagai bagian dari suatu komunitas perumahan.Radio merupakan salah satu media yang dapat diandalkan sebagai media penyebaran informasiyang berkaitan dengan berbagai aspek dalam kehidupan bermasyarakat. Sifat radio yang relatif dapat mengatasi permasalahan ruang dan waktu dalam penyampaian informasi, serta dariaspek pengelolaannya relatif lebih mudah dibandingkan dengan media lainnya, diharapkandapat diandalkan sebagai media untuk mengelola kemajemukan yang ada di Perumahan TamanGriya Kencana menjadi modal utama dalam pengembangan Perumahan Taman Griya Kencana.Didasari pada kenyataan kemajemukan warga Perumahan Taman Griya Kencana tersebut, makadibentuklah Perkumpulan Radio Suara Kencana (PRSK) yang memiliki komitmen terhadapkemajuan dan perkembangan Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya, bersepakatuntuk bersama-sama membangun suatu media informasi dan komunikasi dalam bentuk stasiunradio komunitas dengan nama
RADIO SUARA KENCANA.
 
1.2 Maksud dan Tujuan Pendirian
Maksud dan Tujuan didirikannya Radio Komunitas dengan nama Radio Suara Kencana adalahsebagai berikut :
 
1. Meningkatkan kebersamaan dan Persaudaraan bagi seluruh warga Perumahan Taman GriyaKencana dan sekitarnya.2. Meningkatkan akses informasi dan komunikasi bagi seluruh warga Perumahan Taman GriyaKencana dan sekitarnya.3. Meningkatkan kesejahteraan warga dengan penyelenggaraan program yang bernuansaedukasi dan informasi dari aspek sosial, ekonomi, dan budaya dalam kehidupanbermasyarakat di Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya.4. Meningkatkan komunikasi dan kerjasama dengan aparat kewilayahan dalam penyampaianberagam informasi yang berasal dari lembaga pemerintah yang harus diketahui oleh seluruhwarga Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya.
1.3
 
Visi
Visi dari pendirian Radio Suara Kencana adalah :Menjadikan Radio Suara Kencana sebagai Alat Pemersatu dan media Komunikasi, Informasi, sertaAktualisasi Warga, yang berperan dalam mempercepat perkembangan aspek kehidupanbermasyarakat, dalam cakupan edukasi, sosial, ekonomi, budaya, seni dan keorganisasian yangmemberikan manfaat langsung kepada warga Perumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnya.,serta dikelola dengan prinsip keterbukaan, kebersamaan dan kemandirian denganmendayagunakan seluruh sumber daya yang ada di Perumahan Taman Griya Kencana dansekitarnya.
1.4
 
Misi
 Misi dari Pendirian Radio Suara Kencana adalah :1. Menyediakan sarana untuk mempersatukan seluruh warga Perumahan Taman Griya Kencanadan sekitarnya tanpa melihat adanya perbedaan suku, agama, ras, dan tingkat sosial ekonomimasyarakat.2. Menyediakan beragam informasi yang aktual dan mendidik melalui berbagai program siaranyang mencakup aspek edukasi, sosial, budaya, dan seni.3. Memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga Perumahan Taman Griya Kencanadan sekitarnya untuk mengaktualisasikan kemampuan individu dan kelompok dalammasyarakat dalam berbagai aspek kemampuan dan keahlian.4. Memberikan pembelajaran dan kesempatan kepada seluruh warga Perumahan Taman GriyaKencana dan sekitarnya untuk mengembangkan kemampuan manajemen dalam pengelolaansuatu unit kegiatan dalam organisasi kemasyarakatan dengan prinsip kemandirian dankebersamaan.
 
1.5
 
Gambaran Umum Rencana Kerja
 Gambaran Umum Rencana Kerja Perkumpulan Radio Suara Kencana (PRSK) dalam pengelolaan RadioSuara Kencana dapat digambarkan sebagai berikut :
Rencana Kerja Semester Pertama 2007 ( Januari - Juni )
 a.
 
Evaluasi Organisasi dan Susunan Personil Pengelola Radio Suara Kencanab.
 
Pengurusan Aspek perijinan Penyelenggaraan Penyiaran Komunitasc.
 
Penyusunan rencana penyiaran untuk Semester Pertamad.
 
Penyusunan Rencana Live Event dan kegiatan Off Air Semester Pertama.e.
 
Meningkatkan sosialisasi keberadaan Radio Suara Kencana ke seluruh warga Perumahan TamanGriya Kencana dan sekitarnyaf.
 
Meningkatkan Sosialisasi Keberadaan radio Suara Kencana ke seluruh kelembagaan yang ada diPerumahan Taman Griya Kencana dan sekitarnyag.
 
Sosialisasi Keberadaan Radio Suara Kencana ke aparat pemerintahan mulai dari tingkat Kelurahan,Kecamatan, hingga Kotamadya.h.
 
Peningkatan Peran serta warga untuk menjadi Penyiar Radio Suara Kencanai.
 
Peningkatan Kualitas Transmisi perangkat penyiaran j.
 
Penjajagan Kerjasama dengan pihak ketiga dalam bentuk materi penyiaran dan bantuan teknispenyiaran.k.
 
Meningkatkan upaya indentifikasi sumber-sumber pendanaan untuk biaya operasional rutin RadioSuara Kencana.l.
 
Penyusunan rencana perakitan Pemancar Mini untuk kegiatan Live Eventm.
 
Optimalisasi Perpustakaan sebagai salah satu sumber materi penyiarann.
 
Persiapan rencana produksi Feature untuk materi penyiaran
Rencana Kerja Semester Kedua 2007 ( Juli - Desember )
 a. Penyusunan Rencana Penyiaran Semester Keduab. Penyusunan Rencana Live Event dan kegiatan Off Air periode Semester Keduac. Peningkatan Kualitas Teknik Personil Penyiaran dengan kegiatan Studi Banding dan PelatihanIn-Housed. Produksi secara kontinu feature untuk Program Penyiarane. Perakitan Perangkat Pemancar Mini untuk kegiatan Live Eventf. Peningkatan Kualitas Perangkat Studio dan Produksi Siaran

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->