Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah

Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah

Ratings: (0)|Views: 525|Likes:
Published by Adhi S.
Sekolah merupakan sebuah sistem yang memiliki tujuan. Berkaitan dengan upaya mewujudkan tujuan tersebut, seringkalian masalah dapat muncul. Masalah-masalah itu dapat di kelompokan sesuai dengan tugas-tugas administratif yang menjadi tanggung jawab administrator sekolah, sehingga merupakan substansi tugas-tugas administratif kepala sekolah selaku administrator. Di antaranya adalah tugas yang di kelompokan menjadi substansi perlengkapan sekolah.
Sekolah merupakan sebuah sistem yang memiliki tujuan. Berkaitan dengan upaya mewujudkan tujuan tersebut, seringkalian masalah dapat muncul. Masalah-masalah itu dapat di kelompokan sesuai dengan tugas-tugas administratif yang menjadi tanggung jawab administrator sekolah, sehingga merupakan substansi tugas-tugas administratif kepala sekolah selaku administrator. Di antaranya adalah tugas yang di kelompokan menjadi substansi perlengkapan sekolah.

More info:

Published by: Adhi S. on Oct 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/17/2013

pdf

text

original

 
Manajemen Sarana dan Prasarana SekolahBAB IPENDAHULUANA.
 
LATAR BELAKANG
Sekolah merupakan sebuah sistem yang memiliki tujuan. Berkaitan dengan upaya mewujudkan tujuantersebut, seringkalian masalah dapat muncul. Masalah-masalah itu dapat di kelompokan sesuai dengantugas-tugas administratif yang menjadi tanggung jawab administrator sekolah, sehingga merupakansubstansi tugas-tugas administratif kepala sekolah selaku administrator. Di antaranya adalah tugas yang dikelompokan menjadi substansi perlengkapan sekolah.Upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah perlu didukung kemampuan manajerial KepalaSekolah. Kepala Sekolah hendaknya berupaya untuk mendayagunakan sumber-sumber, baik personalmaupun material, secara efektif dan efisien guna menunjang tercapainya tujuan pendidikan di sekolahsecara optimal.Manajemen sekolah akan efektif dan efisien apabila didukung oleh sumber daya manusia yang profesional untuk mengoperasikan sekolah, kurikulum yang sesuai dengan tingkat perkembangan dankarakteristik siswa, kemampuan dan commitment (tanggung jawab terhadap tugas) tenaga kependidikanyang handal, dan kesemuanya itu di dukung sarana-prasarana yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar, dana yang cukup untuk menggaji staf sesuai dengan fungsinya, serta partisipasimasyarakat yang tinggi. Bila salah satu hal diatas tidak sesuai dengan yang diharapkan atau tidak  berfungsi sebagaimana mestinya, maka efektivitas dan efisiensi pengelolaan sekolah kurang optimal.Dengan demikian harus ada keseimbangan antara komponen-komponen di atas. Untuk mencapaikeseimbangan tersebut, di perlukan pengelola yang mengerti dan memahami prinsip-prinsip dalam pegelolaan sarana prasarana sekolah untuk tercapainya tujuan pendidikan tertentu.
B.
 
RUMUSAN MASALAH
1) Apa yang di maksud dengan manajemen sarana prasarana / fasilitas pendidikan ?2) Apa saja ruang lingkup dalam pelaksanaan pemenuhan sarana prasarana pendidikan tersebut ?3) Bagaimana prinsip- prinsip manajemen sarana prasarana pendidikan ?4) Bagaimana proses yang harus di lakukan dalam manajemen serana prasarana pendidikan ?5) Bagaimana hubungan sarana prasarana dengan program pengajaran ?6) Bagaimana tanggung jawab kepala sekolah dan kaitannya dengan pengurusan dan prosedur sarana prasarana ?7) Bagaimana prosedur pengadaan dan pendistribusian sarana prasarana sekolah ?
C.
 
TUJUAN
Secara umum, tujuan manajemen sarana prasarana pendidikan adalah memberi layanan secara profesionaldi bidang sarana prasarana pendidikan dalam rangka terselenggaranya proses pendidikan secara efektif dan efisien. Secara rinci tujuannya adalah sebagai berikut :1) Untuk mengupayakan pengadaan serana dan prasarana pendidikan melalui sistem perencanaandan pengadaan yang hati-hati dan seksama. Dengan perkataan ini, melalui manajemen perlengkapan pendidikan di harapkan semua perlengkapan yang di dapatkan oleh sekolah adalahserana dan serana pendidikan yang berkualitas tnggi, sesuai dengan kebutuhan sekolah, dandengan dana yang efisien.
 
2) Untuk mengupayakan pemakaian sarana prasarana sekolah secara tepat dan efisien.3) Untuk menupayakan pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah, sehingga keberadaannya selaludan kondisi siap pakai setiap di perlukan oleh semua personel sekolah.
BAB IIPEMBAHASANA.
 
PENGERTIAN
Dalam rangka melaksanakan tugas-tugas yang di kelompokkan sebagai substansi perlengkapansekolah itu, di gunakan suatu pendekatan administratif tertentu yang disebut juga manajemen, yangmerupakan istilah yang cukup populer. Manajemen merupakan proses pendayagunaan semua sumber daya dalam rangka mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Pendayagunaan melaluitahapan proses yangmeliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan disebut manajemen (Sergiovanni,1987 ).Berdasarkan uraian singkat di atas dapat dikatakan bahwa manajemen perlengkapan sekolahmerupakan salah satu bagian kejian dalam administrasi sekolah (
 school administation
), atau administrasi pendidikan (
educational administration
).Secara sederhana, manajemen sarana prasarana sekolah dapat didefinisikan sebagai proses kerja pendayagunaan semua perlengkapan pendidikan secara efektif dan efisien. Perlengkapan sekolah, atau juga sering disebut dengan fasilitas sekolah, dapat dapat di kelompokan menjadi sarana pendidikan dan prasarana pendidikanPrasarana pendidikan adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsungmenunjang proses pendidikan di sekolah. Dalam pendidikan misalnnya lokasi atau tempat, bangunansekolah, lapangan olahraga, ruang dan sebagainya. Sedangkan sarana pendidikan adalah semua perangkat peralatan, bahan dan perabot yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan di sekolah,seperti: ruang , buku, perpustakaan, labolatarium dan sebagainya.Sedangkan menurut keputusan menteri P dan K No.079/1975, sarana pendidikan terdiri dari 3 kelompok  besar yaitu:1) Bangunan dan perabut sekolah2) Alat pelajaran yang terdiri dari pembukauan dan alat-alat peraga dan labolatarium3) Media pendidikan yang dapat dikelompokan menjadi audiovisual yang menguanakan alat penampil dan media yang tidak menggunakan alat penampil.B.
RUANG LINGKUP ADMINISTRASI SARANA PRASARANA
Agar tujuan-tujuan manajemen perlengkapan bisa tercapai ada beberapa prinsip yang perlu di perhatikan dalam mengelola perlengkapan di sekolah, prinsip-prinsip yang dimaksud adalah :1) Prinsip pencapaian tujuan2) Prinsip efisiensi3) Prinsip administratif 4) Prinsip kejelasan tanggung jawab5) Prinsip kekohesifan
1)
 
 Prinsip Pencapaian Tujuan
Pada dasarnya manajemen perlengkapan sekolah di lakukan dengan maksud agar semua fasilitassekolah dalam keadaan kondisi siap pakai. Oleh sebab itu, manajemen perlengkapan sekolah dapat dikatakan berhasil bilaman fasilitas sekolah itu selalu siap pakai setiap saat, pada setiap seorang personelsekolah akan menggunakannya.
2)
 
 Prinsip Efisiensi
 
Dengan prinsip efisiensi semua kegiatan pengadaan sarana dan prasarana sekolah di lakukandengan perencanaan yang hati, sehingga bisa memperoleh fasilitas yang berkualitas baik dengan hargayang relatif murah. Dengan prinsip efisiensi berarti bahwa pemakaian semua fasilitas sekolah hendaknyadilakukan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat mengurangi pemborosan. Maka perlengkapan sekolahhendaknya di lengkapi dengan petunjuk teknis penggunaan dan pemeliharaannya. Petunjuk teknis tersebutdi komunikasikan kepada semua personil sekolah yang di perkirakan akan menggunakannya. Selanjutnya, bilaman di pandang perlu, di lakukan pembinaan terhadap semua personel.
3)
 
 Prinsif administratif 
Di Indonesia terdapat sejumlah peraturan perundang-undangan yang berkenaan dengan saranadan prarana pendidikan sebagai contoh adalah peraturan tentang inventarisasi dan penghapusan perlengkapan milik negara. Dengan prinsip administratif berarti semua perilaku pengelolaan perlengkapan pendidikan di sekolah itu hendaknya selalu memperhatikan undang-undang, peraturan,instruksi, dan pedoman yang telah di berlakukan oleh pemerintah.Sebagai upaya penerapannya, setiap penanggung jawab pengelolaan perlengkapan pendidikan hendaknya memahami semua peraturan perundang-undangan tersebut dan menginformasikan kepada semua personel sekolah yang di perkirakanakan berpartisipasi dalam pengelolaan perlengkapan pendidikan
4)
 
 Prinsip Kejelasan Tanggung Jawab
Di Indonesia tidak sedikit adanya kelembagaan pendidikan yang sangat besar dan maju. Olehkarena besar, sarana dan prasarananya sangat banyak sehingga manajemennya melibatkan banyak orang.Bilaman hal itu terjadi maka perlu adanya pengorganisasian kerja pengelolaan perlengkapan pendidikan.Dalam pengorganisasiannya, semua tugas dan tanggung jawab semua orang yang terlibat itu perlu dideskripsikan dengan jelas
5)
 
 Prinsip Kekohesfan
Dengan prinsip kekohesfan berarti manajemen perlengkapan pendidikan di sekolah hendaknyaterealisasikan dalam bentuk proses kerja sekolah yang sangat kompak. Oleh kerena itu, walaupun semuaorang yang terlibat dalam pengelolaan perlengkapan itu telah memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, namun antara satu dengan yang lainnya harus selalu bekerja sama dengan baik.
C.
 
PROSES- PROSES MANAJEMEN SARANA PRASARANA
Sebelum telah di tegaskan bahwa manajemen sarana prasarana sekolah merupakan proseskerjasama pendayagunaan semua perlengkapan sekolah secara efektif dan efisien. Satu hal yang perlu di pertegas dalam definisi tersebut adalah bahwa manajemen sarana prasarana sekolah merupakan suatu proses pendayagunaan yang sasarannya adalah perlengkapan pendidikan, seperti perlengkapan sekolah, perlengkapan perpustakaan, media pengajaran, dan perlengkapan lainnya, manajeman perlengkapansekolah itu terwujud sebagai suatu proses yang terdiri atas langkah-langkah tertentu secara sistematis.Akhir- akhir ini banyak sekali uraian tentang langkah-langkah manajemen sarana prasaranasekolah sebagaimana di kemukakan oleh para teoritisi penggelolaan perlengkapan pendidikan. Stoops danJohnson (1967) pernah menggungkapkan bahwa langkah-langkah manajemen sarana prasarana pendidikan itu meliputi analisis kebutuhan, analisis anggaran, seleksi, penetapan kebutuhan, pembelian, penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pemakaian, inventarisasi dan pemeliharaan. Sementara pakar manajemen pendidikan lainnya menyimpulkan bahwa manajemen sarana prasarana pendidikan disekolahitu meliputi analisis dan penyusunan kebutuhan, pengadaan, penyaluran, pemakaian dan pemeliharaan,inventarisasi dan penghapusan.Kegiatan seperti analisis dan penyusunan kebutuhan, pembelian, penerimaan perlengkapansekolah yang pada dasarnya dilakukan oleh pengelola perlengkapan pendidikan sebagai perencanaan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->